PENGARUH E-WOM, POTONGAN HARGA, E-SERVQUAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE LAZADA LIVE STREAMING
Abstract
E-Commerce businesses have a significant impact on changes in consumer behavior. The concept of grinding purchases in physical stores changes to online shopping habits, showing society's adaptation to technological advances and can influence satisfaction factors and purchasing decisions in the Lazada Live Streaming E-Commerce context. This research was conducted to analyze the influence of e-word of mouth, price discounts, e-service quality on consumer satisfaction through purchasing decisions on Lazada Live Streaming e-commerce. The sampling technique was in accordance with the purposive sampling technique of 105 respondents with the criteria being respondents who had made transactions on Lazada Live Streaming and consumers who were employees working in the South Jakarta area. This research method uses Structural Equation Modeling (SEM)-PLS 3.0. The results of this research conclude that: E-Word of Mouth, E-Service Quality have a significant positive effect on consumer satisfaction and purchasing decisions; Price discounts have no effect on consumer satisfaction and purchasing decisions; E-Word of Mouth, E-Service Quality have a significant positive effect on consumer satisfaction through purchasing decisions and price discounts have no effect on consumer satisfaction through purchasing decisions; Purchasing Decisions have a positive and significant effect on Consumer Satisfaction.
Keywords: E-Word of Mouth, Price Discounts, E-Service Quality, Consumer Satisfaction and Purchasing Decisions
Abstrak
Bisnis e-Commerce memiliki dampak signifikan terhadap perubahan perilaku konsumen. Konsep rutinitas pembelian di toko fisik berubah menjadi kebiasaan berbelanja online, menunjukkan adaptasi masyarakat terhadap kemajuan teknologi dan dapat memengaruhi faktor-faktor kepuasan dan keputusan pembelian di konteks E-Commerce Lazada Live Streaming. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Pengaruh E-Word Of Mouth, Potongan Harga, E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian di E-Commerce Lazada Live Streaming. Teknik pengambilan sampel sesuai dengan teknik purposive sampling sebanyak 105 responden dengan kriteria responden yang sudah pernah melakukan transaksi di Lazada Live Streaming dan konsumen yang merupakan karyawan berlokasi kerja di daerah Jakarta Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : E-Word of Mouth, E-Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian; Potongan Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian; E-Word of Mouth, E-Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dan Potongan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian.
References
REFERENSI
Alfifto, A. (2023). Pengaruh e-Service Quality dan e-WOM terhadap Kepuasan Pengguna Shopee pada Ibu Rumah Tangga Pada Pembelian Produk Fashion. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.36805/manajemen.v9i1.5766
Ananto dkk. (2022). Konsep dan Terapan Analisis SEM PLS dengan SmartPLS 3.0. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media.
Astuti & Matondang. (2020). Management pemasaran UMKM & Digital sosial media. Yogyakarta: Deepublish.
Anggeun Famelia, Wan Suryani, & E. D. S. T. (2022). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis ( JIMBI ) Pengaruh Digital Marketing Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mahasiswa Program Studi Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Di Platform Belanja Shopee The Influence of Digital Mark. 3(2), 130–135. https://doi.org/10.31289/jimbi.v3i2.1278
Aripin & Negara. (2021). Perilaku Bisnis , Etika Bisnis dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Deepublish.
Anugerah, R. O. A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Dan Harga Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt Agung Anugerah Motor Bekasi. Jurnal Economina, 2(3), 766–784. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.399
Ardyan dkk. (2023). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Jambi: PT Sonpedia publishing indonesia.
Azzahra, A., & MH Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Media Sosial, E-wom, Citra Merek, Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di R Hotel Rancamaya. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 481–496. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.288
Arianto, N. (2022). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Bere, Y. C. R. A., & Susanto, E. H. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian pada Jasa Titip Barang Branded. In Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan (Vol. 6, Issue 4, pp. 359–363). https://doi.org/10.24912/jmbk.v6i4.19315
Cantika Cahyaning Pangastuti1, E. T. (2023). On Loyalty to Scarlett Product Customers ( Study On Scarlett Customers in Pati City ) Pengaruh e-WoM Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Terhadap Pelanggan Produk Scarlett ( Studi Pada Pelanggan Scarlett di Kota Pati. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(April), 2386–2395.
Da Silva, B. R., Mangantar, M., & Tielung, M. V. . (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Potongan Harga dan User Interface Terhadap Kepuasan Pelanggan Marketplace Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat. Jurnal EMBA, 10(4), 1653–1662.
Djuniardi, D. (2023). Manajemen Pemasaran : Teori dan Praktik Menciptakan Loyalitas Pelanggan. Padang: Get Press.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Univ Diponegoro.
Firdaus & Zamzam. (2018). Aplikasi metode penelitian. Yogyakarta: Deepublish.
Fitrah & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian. Jawa Barat: CV Jejak.
