PENGARUH MODEL BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN EFIKASI DIRI SISWA KELAS IV SD
Abstract
References
Analisis. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 07 Februari 2024, dari https: //kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis
Bukit, P. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARBAHASA PRANCIS SISWA KELAS XISMA NEGERI 3 MEDAN (Doctoral dissertation, UNIMED).
Cahyani, I. N. D., Ekowati, S. H., & Ratna. (2023). Tingkat kesesuaian latihan bahasa Prancis dalam situs pembelajaran apprendre.tv5monde.com dengan capaian pembelajaran bahasa Prancis tingkat A2 di SMA. Franconesia, 2(1), 21–28. https: //doi.org/10.21009/franconesia.21.3
Conseil de l’Europe (2001), Cadre européen commun de référence pour les langues: apprendre, enseigner, évaluer, Paris: Éditions Didier.
Council de l’Europe. (2001). Cadre Européen Commun de Référence Pour Les Langues: Apprendre, Enseigner, Evaluer. Strasbourg: Strasbourg Cedex: Strasbourg
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publications.
Cuq, J. P., & Gruca, I. (2005). Cours de didactique du français langue étrangère et seconde.
D. Puspita and S. Aminah, “Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Pedesaan Berbasis WebMultimedia,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 03, no. 02, pp. 80–87, 2018.
Deadlinkchecker. (2024). https: //www.deadlinkchecker.com/website-dead-link-checker.asp. Diakses pada tanggal 10 Juli 2024
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah.
Djumingin, S. D., Juanda, J., & Tamsir, N. (2022). Pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Ellis, James Scott dalam Abdulmoneim Mahmoud, “Learner Involvement in Language Development: From Course Design to Performance Assessment”, Journal of Language Teaching and Research, Vol. 4, No. 4, July 2013 (accessed October 30, 2013)
F. Ulum and R. Muchtar, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, pp. 68–72, 2018.
Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2).
Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2), 21-39.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (10th ed.). Pearson.
GTmetrix. (2024). https: //gtmetrix.com/reports/www.kwiziq.com/XBLHbafY/. Diakses pada tanggal 10 Juli 2024
Hariadi, B. (2010). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Perancis Berbantuan Komputer dengan Metode Accelerated Learning. Paper presented at the SNASTI-OSIT
Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hartanto, A.A Hartanto, A.A dan Onno W. Purbo. 2002. Teknologi E-learning Berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Henry Guntur Tarigan, Menyimak sebagai Suatu Keterampilan (Bandung: Angkasa, 2008), 4
Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689-1699.
Herdayati, S. P., Pd, S., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. ISSN 2502-3632 ISSN 2356-0304 J. Online Int. Nas. Vol. 7 No. 1, Januari–Juni 2019 Univ. 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689-1699.
I. N. Fitri, “Pengembangan dan Analisis Media Pembelajaran Simulasi Development and Analisys of DekstopBased Learning Media of Computer,” Pengemb. dan Anal. Media, no. 2, pp. 1–9, 2017.
Intan, T., Handayani, V. T., & Hasanah, F. (2021). Penggunaan buku ajar cosmopolite 1 untuk pembelajaran français langue étrangère. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(1), 1-12.
Joni, Y. N., & Safitri, S. (2020). Efektivitas Senam Yoga Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Lansia: The Effectiveness Of Yoga Exercise On Increasing Cognitive Ability In The Elderly. Jurnal Nurse, 3(1), 71-78.
Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta, Kencana
Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang Dan Interaksi Antar Ruang dengan Metode Time Token pada Siswa Kelas VII.A SMPN 3 Praya Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan).
Lexy J. Moleong, Metodeogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006), hlm.4.
Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
L'Organisation internationale de la Francophonie (OIF). (2023). https: //www.francophonie.org/. Diakses pada tanggal 11 Desember 2023
Mahriyuni. (2016). Pembelajaran Bahasa Perancis Berbasis CECR dalam Konteks Plurilinguisme bagi Guru dan Siswa SMA. Bahas, XXXV (69). Diambil dari https: //jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/bahas/article/view/2394.
Marice, M., Friska, J., & Mahriyuni, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Bahasa Prancis Menggunakan Teknik Permainan Activités Ludiques Dengan Sistem Penilaian Standar Eropa (Cecr). Jurnal Bahas Unimed, 26(1), 79096.
Marice, M., Friska, J., & Mahriyuni, M. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Bahasa Prancis Menggunakan Teknik Permainan Activités Ludiques Dengan Sistem Penilaian Standar Eropa (Cecr). Jurnal Bahas Unimed, 26(1), 79096.
Milles, Matthew B. dan Huberman, Michael. 1984. Qualitative Data Analysis. London: Sage Publication
Mudlofir, A., & Rusyidiyah. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.
