MUTU PERAN PENGAJAR DALAM INOVASI PENDIDIKAN DI ERA 5.0

Authors

  • Ishlah Farah Diba Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Zohriah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Rijal Firdaos Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, India

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13995

Abstract

Perkembangan teknologi dan masyarakat yang semakin kompleks telah mengubah tuntutan pendidikan secara signifikan. Dalam era pendidikan yang berkembang ini, inovasi dalam peran pengajar menjadi krusial dalam memastikan keefektifan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini, 1. Untuk mengetahui bagaimana peran pengajar yang bermutu. 2. Untuk mengetahui apa saja inovasi pendidikan di era 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur untuk menggali pemahaman tentang bagaimana peran guru yang bermutu yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui inovasi-inovasi dalam mempersiapkan pendidikan di era 5.0. Melalui analisis literatur yang mendalam, artikel ini mengungkapkan hasil penelitian 1. Peran guru sebagai pengajar telah berkembang dari posisi yang hanya menyampaikan pengetahuan menjadi seorang fasilitator pembelajaran. Guru kini berfokus pada pembangunan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif. 2. Inovasi peran guru di era 5.0 ialah mampu mengintegrasikan pembelajaran berbasis proyek dan kolaboratif ke dalam kurikulum, serta memfasilitasi kerja kelompok dan keterlibatan siswa dalam proyek-proyek pembelajaran. Kemudian pentingnya kolaborasi antara guru dan industri dalam mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang berubah. Guru dapat membawa pengalaman dunia nyata ke dalam kelas dan memperkaya pembelajaran siswa melalui kolaborasi dengan industri. Dengan menggabungkan inovasi-inovasi ini dalam peran pengajar, diharapkan pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan masa depan. Keywords : Mutu, Peran Pengajar, Inovasi, Pendidikan, Era 5.0

References

Abdillah, K, and T Hamami. “Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad Ke 21 Di Indonesia.†Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi (2021). http://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/ilmi/article/view/895.

Anggreini, Dewi, and Eko Priyojadmiko. “Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omricon Dan Era Society 5.0.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022 (2022): 75–87.

Azwarini, F M. “Peran Guru Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Dalam Pembelajaran Abad 21.†osf.io, 2022. https://osf.io/nqcwf/download.

Gunawan, I G D, I M Paramarta, and ... “Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0.†… Nasional IAHN-TP … (2020). https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/34.

Hamda, N, E Nurhasanah, and ... “PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF.†… : Jurnal Pendidikan, Sosial … (2021). http://pijarpemikiran.com/index.php/Aufklarung/article/view/279.

Lestari, Mita, and Universitas Lambung Mangkurat. “Guru Dalam Proses Pendidikan Di Era Teknologi†(n.d.): 1–9.

Mashudi, M. “Pembelajaran Modern Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21_Jurnal Mashudi.†Al-Mudarris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam. digilib.uinkhas.ac.id, 2021. http://digilib.uinkhas.ac.id/4710/1/Pembelajaran Modern Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21_Jurnal Mashudi.pdf.

Muadzin, A M A. “Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Pendidikan Islam (2021). http://journal.stitmupaciran.ac.id/ojs/index.php/ojs/article/view/102.

Nasikin, M, and K Khojir. “Rekonstruksi Pendidikan Islam Di Era Society 5.0.†Cross-border (2021). http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/977.

Nazirwan, N. “Peran Guru Menurut Johann Heinrich Pestalozzi Dalam Menghadapi Digital Natives.†Al-Ashlah: Journal of Islamic Studies (2019). https://jurnal.staimaarifjambi.ac.id/index.php/Al-Ashlah/article/view/37.

Nuryani, D, and I Handayani. “Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†PROSIDING …. download.garuda.kemdikbud.go.id, 2020. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1628323&val=12987&title=KOMPETENSI GURU DI ERA 40 DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.

Pitaloka, A A P, and S A S Nandani. “Guru Kreatif Dan Inovatif.†… Menjadi Guru; Peran Guru dalam … (2021). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=MTk1EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA150&dq=mengubah+peran+guru+inovasi+dalam+peran+pengajar+dalam+era+pendidikan+yang+berkembang&ots=zBObpjL0Vk&sig=RF_0JIuUoGzWQ5Xyklp8MVp2Cyk.

Puji Rahayu; Maisaroh, Siti. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa.†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2008): 287.

Rahayu, K N S. “Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia Di Era Society 5.0.†Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar (2021). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1395.

Safitri, A O, V D Yunianti, and D Rostika. “Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas Di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).†Jurnal Basicedu (2022). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3296.

Saputri, D I. “Pentingnya Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Pendidikan.†osf.io, 2023. https://osf.io/kwu47/download.

Saputri, Dela Indah. “Pentingnya Peran Guru Profesional Dalam Meningkatkan Pendidikan†(n.d.): 1–12.

Sedana, I M. “Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0.†Jurnal Penjaminan Mutu (2019). http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1243.

Sulastri, S, H Fitria, and A Martha. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.†Journal of Education Research (2020). https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/30.

Suprayitno, A, and W Wahyudi. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. books.google.com, 2020. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=tzPwDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pendidikan+guru+penggerak&ots=d-zAEoAN7H&sig=A63o97_YO1a3KXHNHlVbWVbSADw.

Sylvia, I L A, S T Purwati, Y Sriyami, S Th, and S T Rukiyem. Guru Hebat Di Era Milenial. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=fEwvEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA7&dq=mengubah+peran+guru+inovasi+dalam+peran+pengajar+dalam+era+pendidikan+yang+berkembang&ots=wOZ1OM01Pm&sig=C50sbU_adnSbjsbFtqZe8KJzeTA.

Teknowijoyo, F, and L Marpelina. “Relevansi Industri 4.0 Dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia.†Educatio. academia.edu, 2022. https://www.academia.edu/download/88820013/pdf.pdf.

Utomo, S S. “Guru Di Era Revolusi Industri 4.0.†Format Pendidikan Untuk Meningkatkan Daya Saing …. eprints.uny.ac.id, 2019. https://eprints.uny.ac.id/65069/1/GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.pdf.

“Arti Kata Bantu - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).â€

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Diba, I. F., Zohriah, A., & Firdaos, R. (2024). MUTU PERAN PENGAJAR DALAM INOVASI PENDIDIKAN DI ERA 5.0. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(2). https://doi.org/10.29040/jie.v8i2.13995

Issue

Section

Articles

Citation Check