PENGARUH KUALITAS MODEL PEMBELAJARAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN ORANG TUA MEMILIH SEKOLAH ANAKNYA DENGAN MINAT MENYEKOLAHKAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SEKOLAH KOMUNITAS SMA

Umul Sidikoh, Agus Sudigdo

Abstract


Kualitas model pembelajaran yang sesuai kebutuhan siswa dengan harga yang terjangkau adalah hal yang orang tua ingin dapatkan dari sekolah. Untuk itu, orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan sekolah terbaik bagi anak-anaknya. Penelitian ini berlokasi di Sekolah Komunitas SMA Karakter dengan responden sebanyak 41 orang tua siswa dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Minat Beli. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dan metode structural Equation Modeling (SEM) menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil olah data penelitian menunjukkan Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Z) dengan nilai t-statistics sebesar 2.758 dan 1.706. Kualitas Produk (X1), Harga (X2) dan Minat Beli (Z) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai t-statistics sebesar 2.758, 2.13 dan 3.421. Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang dimediasi Minat Beli (Z) dengan nilai t-statistics sebesar 2.425. Harga (X2) memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) yang dimediasi Minat Beli (Z) dengan nilai t-statistics sebesar 1.571.

Full Text:

PDF

References


Author, (2023). Statistik Pendidikan 2023. Volume 12, 2023. [On-line] Available https://bps.go.id

Author, (2023). Ikhtisar Data Pendidikan 2022/2023. [On-line] Available https://publikasi.data.kemdikbud.go.id

Author, (1998). Kemendikbud Terapkan Empat Strategi Dukungan Wajib Belajar 12 Tahun [On-line] Available https://kemdikbud.go.id

Author, (2023). SMA Karakter [On-line] Available https://sekolahkarakter.sch.id

Achmad, Buchori, Djaslim Saladin. (2010). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: CV. Linda Karya

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyastama, Romie. (2017). Buku Sakti SPSS Pengelolaan Data dan Analisis Data. Yogyakarta: Start Up.

Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ghozali, Imam dan Latan, Hengki. (2015). Partial Least Square “Konsep, Teknik dan Aplikasi” menggunakan program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro.

Hax, A. C (2010). The Delta Model: Reinventing Your Business Strategy. Springer Science & Business Media.

Jogiyanto. (2011). Konsep dan Aplikasi SEM Berbasis Varian dalam Penelitian

Bisnis.

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Based Partial Least Square (SEM- PLS): Menggunakan SmartPLS. Jurnal Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana Universitas Batam.

Wijaya, D. (2008). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Daya Saing Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(11).

Wulandari, H. M. (2010). Penelitian: Metode dan Analisis. Semarang: CV. Agung Semarang.

Wijaya, Tony. (2013). Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i4.14988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


btn4d

ada777

klik-4d.com