PERAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN DAN KUALITAS KEPUASAN COSTUMER MOLINDO INTI PERKASA

Herlina Herlina, Aryati Arfah, Syamsu Alam

Abstract


Abstrak
Pertumbuhan yang terjadi di berbagai sektor bisnis saat ini terlihat sangat cepat. Hal ini disebabkan oleh perekonomian global saat ini yang semakin maju. Persaingan bisnis hampir terjadi di berbagai sektor. Dalam suatu perusahaan hal yang paling penting yang perlu diperhatikan adalah sumber daya manusia yang menjadi pendukung utama tercapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sumber daya manusia berpengaruh terhadap pelayanan dan kualitas kepuasan pelanggan Molindo Inti Perkasa. Analisis saat ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian telah menemukan bahwa sumber daya manusia berpengaruh terhadap pelayanan dan sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas kepuasan pelanggan Molindo Inti Perkasa.
Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Pelayanan, Kualitas Kepuasan Pelanggan

References


Akram, Animah, & Basuki, P. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Penggunaan Sistem Erp (Enterprise Resource Planning) Berbasis Tam (Technology Acceptance Model). Jurnal Magister Manajemen, 6(1), 1–16.

Asri, S. (2015). Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Aparatur Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(4), 662–672.

Bhagya, T. G. (2020). Kinerja Pegawai Pada Biro Pelayanan Sosial Dasar. Decision: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 33–41.

Gelu, S. I., Foeh, J. E., & Niha, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Customer Value terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(1), 30–43. https://dinastirev.org/JIMT/article/view/1157

Hadiwijaya, D., & Sumarga, H. E. (2020). Perilaku Nasabah Berdasarkan Kinerja Customer Relationship Management Sebagai Dampak Dari Kompetensi Sumber Daya Manusia, Mutu Pelayanan Bank Dan Teknologi Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah Bank Kota Tangerang). JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 10. https://doi.org/10.31000/jmb.v9i1.1980

Herawati, P. (2018). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Tentang Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Pemerintah Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(1), 958–961. https://doi.org/10.30996/jpap.v4i1.1279

Herlina, Amang, B., Hamzah, M. F., & Burhanuddin. (2024). Pengaruh Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Molindo Inti Perkasa Makassar. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(5), 631–644.

Hidayat, S. E. (2019). Kinerja Pelayanan Birokrasi Dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 43–46.

Kadir, A. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tapin Di Rantau. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 750–758. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.15781

Kanaf, Y. R., Foeh, J. E. H. J., & Manafe, H. A. (2023). Pengaruh Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Tenaga Kerja Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Terapan , 4(6), 886–897. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Medah, M. H., Foeh, J. E. H. J., & Manafe, H. A. (2023). Pengaruh Motivasi, Mutasi dan Kualitas Pelayanan Publik terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening (Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(4), 525–531. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Prayudi, A., Sinaga, K., Mahyudanil, M., Pratiwi, H., & Aditi, B. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Sumber Daya Manusia Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Herfinta Farm and Plantation. Journal of Global Business and Management Review, 4(2), 72. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i2.7268

Raymond, C. P., Hatane, S., & Hutabarat, J. (2018). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan, Kinerja Organisasi, Kepercayaan Masyarakat dan Kepuasan Masyarakat ( Studi Kasus : Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Nabire ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(1), 1–8.

Runa, R. (2020). Determinasi Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Motivasi, Gaya Kepemimpinan (Sebuah Literatur Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 202–222.

Saputra, M., Marlinae, L., Rahman, F., & Rosadi, D. (2015). Program Jaminan Kesehatan Nasional Dari Aspek Sumber Daya Manusia Pelaksana Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 32. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i1.3462

Savitri, F. M., Sahab, M., Lila, S. V., Tuhu, K. H., & Zulfikar, I. A. (2023). Urgensi Pengimplementasian Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Mengoptimalkan Kualitas Pelayanan Biro Umrah Ar Rahmah Tour Kendal. JUMPER Jurnal Manajemen Dan Pemasaran, 1(2), 2985–492. https://ojs.unhaj.ac.id/index.php/jumper

Sinambela, P. L. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Solikhah, M., & Dwi Putri Pramesti, G. N. (2024). Pengaruh Pelatihan dan Budaya Organisasional terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(10), 4099–4106. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i10.1212

Sukarjati, E., Minarsih, M. M., & Warso, M. M. (2016). Pengaruh kepemimpinan, pengembangan sumber daya manusia dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai kantor dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah kota semarang. Journal of Management, 2(2), 1–14. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/411

Supriatin, & Suhendra, A. D. (2021). Pengaruh Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Pasirsari Cikarang Selatan. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750

Suriyana, N. (2021). Determinasi Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai: Motivasi, Komunikasi, Dan Gaya Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 389–412. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.558

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction (Andi (ed.); 4th ed.).

Zahra, A., Shafa, F., Mulya, F., Tiara, I., Sangha, S., & Trisnawati, W. (2022). Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan UKM di Puskesmas Ciomas. JUMINTAL: Jurnal Manajemen …, 3(January), 0–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.