PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (STUDI PADA PELANGGAN SERUM SKINTIFIC DI BANDUNG)
Abstract
Keywords : Social Media Marketing, Product Quality, Customer Loyalty, Brand Image
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. F., Wijoyo, H., & Wibowo, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Alfamart Pada Toko Alfamart Cabang Cikokol. Economics, Business and Management Science Journal, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.34007/ebmsj.v1i1.9
Anggraeni, R., Djuwita, D., & Layaman. (2019). Analisis Pemanfaatan Social Media Marketing Terhadap Customer Loyalty Yang Menggunakan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 445–455.
Ariyanti, F., Nawangsih, & Hartono. (2023). Pengaruh Customer Bonding Dan Social Media Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Orzora Skincare Canbang Gozali Lumajang. Journal of Organization and Business Management, 6(1), 338–345.
Aulia, R. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator Pada Klinik Kecantikan London Beauty Center. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 90–101.
Budiono, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan Dimasa Pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 223–247. https://doi.org/10.37729/sjmb.v17i2.6868
Bushara, M. A., Abdou, A. H., Hassan, T. H., Sobaih, A. E. E., Saleh, A., Albohnayh, M., Alshammari, W. G., Aldoreeb, M., Elsaed, A. A., & Elsaied, M. A. (2023). Power of Social Media Marketing : How Perceived Value Mediates the Impact on Restaurant Followers ’ Purchase Intention , Willingness to Pay a Premium Price , and E-WoM ? 1–22.
Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Image My Pangandaran Tour and Travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862
Faradila, F. A., & Ahiddiqy, I. A. (2024). Pengaruh Product Quality Terhadap Customer Loyalty Melalui Digital Marketing Pada Produk Somethinc. Jurnal Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 3(1).
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen (Dalam B.P). Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (6th ed). Badan Penerbit Undip.
Griffin, J. (2016). Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kasetiaan Pelanggan (Ed Revisi). Erlangga.
Gunelius, S. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. McGraw Hill.
Hastari, E. S., Yohana, C., & Monoarfa, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Brand Skincare Lokal). Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 785–799. https://doi.org/10.21009/jbmk.0303.13
Iqbal, M., Priyambodo, P., & Sari, D. K. (2023). Optimization of Customer Relationship Management , Social Media Marketing , and Brand Image to Increase Customer Loyalty Brilliant Psychology Surabaya. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/ups.628
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (Jilid 1). Penerbit Prenhalindo.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1). PT. Indeks.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Manajemen (edition 15). Pearson Education.
Laksana, A. I. P., & Hirawati, H. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Larissa Aesthetic Cabang Magelang. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 509–522. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.243
Leke, R. M., Welsa, H., & Cahya, A. D. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Indomie Goreng dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 352. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.1007
Mahardhika, N. P. (2020). Pengaruh Terpaan Social Media Marketing , Sales Promotion , Inovasi terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Layanan Go-Pay. 3(2), 1–15.
Mulyani, P. A., & Indiani, N. L. (2023). Peranan Kepuasan Sebagai Mediasi Dalam Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Skincare Ms. Glow Di Kota Denpasar. 02, 416–426. http://ojs.stiemujahidin.ac.id
Nabilla, A., & Nuvriasari, A. (2023). Pengaruh Product Involvement, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek skincare ”Herborist”. Diponegoro Journal of Management, 7(3), 26488–26495.
Nandra, R. A., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Skin Care Ms Glow. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1725–1742. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i6.1249
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing. 9(5), 1962–1982.
Narotama, A. (2019). The Effect of Service Quality on Customer Loyalty with Brand Images and Customer Satisfaction as Mediation. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 86–93. https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2692
Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2004). Spss And Sas Procedures for estimating Indirect Effects In Simple Mediation Models Kristopher. Behavior Research Methods, Instruments, & Computers, 36(4). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.1002/Jcp.28952
Rahmawati, N., & Hasan, I. (2023). Pengaruh Brand Trust dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Azarine yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(1), 207–220. https://journal.uir.ac.id/index.php/syarikat/article/view/12922
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (A. A. Effendy (ed.)). Cipta Media Nusantara (CMN). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+penelitian+&ots=f3lD9MUs9B&sig=IimYlVlqeRWdJ-m0PZJXON_3xYQ&redir_esc=y#v=onepage&q=metode penelitian&f=false
Saraswati, G. A. K., Kusuma, G. P. E., & Nurkariani, N. L. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Customer Bonding Terhadap Customer Loyalty Pada Jegeg Glowing. Ganec Swara, 17(4), 1294. https://doi.org/10.35327/gara.v17i4.607
Sauba, Y. K., Mangantar, M., & Wangke, S. J. C. (2021). The Influence of Lifestyle and Social Media Marketing on Customer Loyalty of Beauty Studios in Manado Pengaruh Gaya Hidup Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Studio Kecantikan Di Manado. 1402 Jurnal EMBA, 9(1), 1402–1410.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. Upper Saddle River.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Penelitian Pengembangan Keahlian (Edisi 6). Salemba Empat.
Soefhwan, S., & Kurniawati, K. (2022). Pengaruh social media marketing, product quality, dan store atmosphere terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel mediasi pada coffee shop di Aceh. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4484–4497. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1710
Sugiama. (2014). Metode Riset Bisnis Dan Manajemen. Guardaya Intimata.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Suhardi, & Carolin, F. A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Semen Holcim Pada Pt. Kinco Prima Kota Batam. Jurnal Benefita, 1(1), 39. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3404
Susanty, A., & Adisaputra, N. B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Sutiani, L. (2022). Data Penjualan Serum. Compas.Co.Id. https://compas.co.id/article/data-penjualan-serum-brand-lokal/
Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Keti). Andi Offset.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2017). Social Media Marketing. SAGE Publications, Inc.
Weinberg, T. (2009). The New Community Rules (1 st editi). O’ Reilly Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i2.13849
Refbacks
- There are currently no refbacks.