HALAL METAVERSE TOURISM: STRATEGY TO CREATE INDONESIA AS THE CENTER FOR ISLAMIC TOURISM IN THE WORLD
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14725Abstract
References
REFERENCES
Adlini, M.N., Dinda, A.H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S.J., 2022. METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. Jurnal Edumaspul, 6(1), 975-980.
Aeni, Z., & Astuti, R.S., 2019. COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN KEPARIWISATAAN YANG BERKELANJUTAN. Conference on Public Administration and Society, 1(1), 92-118.
Ahmadsyah, I., Abdullah, I., & Jalaluddin, 2022. WISATA HALAL ACEH (Tinjauan Ekonomi Syariah). Aceh : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.
Ali, M.S.M., 2023. “Ekonomi Kreatif dan Penggunaan Teknologi Digitalâ€. Kumparan.com : https://kumparan.com/logika-dungu/ekonomi-kreatif-dan-penggunaan-teknologi-digital-21OOPEYhnVM/1.
Aliansyah, H., & Hermawan, W., 2019. PERAN SEKTOR PARIWISATA PADA PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN/KOTA DI JAWA BARAT. Bina Ekonomi, 23(1),39-55.
Azizah, L., 2021. Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Perspektif Islam Menggunakan Metode Analisis SWOT Halal Tourism (Studi Pada Destinasi Bromo Tengger Tosari Pasuruan). Jurnal MANOVA, 4(2), 18-36.
Baker, J., Nam, K., & Dutt, C.S., 2023. A user experience perspective on heritage tourism in the metaverse: Empirical evidence and design dilemmas for VR. Information Technology & Tourism, 25, 265-306.
Beri, 2023. “[KALEIDOSKOP] Pariwisata Bangkit, Cetak Beragam Prestasiâ€. Rri.co.id : https://rri.co.id/index.php/hiburan/498203/kaleidoskop-pariwisata-bangkit-cetak-beragam-prestasi.
Buhalis, D., Leung, D., & Lin, M., 2023. Metaverse as a disruptive technology revolutionising tourism management and marketing. Tourism Management, 97, 1-11.
Demolingo, R.H., & Remilenita, S., 2023. Strategi Penerapan Metaverse Tourism Pada Pameran Ruang ImersifA Di Museum Nasional Jakarta. JURNAL MANAJEMEN PERHOTELAN DAN PARIWISATA, 6(2), 342-352.
Devitasari, Fasa, M.I., & Soeharto. 2022. ANALISIS PENGEMBANGAN WISATA HALAL DALAM PROSPEK MEMBANTU MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 130-139.
Eddyono, F., 2021. PENGELOLAAN DESTINASI PARIWISATA. Jawa Timur : Uwais Inspirasi Indonesia
Erdanto, I.A., & Murtadi, 2022. ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF. Jurnal Barik, 4(1), 37-51.
Fadli, M.R., 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika : Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum,21(1), 33-54.
Fitriana, 2023. TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA HALAL MENURUT AL-SIYASAH AL-SYAR’IYYAH. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM-BANDA ACEH
Gamal, M., 2022. “Mewujudkan Indonesia sebagai Destinasi Pariwisata Halal Utama Duniaâ€. Kompasiana.com : https://www.kompasiana.com/merzagamal8924/62a9bb20f5f32932ae513bc4/mewujudkan-indonesia-sebagai-destinasi-pariwisata-halal-utama-dunia?page=2&page_images=1.
Guttentag, D.A., 2010. Virtual reality: Applications and implications for tourism. Tourism Management, 31, 638-651.
Hamka, Winarni, S., & Afdholy, A. R., 2022. METAVERSE DALAM ARSITEKTUR SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN ARSITEKTUR NUSANTARA DI INDONESIA. Seminar Nasional 2022 SEMSINA 2022 METAVERSE: Peluang Dan Tantangan Pendidikan Tinggi ISSN 2406-9051 Di Era Industri 5.0. 178-183.
Johri, A., Sayal, A., Chaitra, N., Jha, J., Aggarwal, N., Pawar, D., Gupta, V., & Gupta, A., 2024. Crafting the techno-functional blocks for Metaverse - A review and research agenda. International Journal of Information Management Data Insights, 4, 1-21.
Junaidi, A., Ati, N.U., & Suyeno, 2020. STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT TINGGI DARAMISTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) (Study Kasus di Desa Daramista Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep). Jurnal Respon Publik, 14(2),1-10.
