PENGARUH TRANSFORMASI DIGITAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus Pengunjung Cafe MKA Binjai)

Wilma Risdayati, Abi Waqqosh, Darmaida Sari

Abstract


This research aims to find out how much influence digital transformation and lifestyle have on consumer behavior (case study of visitors to the Mka Binjai cafe). The method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach. This data collection technique uses observation, interview and documentation techniques. This research shows that first, the influence of digital transformation has a big influence on customer satisfaction with the cafe. The new phenomenon of a cashless lifestyle supports consumer behavior. The cashless society lifestyle that is often carried out by the millennial generation makes them without hesitation be impulsive and consciously engage in consumer behavior.

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Ananda, H. R. (2019). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Menggunakan, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Kompatibilitas Terhadap Intensi Menggunakan Layanan Mobile Payment di Indonesia

.Anjelina. (2018). Persepsi Konsumen Pada Penggunaan E-Money. Journal of Applied Managerial Accounting, 2(2), 219–231.

Ar-Robi, M. R., & Wibawa, B. M. (2019). Analisis tingkat kepuasan dan performa pada merchant ovo di Surabaya. Jurnal sains dan seni ITS, 8(1), 27-31.Dari, A. W. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Berbasis Financial Technology Pada Layanan GoPay. Skripsi Universitas Islam Indonesia.

Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2019). Analisis Regresi: dalam Penelitian Ekonomi dan Bisni.

Dewi, L. G. K., Herawati, N. T., & Adiputra, I. M. P. (2021). Penggunaan E-Money terhadap perilaku konsumtif mahasiswa yang dimediasi kontrol diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(1), 1-19.

Diana, N. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money Di Indonesia.

Lestari, N. T., & Murtadlo, M. A. (2023). Praktik Utang-Piutang pada Shopee Pinjam menurut Teori Qard. Jurnal Antologi Hukum, 3(1), 1-16.

Lisma, N., & Haryono, A. (2016). Analisis perilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari motif bertransaksi (Studi kasus pada mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012). Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1).Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margaretta. W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Para Pengguna E-wallet (Studi Pada Mahasiswa S1 Pengguna E-wallet Perguruan Tinggi´ Skripsi, Universitas Jambi, Jambi.

Oktafikasari, E., & Mahmud, A. (2017). Konformitas hedonis dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup konsumtif. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 684-697.

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi kreatif pilar pembangunan Indonesia. Ziyad Visi Media.

Rosutami, F., Nugroho, A., & Ulfa, N. S. (2022). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Review Produk Kecantikan di TikTok dan Intensitas Komunikasi Peer group dengan Perilaku Konsumtif Produk Kecantikan. Interaksi Online, 10 (3), 184-195.

Urrahman, A. L (2023). Pengaruh penggunaan pembayaran non tunai (cashless operations) terhadap gaya hidup konsumtif di Kota Mataram (Doctoral dissertation, UIN Mataram).




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i3.14561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com