Mutiara, M. (2013). ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN BAHASA PERANCIS DALAM SITUS WWW. POLARFLE. COM (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nabilah Hendrayani, Tri Indri Hardini, & Darmawangsa, D. (2023). The conformability of french listening skills learning materials in Frenchblabla Podcasts with the CEFR curriculum and the Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 20(2), 375–390. https: //doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298
Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59-75.
Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Jurnal Raudhah, 5(2).
Nuraini, Attia. 2009. ‚Penerapan Model Pembelajaran Blended E-Learningdan Proses Perkuliahan‛, Laporan Penelitian, Bandung: UPI
Onno W. Purbo. 2002. Teknologi E-learning Berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo: Jakarta.
PageSpeed Insights. (2024). https: //pagespeed.web.dev/analysis/https-www-kwiziq-com/rquoeqdseu?form_factor=desktop. Diakses pada tanggal 10 Juli 2024
Pangestu, D. (2022). Analisis Kepuasan Nasabah dalam Penggunaan BSI Mobile. Jurnal Muamalat Indonesia-Jmi, 2(2), 72-86.
Piccardo, E. (2014). Du Communicative aL’actionnel: Un Cheminement De Recherche from http: //www.edugains. ca/resourcesFSL/PDF/CommunicativeToActionApproach/CommunicativeToActionOriented_AResearchPathway_French.pdf.
Pratidina, A. G., Astuti, D., & Agustiningrum, T. E. (2013). L’ANALYSE DE MANUEL BONJOUR CHERS AMIS POUR LA CLASSE X DU DEUXIÈME SEMESTRE SELON LES CRITÈRES DE BSNP. Didacticofrancia: Journal Didactique du FLE, 2(1).
Pratiwi, C. M. (2017). ANALISIS DESKRIPTIF MATERI GRAMATIKA BAHASA PERANCIS TINGKAT A2 CECRL DALAM MULTIMEDIA INTERAKTIF IMAGIERS VERSION 4 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Puspitaloka, N., & Wahyuna, Y. T. (2018). Kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa PIAUD dalam pembelajaran Bahasa Inggris. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 120-136.
Rahayu, S. P. (2019). Dasar-dasar Filosofis Metode Pembelajaran Bahasa Prancis sebagai Bahasa Asing di Indonesia. Diksi, 27(2), 168-176.
Ratminingsih, N. M. (2017). Metode dan strategi pembelajaran bahasa Inggris. Depok: PT. Raja Grafindo.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Ruthefod dalam James Purpura, Assessing Grammar (Australia: Cambridge University Press, 2004), h. 1.
Sari, K. P. (2017). Evaluasi Bahan Ajar Bahasa Prancis Le Mag sebagai Bahan Pembelajaran Mandiri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 214-226.
Satiakemala, S. (2019). Teknik Wawancara dalam Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Pemelajar Bahasa Perancis. Jurnal Sora, 4(1), 31-39
Sekaran, Uma, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta, 2006
Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.
Statshow.com. (2024). https: //www.statshow.com/www/kwiziq.com#worth_traffic. Diakses pada tanggal 2 Februari 2024
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). (Sutopo, Ed.). Bandung: ALFABETA, cv.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2007.
Suharsimi Arikunto, Manajemen Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2007, h. 222
Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Susmono, S. R. N. (2023). ANALISIS BAHAN AJAR FRANÇAIS DES AFFAIRES TINGKAT A2 DALAM LAMAN: HTTP: //LEFRANCAISDESAFFAIRES. FR BERDASARKAN CECRL (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Suyanto, Asep Herman. 2007. Step by Step Web design Theory and practice. Yogyakarta: Andi.
Tagliante, Christine. (1994). La Classe de Langue. Paris: CLE International.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, H. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Utari, N. L. A. P., Hermawan, G. S., & Sadyana, I. W. (2017). Analisis Teknik Penerjemahan dan Kecampingan Gramatikal pada Lirik Lagu AKB48. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 3(2), 166-178.
Vigner, Gérard. 2004. La Grammaire en FLE. Paris: Hachette
Widiyaningtyas, T., & Widiatmoko, A. (2015). Media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Kimia. Tekno, 21(1).
Wulansari, A. (2019). ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN FRANÇAIS DE L’HÔTELLERIE ET DE LA RESTAURATION DALAM LAMAN HTTP: //WWW. METIERS-HOTEL-RESTO. FR
Yaumi, M. (2012). Pengembangan bahan ajar english for specific purpose berbasis TIK.Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(2), 144–160.doi: 10.24252/lp.2012v15n2a2
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265.
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i3.14420
Refbacks
- There are currently no refbacks.