Kouroupi, N., & Metaxas, T., 2023. Can the Metaverse and Its Associated Digital Tools and Technologies Provide an Opportunity for Destinations to Address the Vulnerability of Overtourism?. Tourism and Hospitality, 4(2), 355-373.
Maulana, I., 2022. “Metaverse dan Restorasi Wisata Halalâ€. Travel.kompas.com : https://travel.kompas.com/read/2022/07/05/170015127/metaverse-dan-restorasi-wisata-halal?page=all.
Muhajir, Ismawan, A., & Amalia, K., 2022. KONSEP BISNIS WISATA HALAL DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI INDONESIA. JURNAL MAHASISWA AKUNTANSI SAMUDRA (JMAS), 3(4), 196-207.
Nindtya, F., 2021. “Ma'ruf Amin optimistis Indonesia jadi pemimpin wisata halal globalâ€. Antaranews.com : https://www.antaranews.com/berita/2482445/maruf-amin-optimistis-indonesia-jadi-pemimpin-wisata-halal-global.
Nugraha, R.N., Rosa, P.D., & Ivanka, M., 2023. Metaverse tourism sebagai strategi promosi wisata Museum Bank Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 731-744.
Pajri, N., 2023. IMPLEMENTASI PARIWISATA HALAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME KUNJUNGAN WISATAWAN KE DESA WISATA ENDE KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM
Reza, V., 2020. Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2), 106-112.
Riesa, R.M., & Haries, A., 2020. VIRTUAL TOURISM DALAM LITERATURE REVIEW. Jurnal Pariwisata Bunda, 1(1), 1-6.
Rijali, A., 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.
Rizaty, M.A., 2023. “Mayoritas Penduduk Indonesia Beragama Islam pada 2022â€. Dataindonesia.id : https://dataindonesia.id/varia/detail/mayoritas-penduduk-indonesia-beragama-islam-pada-2022.
Samsuduha, 2020. Wisata Halal Sebagai Implementasi Konsep Ekonomi Syariah. Al-Tafaqquh: Journal of Islamic Law, 1(1): 20–30.
Sayuti, M., 2023. “Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Wisata Halal Terbaik Duniaâ€. Kneks.go.id : https://kneks.go.id/berita/569/indonesia-peringkat-pertama-destinasi-wisata-halal-terbaik-dunia?category=1.
Sendari, A.A., 2023. “Wisata Halal di Indonesia, Pengertian, Konsep, dan Destinasinyaâ€. Liputan6.com : https://www.liputan6.com/hot/read/5308260/wisata-halal-di-indonesia-pengertian-konsep-dan-destinasinya.
Setiawan, E., 2021. “Potensi Pengembangan Wisata Halal di Indonesiaâ€. kemenparekraf.go.id : https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Potensi-Pengembangan-Wisata-Halal-di-Indonesia.
Setiawan, S., 2022. “Metaverse: Peluang atau Ancaman bagi Industri Pariwisata?â€. Wisestepsconsulting.id : https://wisestepsconsulting.id/blog/metaverse-peluang-atau-ancaman-bagi-industri-pariwisata.
Sorongan, T.P., 2022. “Heboh Arab buat Ka'bah di Metaverse, Ada Apa Raja Salman?â€. Cnbcindonesia.com : https://www.cnbcindonesia.com/news/20220208120340-4-313722/heboh-arab-buat-kabah-di-metaverse-ada-apa-raja-salman.
Syahrul & Imron, 2022. Pengembangan Ekonomi Lampung Berbasis Wisata Halal. JOURNAL OF SYARIAH ECONOMIC AND HALAL TOURISM, 1(1), 51-56.
Tukur, M., Schneider, J., Househ, M., Dokoro, A.H., Ismail, U.I., Dawaki, M., & Agus, M., 2024. The Metaverse digital environments: A scoping review of the techniques, technologies, and applications. Journal of King Saud University, 36(2), 1-16.
World Travel and Tourism Council (WTTC), 2020. “WTTC Vision and Recommendations for Travel and Tourism Recovery Post COVID-19â€. https://wttc.org/en-gb/COVID-19/Recovery-Post-COVID-19
Yaqoob, I., Salah, K., Jayaraman, R., & Omar, M., 2023. Metaverse applications in smart cities: Enabling technologies, opportunities, challenges, and future directions. Internet of Things, 23, 1-19.
Yashilva, W., 2024. “Indonesia Menduduki Peringkat Kedua dengan Populasi Muslim Terbanyak di Duniaâ€. Data.goodstats.id : https://data.goodstats.id/statistic/indonesia-menduduki-peringkat-kedua-dengan-populasi-muslim-terbanyak-di-dunia-HP1S0