FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK HIJAU DIKALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15128Abstract
References
Agustiningsih, Y., & Yusiana, R. (2019). Pengaruh Green Brand Knowledge dan Attitude Toward Green Brand Terhadap Green Buying Intention di Restoran Kehidupan Tidak Pernah Berakhir Kota Bandung Tahun 2019. Skripsi. UniversitasTelkom.
Ajzen, I. (1991). Teori Perilaku Terencana. Perilaku Organisasi dan Proses Pengambilan Keputusan Manusia, 50(2), 179–211.
Al-Swidi, AK, Gelaidan, HM, & Saleh, RM (2021). Dampak Gabungan Manajemen Sumber Daya Manusia Hijau, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Perilaku Hijau Karyawan dan Kinerja Lingkungan Organisasi. Jurnal Produksi Bersih, 316, 128112. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2021.128112
Aman, AHL, Harun, A., & Hussein, Z. (2012). Pengaruh Pengetahuan dan Kepedulian Lingkungan terhadap Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan dengan Peran Sikap sebagai Variabel Mediasi. British Journal of Arts and Social Sciences, 7(2).
Baiquni, AM, & Ishak, A. (2019). Niat Pembelian Produk Tupperware yang Ramah Lingkungan: Peran Green Brand Positioning. Jurnal Siasat Bisnis, 23(1), 1–14. https://doi.org/10.20885/jsb.vol23.iss1.art1
Balawera, A. (2013). Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.3421
Banyte, J., Brazionienė, L., & Gadeikiene, A. (2010). Ekspresi Pemasaran Hijau dalam Mengembangkan Konsepsi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Ekonomi Teknik, 21(5), 550–560.
Beatty, SE, & Ferrell, ME (1998). Pembelian Impulsif: Pemodelan Pendahulunya. Jurnal Ritel, 74(2), 169–191. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(99)80092-X
Blackwell, RD, Miniard, PW, & Engel, JF (2006). Perilaku Konsumen. London: Thomson Business and Economics.
Chen, Y.-S., Chang, T.-W., Li, H.-X., & Chen, Y.-R. (2020). Pengaruh Pengaruh Merek Ramah Lingkungan terhadap Niat Pembelian Ramah Lingkungan: Efek Mediasi Asosiasi Merek Ramah Lingkungan dan Sikap Merek Ramah Lingkungan. Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, 17(11), 4089. https://doi.org/10.3390/ijerph17114089
Chin, TA, Lawi, NHBM, Muharam, FM, Kohar, UHA, Choon, TL, & Zakuan, N. (2020). Pengaruh Green Brand Positioning, Pengetahuan, dan Sikap terhadap Minat Pembelian Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Internasional Rehabilitasi Psikososial, 24(1), 598–608. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I1/PR200166
Cho, Y.-N., Thyroff, A., Rapert, MI, Park, S.-Y., & Lee, HJ (2013). Menjadi atau Tidak Menjadi Ramah Lingkungan: Menjelajahi Individualisme dan Kolektivisme sebagai Anteseden Perilaku Lingkungan. Jurnal Riset Bisnis, 66(8), 1052–1059. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2012.08.020
Dahlstrom, R. (2011). Manajemen Pemasaran Hijau. New York: South-Western Cengage Learning.
Dang, VT, Nguyen, N., & Wang, J. (2020). Persepsi dan respons konsumen terhadap CSR pengecer daring. Jurnal Internasional Manajemen Ritel dan Distribusi, 48(12). https://doi.org/10.1108/IJRDM-10-2019-0339
Dickinger, A., & Kleijnen, M. (2008). Kupon Nirkabel: Faktor Penentu Niat Konsumen untuk Menebus Kupon Seluler. Jurnal Pemasaran Interaktif, 22(3), 23–39. https://doi.org/10.1002/dir.20115
Ellen, PS, Wiener, JL, & Cobb-Walgren, C. (1991). Peran Efektivitas Konsumen yang Dirasakan dalam Memotivasi Perilaku yang Sadar Lingkungan. Jurnal Kebijakan Publik & Pemasaran, 10(2), 102–117. https://doi.org/10.1177/074391569101000206
Emekci, S. (2019). Perilaku Konsumsi Hijau Konsumen Dalam Lingkup TPB. Jurnal Pemasaran Konsumen, 36(3), 410–417. https://doi.org/10.1108/JCM-05-2018-2694
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Edisi ke-2). Semarang: Universitas Diponegoro.
