Analisis Pilihan Karir Mahasiswa Dengan Pendekatan Cashflow Quadran (Studi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14800Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pilihan karir mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo dengan pendekatan Cashflow Quadrant. Pendekatan ini membagi sumber pendapatan individu ke dalam empat kuadran, yaitu karyawan, wiraswasta, pemilik bisnis, dan investor. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa yang sedang mempertimbangkan pilihan karir mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa lebih cenderung memilih jalur karir sebagai karyawan dan wiraswasta, dengan pertimbangan utama berupa stabilitas keuangan dan minat pribadi. Namun, masih terdapat potensi untuk mengembangkan pemahaman dan minat mahasiswa terhadap kuadran pemilik bisnis dan investor, yang menawarkan peluang kebebasan finansial yang lebih besar. Penelitian ini menyarankan pentingnya peningkatan pendidikan keuangan dan pengembangan kewirausahaan di lingkungan kampus untuk memperluas pilihan karir mahasiswa.
Keywords : Pilihan karir, Cashflow Quadrant, mahasiswa, IAIN Palopo, pendidikan keuangan, kewirausahaan.
References
Asrin, Asrin. 2022. “Metode Penelitian Eksperimen.†Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences 2(01): 21–29.
Berry, John W. 2008. “Immigration, Acculturation, and Adaptation.†Applied Psychology 46(1): 5–34.
Creed, Peter A, Wong Oi Yin, and Michelle Hood. 2009. “Career Decision-Making, Career Barriers and Occupational Aspirations in Chinese Adolescents Authors:†International Journal for Educational and Vocational Guidance.
David Ozora, Lieli Suharti, and Hani Sirine. 2016. “Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Di Sebuah Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah).†Media.Neliti.Com: 623–32.
Fikry, Zulian, and Gumi Langerya Rizal. 2018. “Hubungan Otonomi Dalam Pengambilan Keputusan Karir Terhadap Kebimbangan Karir Pada Mahasiswa Strata-1 Di Kota Padang.†Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) 9(2): 213.
Hijriyani, Yuli Salis, and Imam Machali. 2017. “Pembelajaran Holistik – Integratif Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Cashflow quadrant Di RA Al Muttaqin Tasikmalaya.†Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3(2): 119–34.
Kahn, Jeffrey H., and Margaret M. Nauta. 2002. “The Utility of Career and Personality Assessment in Predicting Academic Progress.†The Journal of Career Assessment 10(1): 20.
Kiyosaki, Robert T. 1998. The Cashflow quadrant. 1998th ed. United States of America: Plata Publishing, LLC.
Kiyosaki, Robert T. 2011. Rich Dad Poor Dad. 1st ed. ed. LLC Plata Publishing. United States of America: Plata Publishing, LLC.
Kusumawardhani, Hiras Pasaribu & Indra. 2013. “Analisis Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Hiras Pasaribu & Indra Kusumawardhani Fakultas Ekonomi UPN Jokyakarta.†Jurnal Akuntansi: 18–35.
Lewallen, Willard C. 1994. Issues in Advising TheUndecided College Student. ed. Virginia N. Gordon. Columbia: e National Resource Center for The Freshman Year Experience, University of South Carolina.
Mark L. Savickas, William C. Briddick, and C. Edward Watkins, Jr. 2002. “The Relation of Career Maturity to Personality Type and Social Adjustment.†Sage Journals Home 10(1): 146.
Nuraqmarina, Fatma, and Erna Risnawati. 2018. “Keputusan Pemilihan Karir: Studi Komparatif Pada Siswa Remaja Jurusan IPA Dan IPS.†Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2): 231–40.
Rahmat, Daeri, Eka Wahyuni, and Herdi. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling.†Jurnal Bimbingan dan Konseling 3(2): 20–24.
Sugiyono, Dr, Prof. 2019. “Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d.†Bandung Alf: 143 cetakan ke 30.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta
Suyono, Nanang Agus. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik.†JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(7): 4631–41.
Tiedeman, D. V. and O’Hara, R. P. 1963. Career Development: Choice and Adjustment. New York: College Entrance Examination Board.
