PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CITRA MEREK SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI SHEVA (STUDI PADA KONSUMEN SABUN MANDI SHEVA DI KOPERASI YAMUGHNI BANDUNG)

Authors

  • Budiyanto Budiyanto Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
  • Aang Curatman Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia
  • Kartono Kartono Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14318

Abstract

This research aims to test and analyze the influence of marketing strategy variables and product quality on brand image and its implications on purchasing decisions for Sheva bath soap. This research uses primary data by distributing questionnaires via goggle form to Sheva bath soap consumers at the Yamughni Bandung Cooperative with a total of 281 respondents. This research data analysis method uses partial least squares – structural equation modeling (PLS-SEM) with the SmartPLS 4.1 data processing application. The results of this research are that there is a positive and significant influence between marketing strategy and product quality on brand image. There is a positive and significant influence between marketing strategy and product quality on purchasing decisions. Brand image has an insignificant positive effect on purchasing decisions. There is an insignificant influence between marketing strategy and product quality on purchasing decisions through brand image.â€

References

Andriani, D. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Persaingan Bisnis di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 35((1)), 15-28.

Ardiyansyah, I. (2021). Penggunaan Teknologi dan Media Sosial dalam Pemasaran. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 17((2)), 50-64.

Fajar, M. (2020). Tantangan dan Peluang dalam Pemasaran Modern. Jurnal Manajemen Pemasaran Global, 11((1)), 25-40.

Fitriani, A. (2019). Praktik Bisnis Berkelanjutan dan Etis dalam Pemasaran. Jurnal Etika dan Bisnis Lingkungan, 13((2)), 15-30.

Handayani, R. (2019). Peran Inovasi dalam Pengembangan Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 24((3)), 60-74.

Haryono, S. (2019). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS, LISREL, PLS. Intermedia Personalia Utama.

Hidayat, R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Psikologi Konsumen, 22((1)), 23-35.

Hidayat, R. (2021). Strategi Pemasaran dan Citra Merek dalam Pemasaran Digital. Jurnal Riset Pemasaran Indonesia, 14((1)), 50-64.

Lestari, D. (2021). Pengembangan Strategi Pemasaran Efektif. Jurnal Riset Pemasaran dan Bisnis, 25((3)), 45-59.

Moleong, Lexy. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota di PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. Management Development and Apllied, 3((2)).

Nugraha, A. (2021). Strategi Pemasaran dalam Industri Perawatan Pribadi. Jurnal Manajemen Pemasaran, 29((2)), 45-59.

Nurhaida, & Realize. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak di Kota Batam. Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis., 5((3)).

Nurhayati, S. (2020). Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dalam Bisnis. Jurnal Etika Bisnis dan Lingkungan, 12((1)), 10-25.

Pratama, T. (2022). Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Produk. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 31((2)), 70-84.

Putri, A. (2020). Harga, Distribusi, dan Promosi dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Pemasaran, 30((1)), 28-42.

Rahmawati, L. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 20((4)), 60-72.

Rizki, H. (2020). Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Efektif. Jurnal Pemasaran Digital Indonesia, 15((2)), 38-52.

Santoso, B. (2021). Dominasi Pasar Sabun Mandi di Indonesia. Jurnal Riset Pemasaran Indonesia, 12((3)), 90-105.

Saputra, E. (2020). Keunggulan Kompetitif melalui Strategi Pemasaran. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Global, 10((1)), 15-29.

Siregar, M. (2021). Citra Merek dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 19((2)), 50-64.

Syahrial. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Go food. Jurnal Bisnis Kompetitif., 1((2)).

Wibowo, B. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 21((2)), 35-49.

Wulandari, F. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Citra Merek. Jurnal Pemasaran Indonesia, 15((1)), 38-52.

Yuliani, N. (2019). Kualitas Produk dan Reputasi Merek. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 14((2)), 20-34.

Downloads

Published

2024-09-24

How to Cite

Budiyanto, B., Curatman, A., & Kartono, K. (2024). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP CITRA MEREK SERTA IMPLIKASINYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN MANDI SHEVA (STUDI PADA KONSUMEN SABUN MANDI SHEVA DI KOPERASI YAMUGHNI BANDUNG). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14318

Issue

Section

Articles

Citation Check