Pengaruh Entrepreneurship, Inovasi dan Peluang terhadap Kinerja Usaha
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14062Abstract
References
A. Rusdiana. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktik (2nd ed.). CV. Pustaka Setia
Agyapong, A., Mensah, H. K., & Ayunni, A. M. (2018). The moderating role of social network on the relationship between innovative capability and performance in the hotel industry. International Journal of Emerging Markets
Aisyah Mutiarasari (2018). Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Mengurangi Tingkat Pengangguran. Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah. Volume 1 Nomor 2
Amri, A., Anhar, B., & Ramaditya, M. (2020). Identification of Market Operator and Marketing Channels in Fish Landing Center (A Case Study Lhok Pawoh Fish Landing Center). In 6th Annual International Conference on Management Research (AICMaR 2019) (pp. 229-232). Atlantis Press.
Anand, F., & Meftahudin. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga, pendidikan kewirausahaan, efikasi dan motivasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sains AlQur’an). Journal of Economic, Business and Engineering, 2(1).
Anwar (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha dalam Upaya Meningkatkan Nilai Jual Souvenir Khas Toraja di Kabupaten Toraja Utaraâ€. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Ardiona Purnama Putra, (2019). Pengaruh Knowledge Management terhadap Keunggulan Kompetitif melalui Inovasi Produk pada UMKM Makanan dan Minuman Kekinian di Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia.
Aria Elshifa, A., Afdhal Chatra, A., Tiara Fathulmila Matiala, T., Faisal Yasin, F., & Sabil Mokodenseho, S. (2023). Analisis Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Dukungan Kelembagaan terhadap Keberhasilan Usaha Mikro. Sanskara Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(3), 123-134.
Arsyad, Lincolin. (2010). Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Aulia, I. N., Soelton, M., Hanafiah, A., THOULLON, M. S., PAIJAN, P., KARYATUN, S., & SARATIAN, E. T. P. (2023). Entrepreneurial Planning Strategy At Meruya Utara-Kembangan-Jakarta. ICCD, 5(1), 121–128.
Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan teknik Pengolahan Data SPSS. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.
Bygrave, William., Zacharakis, Andrew. (2010). Entrepreneurship 2nd edition, 106.
Cakranegara, P. A., Kurniadi, W., Sampe, F., Pangemanan, J., & Yusuf, M. (2022). The impact of goods product pricing strategies on consumer purchasing power: a review of the literature. Jurnal Ekonomi, 11(03), 1115-1120.
Clark, S., Maclachlan, M., Marshall, K., Morahan, N., Carroll, C., Hand, K., Boyle, N., & O’Sullivan, K. (2022). Including Digital Connection in the United Nations Sustainable Development Goals: A Systems Thinking Approach for Achieving the SDGs. Sustainability (Switzerland), 14(3). https://doi.org/10.3390/su14031883
Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., ... & Prasetyo, B. D. (2022). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
Falentina, C. T., Abdul, D., Lidinillah, M., & Mulyana, E. H. (2018). Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 152–162.
Halim, F., Sherly., Sudirman, A. (2020). Marketing dan Media Sosial. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Halim, Fitria (2022). Entrepreneurship and Innovation Small Business. Bandung: Media Sains Indonesia.
Hana, K. F. (2023). Preferensi Konsumen Muslim: Eksistensi Makanan Halal Modern Terhadap Minat Beli Jajanan Tradisional pada Generasi Muda. Fokus Bisnis Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 22(2), 238-246.
Hanaysha, J. R., & Al-Shaikh, M. E. (2022). An Examination of Entrepreneurial Marketing Dimensions and Firm Performance in Small and Medium Enterprises. Sustainability (Switzerland), 14(18). https://doi.org/10.3390/su141811444
Ir Sugiharti Mulya Handayani, M. P., SP, M. T. S., Setyowati, S. P., Wicaksono, R. L., Hut, S., Rahmadwiati, R., & Hut, S. (2021). Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pangan. Psp-Kumkm Lppm Uns.