Ferdinand, A. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: UNDIP Pers.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris (2 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Göçer, A., & Sevil Oflaç, B. (2017). Memahami Kecenderungan Konsumen Muda Mengenai Produk Berlabel Ramah Lingkungan. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 29(1), 80–97. https://doi.org/10.1108/APJML-03-2016-0036
Grant, J. (2008). Manifesto Pemasaran Hijau. New York: Wiley.
Han, L., Wang, S., Zhao, D., & Li, J. (2017). Niat Mengadopsi Kendaraan Listrik: Didorong oleh Nilai Fungsional dan Non-Fungsional. Penelitian Transportasi Bagian A: Kebijakan dan Praktik, 103, 185–197. https://doi.org/10.1016/j.tra.2017.05.033
Irvanto, O., & Sujana. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survei Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 105–126.
Julianti, NL, Nuridja, IM, & Meitriana, MA (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosfir) terhadap Minat Beli Konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.4119
Junaedi, MFS (2005). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan. Manfaat: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2).
Kim, Y., & Han, H. (2010). Niat Membayar Harga Hotel Konvensional di Hotel Ramah Lingkungan – Modifikasi Teori Perilaku Terencana. Jurnal Pariwisata Berkelanjutan, 18(8), 997–1014. https://doi.org/10.1080/09669582.2010.490300
Kotler, P., & Keller, KL (2009). Manajemen Pemasaran. (B. Sabran, Ed.) (Edisi ke-13). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, KL (2012). Manajemen Pemasaran. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lin, S. (2009). Evaluasi Eksplorasi Konsumen Potensial dan Konsumen Saat Ini Kapas Organik di Hawaii. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 21(4), 489–506. https://doi.org/10.1108/13555850910997553
Mainardes, EW, Melo, RFS de, & Moreira, NC (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Bandara terhadap Citra Perusahaan Bandara. Penelitian dalam Bisnis & Manajemen Transportasi, 41, 100668. https://doi.org/10.1016/j.rtbm.2021.100668
McEachern, MG, & Warnaby, G. (2008). Menjelajahi Hubungan Antara Pengetahuan Konsumen dan Perilaku Pembelian Label Berbasis Nilai. Jurnal Internasional Studi Konsumen, 32(5), 414–426. https://doi.org/10.1111/j.1470-6431.2008.00712.x
Mu'afiah, N. (2020). Pengaruh Opini Audit dan Pergantian Auditor terhadap Audit Delay pada PT. Bumimas Nusantara Periode 2015-2019. Jurnal Mitra Manajemen, 4(11), 1558–1572. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i11.483
Neumann, HL, Martinez, LM, & Martinez, LF (2021). Upaya Keberlanjutan dalam Industri Mode Cepat: Persepsi Konsumen, Kepercayaan, dan Niat Pembelian. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Kebijakan Keberlanjutan, 12(3), 571–590. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-11-2019-0405
Noor, NAM, Azila, N., Muhammad, A., Kasim, A., Zuriana, C., Jamil, M., … Salleh, H. (2012). Menciptakan Konsumen Ramah Lingkungan: Bagaimana Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Lingkungan Menuntut Perilaku Pembelian Ramah Lingkungan? Jurnal Internasional Seni & Sains, 5(1), 5571.
Olney, TJ, Holbrook, MB, & Batra, R. (1991). Respon Konsumen terhadap Iklan: Pengaruh Konten Iklan, Emosi, dan Sikap terhadap Iklan terhadap Waktu Menonton. Jurnal Riset Konsumen, 17(4), 440. https://doi.org/10.1086/208569
Peter, JP, & Olson, JC (2000). Perilaku Konsumen (Edisi ke-2). Jakarta: Erlangga.