Wahyuningsih, Diana Dewi, and Imam Setya Nugraha. 2021. “Penggunaan Kolase Karir Sebagai Intervensi Terapi Untuk Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK.†Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling†5(2): 250.
Wulandari, Putri Wahyu, Sancka Stella, and Indri Sarwilly. 2022. “Hubungan Ketidaksesuaian Jurusan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menjalankan Kegiatan Perkuliahan.†Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia 1(02): 88–94.
Berry, John W. 2008. “Immigration, Acculturation, and Adaptation.†Applied Psychology 46(1): 5–34.
Creed, Peter A, Wong Oi Yin, and Michelle Hood. 2009. “Career Decision-Making, Career Barriers and Occupational Aspirations in Chinese Adolescents Authors:†International Journal for Educational and Vocational Guidance.
David Ozora, Lieli Suharti, and Hani Sirine. 2016. “Potret Perencanaan Karir Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Di Sebuah Perguruan Tinggi Di Jawa Tengah).†Media.Neliti.Com: 623–32.
Fikry, Zulian, and Gumi Langerya Rizal. 2018. “Hubungan Otonomi Dalam Pengambilan Keputusan Karir Terhadap Kebimbangan Karir Pada Mahasiswa Strata-1 Di Kota Padang.†Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang) 9(2): 213.
Hijriyani, Yuli Salis, and Imam Machali. 2017. “Pembelajaran Holistik – Integratif Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Cashflow quadrant Di RA Al Muttaqin Tasikmalaya.†Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3(2): 119–34.
Kahn, Jeffrey H., and Margaret M. Nauta. 2002. “The Utility of Career and Personality Assessment in Predicting Academic Progress.†The Journal of Career Assessment 10(1): 20.
Kiyosaki, Robert T. 1998. The Cashflow quadrant. 1998th ed. United States of America: Plata Publishing, LLC.
Kiyosaki, Robert T. 2011. Rich Dad Poor Dad. 1st ed. ed. LLC Plata Publishing. United States of America: Plata Publishing, LLC.
Kusumawardhani, Hiras Pasaribu & Indra. 2013. “Analisis Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Hiras Pasaribu & Indra Kusumawardhani Fakultas Ekonomi UPN Jokyakarta.†Jurnal Akuntansi: 18–35.
Lewallen, Willard C. 1994. Issues in Advising TheUndecided College Student. ed. Virginia N. Gordon. Columbia: e National Resource Center for The Freshman Year Experience, University of South Carolina.
Mark L. Savickas, William C. Briddick, and C. Edward Watkins, Jr. 2002. “The Relation of Career Maturity to Personality Type and Social Adjustment.†Sage Journals Home 10(1): 146.
Nuraqmarina, Fatma, and Erna Risnawati. 2018. “Keputusan Pemilihan Karir: Studi Komparatif Pada Siswa Remaja Jurusan IPA Dan IPS.†Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 5(2): 231–40.
Rahmat, Daeri, Eka Wahyuni, and Herdi. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling.†Jurnal Bimbingan dan Konseling 3(2): 20–24.
Sugiyono, Dr, Prof. 2019. “Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&d.†Bandung Alf: 143 cetakan ke 30.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta
Suyono, Nanang Agus. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik.†JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(7): 4631–41.
Tiedeman, D. V. and O’Hara, R. P. 1963. Career Development: Choice and Adjustment. New York: College Entrance Examination Board.
Wahyuningsih, Diana Dewi, and Imam Setya Nugraha. 2021. “Penggunaan Kolase Karir Sebagai Intervensi Terapi Untuk Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK.†Konseling Edukasi “Journal of Guidance and Counseling†5(2): 250.
Wulandari, Putri Wahyu, Sancka Stella, and Indri Sarwilly. 2022. “Hubungan Ketidaksesuaian Jurusan Dengan Stres Mahasiswa Dalam Menjalankan Kegiatan Perkuliahan.†Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia 1(02): 88–94.
Published
2024-08-28
How to Cite
Setiawan, E. I., Musniwan, M., & Musniwan, M. (2024). Analisis Pilihan Karir Mahasiswa Dengan Pendekatan Cashflow Quadran (Studi Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(3). https://doi.org/10.29040/jie.v8i3.14800
Issue
Section
Articles