Harahap, E. F., Luviana, L., & Huda, N. (2020). Tinjauan Defisit Fiskal, Ekspor, Impor Dan Jumlah Umkm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 151–161.
Hardani, dkk (2020) Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu Grup
Harini, S., Silaningsih, E., & Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 6(1), 67.
Hertina, D., Adiwijaya, S., Utama, A. N. B., Basbeth, F., Agustina, T. S., & Syarif, A. (2024). Buku Ajar Kewirausahaan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Heru Hermawan, Djoni Hartono (2022). Peran Entrepreneurship terhadap Pertumbuhan Ekonomi Regional: Analisis Empiris Kabupaten/kota di Indonesia. Jurnal Formasi. Vol. 2. No. 1.
Indayani, S., & Hartono, B., (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi sebagai Akibat Pandemi Covid-19, Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 18(2).
Irawan, E. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. EBISMAN: EBisnis Manajemen, 1(4), 30–41.
Jeanne B. Nikijuluw. (2013). “Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku.†Jurnal Ekonomiâ€. Vol. VII No. 2.
Merriam. (2023). The Characteristics of an Entrepreneur. Retrieved from Merriam Webster: https://www.merriam-webster.com/dictionary/entrepreneur
Mursalim, R. R., Dinar, M., & Hasan, M. (2020). Analisis. Pengelolaan Usaha Berbasis E-Commerce dalam Meningkatkan Kinerja Usaha. Kecil di Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Nair, K., & Gupta, R. (2021). Application of AI technology in modern digital marketing environment. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 17(3), 318–328.
Rahardja, Pratama; Manurung, Mandala. (2018). Teori Ekonomi Makro: Suatu Pengantar. Edisi 5. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Rehman, K. U., Aslam, F., Mata, M. N., Martins, J. M., Lourenço, A. M., Abreu, A., & Mariam, S. (2021). Impact of entrepreneurial leadership on product innovation performance: intervening effect of absorptive capacity, intra-firm networks, and design thinking. Sustainability (Switzerland), 13(13). https://doi.org/10.3390/su13137054
Revie Daramitha Utami dan Denny Denmar (2020). Pengaruh Business Center, Sikap Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 2 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 466-480.
Riani Kore, E. L., & Septarini, D. F. (2018). Analisis Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 9(1), 22-37.
Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Erlangga, Jakarta.
Sandra Kurniawati, (2014), Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota A SAPPK V1N1
Silitonga, P. (2023). Peran Gereja Terhadap Ekonomi Jemaat Dan Upaya Gereja Dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Jemaat. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(4), 12216–12225.
Sisca, Simanjuntak, M., Sudarso, A., (2021). Pemasaran: Dasar dan Konsep (A. Karim & J. Simarmata (eds.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Siyoto, S. & Sodik, A. (2015), Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Sugiyono.
Sugiyono. (2018). Sugiyono 2018:8 metode kuantitatif. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh gaya hidup, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk makanan sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 17-28.
Supriandi, S. (2022). Pengaruh Modal Sosial, Kapabilitas Finansial, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Saing Bisnis Berkelanjutan Serta Implikasinya Pada Kinerja UMKM Industri Kuliner di Kota Sukabumi. Fakultas Bisnis dan Humaniora, Universitas Nusa Putra.
Suryana. (2017). Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses). Jakarta: Salemba Empat.
Tumangkeng, S. (2018). Analisis Potensi Ekonomi di Sektor dan Sub Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Kota Tomohon. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 18(01), 127–138.
Wininatin Khamimah (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.3, hal. 228-240.
Zayadin, R., Zucchella, A., Anand, A., Jones, P., & Ameen, N. (2023). Entrepreneurs’ decisions in perceived environmental uncertainty. British Journal of Management, 34(2), 831-848.
Zimmer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson. (2022). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (5 ed.). Upper Saddle River: Prentice-Hall.