Peter, JP, & Olson, JC (2013). erilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. (DT Dwiandani, Ed.) (edisi ke-9). Jakarta: Erlangga.
Philippe, A., & Ngobo, P.-V. (1999). Penilaian Pengetahuan Konsumen dan Konsekuensinya: Pendekatan Multi-Komponen. Kemajuan dalam Penelitian Konsumen, 26(1).
Putripeni, MP, Suharyono, & Kusumawati, A. (2014). Pengaruh Green Marketing Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 10(1).
Risyamuka, IK, & Mandala, K. (2015). Pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau di Restoran Sari Organik Ubud. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(2).
Ru, X., Wang, S., Chen, Q., & Yan, S. (2018). Menjelajahi Efek Interaksi Norma dan Sikap terhadap Niat Perjalanan Ramah Lingkungan: Sebuah Studi Empiris di Tiongkok Timur. Jurnal Produksi Bersih, 197, 1317–1327. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.06.293
Santoso, I., & Fitriani, R. (2016). Kemasan Ramah Lingkungan, Produk Ramah Lingkungan, Periklanan Ramah Lingkungan, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, 9(2), 147–158. https://doi.org/10.24156/jikk.2016.9.2.147
Schiffman, L.G, & Kanuk, LL (2010). Perilaku Konsumen (edisi ke-10). New Jersey: Pearson/Merrill Prentice Hall.
Schiffman, Leon G., & Kanuk, LL (2006). Perilaku Konsumen. New York: Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabet.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.
Suki, NM (2016). Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan: Dampak Merek Ramah Lingkungan, Sikap, dan Pengetahuan. British Food Journal, 118(12), 2893–2910. https://doi.org/10.1108/BFJ-06-2016-0295
Sukmadinata, NS (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Vermeir, I., & Verbeke, W. (2008). Konsumsi Makanan Berkelanjutan di Kalangan Dewasa Muda di Belgia: Teori Perilaku Terencana dan Peran Kepercayaan Diri dan Nilai-Nilai. Ekonomi Ekologi, 64(3), 542–553. https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2007.03.007
Wang, S., Fan, J., Zhao, D., Yang, S., & Fu, Y. (2016). Memprediksi Niat Konsumen untuk Mengadopsi Kendaraan Listrik Hibrida: Menggunakan Versi Lengkap dari Model Teori Perilaku Terencana. Transportasi, 43(1), 123–143. https://doi.org/10.1007/s11116-014-9567-9
Webb, DJ, Mohr, LA, & Harris, KE (2008). Pemeriksaan Ulang Konsumsi yang Bertanggung Jawab Secara Sosial dan Pengukurannya. Jurnal Penelitian Bisnis, 61(2), 91–98. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.05.007
Wikoff, R., Rainbolt, GN, & Wakeland, W. (2012). Mengukur Efek Longitudinal Pelatihan Jejak Karbon Pangan terhadap Konsumen: Pengetahuan, Sikap, dan Niat Perilaku. Sustainability: The Journal of Record, 5(5), 317–322. https://doi.org/10.1089/SUS.2012.9925
Wulandari, F., Wahyono, H., & Haryono, A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Respon Pada Iklan, Intensitas Pergaulan Teman Sebaya, dan Pemahaman Siswapada Mata Pelajaran Ekonomi Perilaku Terhadap Konsumsi SiswaKelas VII SMPN 2 Nglegok Kabupaten Blitar TahunAjaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 116–123.
Zelezny, LC, & Schultz, PW (2000). Psikologi dalam Mempromosikan Lingkungan Hidup: Mempromosikan Lingkungan Hidup. Jurnal Isu Sosial, 56(3), 365–371. https://doi.org/10.1111/0022-4537.00172
Zhang, W., & Lawson, G. (2009). Bertemu dan Bertemu: Aktivitas di Ruang Publik Luar Ruang di Luar Komunitas Permukiman Perkotaan Berpadat. Uraban Design International, 14(4), 207–214. https://doi.org/10.1057/udi.2009.19