PENGARUH SINERGI KUALITAS LAYANAN, LOYALITAS MEREK DAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Zuliani Zuliani Universitas Serambi Mekkah, Indonesia
  • Ratna Mutia
  • Samsul Ikhbar
  • Ikhsan Fajri
  • Hamzah Zainuri

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14044

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan kualitas layanan, loyalitas merek dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh, untuk mengetahui pengaruh secara parsial kualitas layanan, loyalitas merek, dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan pengguna pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh, sedangkan objek penelitian ini adalah mengenai kualitas layanan, loyalitas merek, inovasi produk dan kepuasan pelanggan dengan jumlah sampel terpilih sebanyak 85 orang. Peralatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, loyalitas merek dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh dengan diperoleh Fhitung > Ftabel (67,780 > 2,701) pada tingkat signifikansi 0.000, kemudian hasil penelitian juga membuktikan bahwa kualitas layanan secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.160 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa loyalitas merek, secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.112, dengan tingkat signifikan sebesar 0,004 dan inovasi produk secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,157 dengan nilai signifinaksi sebesar 0,000 pada ï¡ = 5%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi PT. Darussalam Berlian Motor Banda Aceh untuk dapat lebih meningkatkan kepuasan pelanggan dimasa yang akan datang.

References

Afnina & Hastuti, Y .(2020). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan Jurnal Manajemen. Vol 3. N0 6

Astuti, L. W., & Husnayetti. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen.

Budiatmo, A. (2015). Pengaruh karakteristik Kewirausahaan dan knowledge Management terhadap Pengembangan Usaha. Diponegoro Journal of Social and Politic Tahun 2018.

Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Volume 17, Issue 02, Juli 2020

Daniel I Nyoman Renatha Cardia I Wayan Santika Ni Nyoman Rsi Respati (2019), Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 11, 2019 : 6762-6781

Dwi & Febrina. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan

Imam, G. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Ed 2, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Juwita & Shaleha, W. M. (2021). Pengaruh Fitur Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar As Pada Mahasiswa Dan Mahasiswi di Kota Kendari. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi: p–ISSN: 2723 – 6609.

Kasmir. (2017). Manajemen sumber daya manusia (teori dan praktik). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Kevin, & Keller. (2017). Manajemen Pemsaran, PT. Indeks Jakarta.

Nyonyie, R. A. (2019) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado

Prabowo, H. (2015). Analisis Lingkungan Individu Mahasiswa Dan Kinerja Bauran Pemasaran Serta Pengaruhnya Terhadap Proses Keputusan Mahasiswa Dan Nilai Jasa Pendidikan Tinggi Computer. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Volume 17, Issue 02

Rusydi. (2017), Manajemen Pemasaran. ALFABETA: Bandung

Saidani. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1.

Setyowati, E., & Wiyadi, (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Volume 17, Issue 02, Juli 2016

Sutomo Singgih (2018), tatistik Parametik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Swasta Basu dan Sukotjo, (2016). Statistika untuk penelitian. Cetakan ke-21, Bandung. Penerbit CV. Alfabeta.

Tiffani Fika Koyong Altje L. Tumbel Jantje L. Sepang (2016) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Novotel Manado Golf Resort & Convention Center. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, Vol 9, No 1 Januari 2016.

Titin. (2020). Pengaruh Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen Baitul Mal Wat Tammil (BMT) Hasanah Prambanan Klaten.

Tjiptono, F. (2015). Total Quality Manajemen, Edisi Kedua, Yogya: Penerbit Andi.

Wardana, W. (2018). Pengaruh Promotion Mix Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Bank Studi Kasus PD. BPR BKK Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Volume 17, Issue 02

Zeithaml, V.A. & Bitner, M. J. (2020). Service Marketing, New York, The Mc. Graw-Hill Companies, Inc.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Zuliani, Z., Mutia, R., Ikhbar, S., Fajri, I., & Zainuri, H. (2024). PENGARUH SINERGI KUALITAS LAYANAN, LOYALITAS MEREK DAN INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14044

Issue

Section

Articles

Citation Check