PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA FAKULTAS EKONOMI

Authors

  • Calvianto Silas Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia
  • Mince Batara Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia
  • Helba Rundupadang Universitas Kristen Indonesia Toraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand image, Brand trust dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Oppo pada Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia Toraja Fakultas Ekonomi. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling dengan sampel 100 responden. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS 26.0 sebagai alat hitung data yang telah didapat. Penelitian ini menggunakan 4 variabel. Variabel independen yaitu, Brand image, Brand trust Dan Brand Awareness sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa Brand image, Brand trustDan Brand Awareness secara simultan dengan nilai F hitung (99,799) yang lebih besar dari F tabel (2.70). Secara parsial variabel brand image dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kata kunci: Brand image, Brand Trust, Brand Awareness, Keputusan Pembelian

References

Amelfdi Fransisca Jovita, & Ardyan Elia. (2021). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE , DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Volume 5, 473–483.

Arianty nel, & Andira Ari. (2021). Pengaruh Brand image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen , Volume 4, 41–48.

Bimo Aji, H., & Nuringtyas Gita, W. A. (2020). STRATEGI PENINGKATAN BRAND AWARENESS YANG DILAKUKAN OLEH LE MINERALE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. In MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi: Vol. III.

Farobbi Amru, Hartono, & Hidayat M.Syamsyul. (2022). Pengaruh Brand image , Brand trustDan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Oppo (Studi Pada Toko Smartphone Kota Indah Cellular Krian) . Seminar Nasional Akuntansi Bisnis Dan Manajemen (SNABM), 71–80.

Firmansya. (2019). Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy) (Media CV. Qiara Penerbit, Ed.).

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multi Variate Dengan Program IBM SPSS 25 (Diponegoro Badan Penerbit Universitas, Ed.; 9th ed.).

Hasian Ajeng Geinah, & Pramuditha Charisma Ayu. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Brand image , Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Palembang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Palembang). Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen, Vol. 3, 115–120.

Herviani Vinny, Hadi Prasetyo, & Nobelson. (2020). ANALISIS PENGARUH BRAND TRUST, E-WOM, DAN SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY. PROSIDING BIEMA , Volume 1, 1351–1363.

Kotler, Philip, & Keller Kevin Lane. (2016). Marketing managemen (Education Person, Ed.; 15th ed.).

Lombok Eunike Viedy Virgina, & Samadi Reity L. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUSTDAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK EMINA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SAM RATULANGI). Jurnal EMBA, Vol 10, 953–964.

Madasari pradina. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, CITRA MEREK DAN KOREAN WAVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 4 .

Malinda STIE Trisna Negara, R., Timur, O., Selatan Jl Bangsa Raja No, S. M., & Selatan , S. (2018). STRATEGI MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA PRODUK HANDPHONE OPPO. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(2), 74–81.

MANGGALANIA, L. K., & SOESANTO, H. (2021). ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, COUNTRY OF ORIGIN DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY S SERIES DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Samsung Galaxy S Series) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis). 1-15

Pandiangan, kasman, Masiyono, & Atmogo Yugi Dwi. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EQUITY: BRAND TRUST, BRAND IMAGE , PERCEIVED QUALITY, & BRAND LOYALTY . Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, Vol 2, 471–484.

Paramita,R., Rizal N.,& Sulistyan R.(2021). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi Ketiga. Lumajang : Widya Gama Press.

Rambing Gerry Owen, Soegoto Agus Supandi, & Loindong Sjendry S.R. (2023). ANALISIS BRAND IMAGE , BRAND TRUSTDAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI . Jurnal EMBA, 11, 1031–1041.

Rosmayanti Melan. (2023). Pengaruh Brand image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, Volume 05, 8126–8137.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alphabet, Ed.; Edisi Kedua).

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Tondang, G. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Android. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, Vol 1, 92–98.

Wibowo Jasmine Fitria, Setyariningsih Eny, & Utami Budi. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE , BRAND TRUST, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA HP OPPO (STUDI PADA KONSUMEN OPPO DI MOJOKERTO). JCI, 1, 3579–3591.

Yunita Puput, & Indriyatni Lies. (2022). Pengaruh Brand image , Daya Tarik Iklan, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow (Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang). Jurnal Seminar Nasional UNIMUS, Volume 5, 279–287.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Silas, C., Batara, M., & Rundupadang, H. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE MEREK OPPO PADA MAHASISWA UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA TORAJA FAKULTAS EKONOMI. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14323

Issue

Section

Articles

Citation Check