Gabrielle Margaret Lay, A., & Marvianta, Y. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Electronic Word of Mouth (E-Wom), Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pada Pelanggan Aplikasi Marketplace). Jurnal Bangun Manajemen, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.56854/jbm.v1i2.99
Ghozali. (2014 ). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) . Semarang : Universitas Diponegoro.
Herdiyani, Y. (2022). Pengaruh Harga Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Netflix. E-Proceeding of Management, 10(2), 18.
Hair et al. (2014). A Primier On Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE Publication, Inc.
Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing , Electronic Word of Mouth , dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209.
iNews. (2023). Retrieved from https://www.inews.id/finance/bisnis/riset-populix-shopee-live-jadi-fitur-live-streaming-terpopuler-untuk-belanja-online/2.
Karomah, N. G., Ria Estiana, Rahmi Rosita, & Ari Susanti. (2022). Pengaruh Citra Merk, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen Generasi Milenial Pada Marketplace (studi kasus generasi milenial dalam berbelanja online di market place: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 192–203. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i2.263
Kotler, P., Armstrong, G,. & Balasubramanian, S (2023). Principles of Marketing (19thed), UK: Pearson.
Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). Analisis E-Wom, Online Shopping Experience dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen E-Commerce Shopee pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Tepak Manajemen Bisnis, XI(2), 289–307.
Lazada. (2022). Retrieved from https://sellercenter.lazada.co.id/seller/helpcenter/gunakan-lazlive-untuk-mulai-menarik-pelanggan!-livestream-6497.html.
Mussalman, M. M., & Madiawati, P. N. (2022). Analisis Pengaruh Experiential Marketing, E-Wom Dan Iklan Sosial Media Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Menggunakan Aplikasi Bibit. YUME : Journal of Management, 5(1), 217–230. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.344
Mukhid. (2021). Metode penelitian pendekatan kuantitatif. CV Jakad Media Publishing .
Mulawarman dkk. (2020). Problematika Penggunaan Internet. Jakarta: Kencana.
Musyaffi, dkk. (2022). Konsep dasar structural equation model-partial least square (SEM-PLS) menggunakan smart PLS. Banten: Pascal Books.
Naufal, Z. (2023). Kewirausahaan Era Digital. Bandung: Indonesia Emas Group.
Najib, R. G., Dewi, R. S., & Suryoko, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan E-Service Quality terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Konsumen Lazada di Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 347–358. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34731
Ningrum. (2023). Shopping Lifestyle dan diskon Terhadap Impulse Buying di E-Commerce. 4(1), 88–100.
Nurdiansah, A., & Widyastuti, W. (2022). Pengaruh Price Discount Terhadap Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention (Studi Pada Pengguna Shopee Food). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(8), 1495–1514. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i8.198
Parahita, R., Widyasari, S., Semarang, U. S., Id, U. A., & Author, C. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (E-Wom) At Tiktok Social Media, Trust And Price Perception On Online Repurchase Intention (Study On Shopee Application Users In Semarang City) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Sosial Media Tiktok, Kepe. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2002–2009. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Pratiwi, W. J. (2023). Pengaruh E-Service Quality dan Information Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Shopee (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu, 12(1), 103–114.
Rachmah, S. A., & Madiawati, P. N. (2022). Pengaruh Storytelling Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Café Kisah Manis Jalan Sunda di Kota Bandung melalui Content Marketing Creator TikTok. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 8(1), 48–60. http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/918
Rakhmat Romadhan, M., Indriastuty, I., & Prihandoyo, C. (2019). E-Service Quality Kepuasan Konsumen Melalui E-Commerce Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal GeoEkonomi, 10(2), 150–163. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v10i2.90
Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132
Resindra Widya, & Elisabet. (2022). The 5 th Business and Economics Conference in Utilization of Modern Technology Pengaruh E-service quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-commerce di Kalimantan Barat. Https://Journal.Unimma.Ac.Id, 938–952. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce
Rahmawati dkk. (2020). Faktor Diskon, Bonus Pack dan in store display serta pengaruhnya terhadap pembelian impulsif. Jombang: LPPM.
Rizkia dkk. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV Intelektual Manifes Media.
Rosida dkk. (2022). Pengaruh E-Trust dan E-Service Quality terhadap keputusan pembelian online mahasiswa STIE UNISADHUGUNA DI PT. TOKOPEDIA. Economics and Business UBS, 11, 192-203.
Sugiarto, a. (2023). Laporan Perilaku Konsumen e-Commerce Indonesia.
Simamora, V., & Fauziah, S. (2019). Pengaruh E-Service Quality Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Serta Implikasinya Terhadap E-Customer Loyalty Pada E-Commerce. Journal for Business and Entrepreneurship, 3(3), 1–12. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JBE/article/view/5229%0Ahttp://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/JBE/article/download/5229/1971
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i3.14733
Refbacks
- There are currently no refbacks.