RECRUITMENT IN DIGITALIZATION ERA ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA DATABASE SCOPUS

Authors

  • Kuncoro Aprilia Hikmawati Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sopiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Arief Noviarakhman Zagladi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi digital secara signifikan telah mempengaruhi proses rekrutmen tenaga kerja di era digital, di mana proses tradisional bertransformasi menjadi lebih efisien melalui penggunaan teknologi. Namun, masih terbatasnya penelitian yang membahas secara mendalam tentang bagaimana digitalisasi mempengaruhi rekrutmen menciptakan gap pengetahuan di bidang ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik terhadap 72 artikel bertema “Recruitment in Digitalization Era†yang dipublikasikan di database Scopus antara tahun 2019-2024. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk memetakan tren, pola publikasi, serta kata kunci yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa puncak publikasi terjadi pada tahun 2020 dengan 15 dokumen, dan mayoritas dokumen berbentuk artikel ilmiah. Amerika Serikat menjadi negara dengan kontribusi terbesar, diikuti oleh Inggris. Artikel dengan jumlah sitasi tertinggi berasal dari penelitian terkait platform kesehatan digital dan pengelolaan rekrutmen. Analisis bibliometrik menunjukkan bahwa kata kunci yang paling sering digunakan adalah "recruitment", "digital transformation", dan "social media". Temuan ini memperlihatkan bahwa meskipun topik rekrutmen di era digital semakin banyak dibahas, peluang penelitian lebih lanjut masih terbuka, khususnya pada pengembangan alat rekrutmen berbasis digital yang dapat meningkatkan efektivitas proses rekrutmen di berbagai sektor. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya inovasi dalam alat rekrutmen digital agar sesuai dengan kebutuhan industri dan dapat bersaing dalam lingkungan kerja yang semakin terdigitalisasi. Kata kunci: Rektrumen, Digitalisasi, Era

References

Akhtar, M. J., Azhar, M., Khan, N. A., & Rahman, M. N. (2023). Conceptualizing social media analytics in digital economy: An evidence from bibliometric analysis. Journal of Digital Economy, 2, 1–15. https://doi.org/10.1016/J.JDEC.2023.03.004

Baykal, E. (2020). Digital era and new methods for employee recruitment. Handbook of Research on Strategic Fit and Design in Business Ecosystems, January, 412–430. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-1125-1.ch018

Demir, M., & Günaydın, Y. (2023). A digital job application reference: how do social media posts affect the recruitment process? Employee Relations, 45(2), 457–477. https://doi.org/10.1108/ER-05-2022-0232

Jackson, J. (2023). Expanding opportunities to maximise research recruitment and data collection using digital tools. International Journal of Social Research Methodology, 26(6), 721–731. https://doi.org/10.1080/13645579.2022.2091258

L., E., & Rousseau, R. (1990). Egghe & Rousseau 2000.pdf.

Memon, M., Soomro, N., & Qazi, S. W. (2024). Mapping Digital Recruitment Tools Using Advanced Convergent Qualitative Meta-integration. Vision, 1–12. https://doi.org/10.1177/09722629231220989

Musker, M., Short, C., Licinio, J., Wong, M. L., & Bidargaddi, N. (2020). Using behaviour change theory to inform an innovative digital recruitment strategy in a mental health research setting. Journal of Psychiatric Research, 120(September 2019), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.jpsychires.2019.09.012

Nagibina, N., Kandybina, E., Komyshova, L., & Sclyarov, K. (2020). Achieving sustainable development of a company through digital transformation of the recruitment process. E3S Web of Conferences, 164. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202016410053

Rejeb, A., Rejeb, K., Zailani, S., Treiblmaier, H., & Hand, K. J. (2021). Integrating the Internet of Things in the halal food supply chain: A systematic literature review and research agenda. Internet of Things (Netherlands), 13(2021), 100361. https://doi.org/10.1016/j.iot.2021.100361

Rojas Garcia, J. A., Cueva Mas, D., Infante Ramirez, S., & Arambarri, J. (2023). Methodology to improve profitability in a company textile industry through the improvement of the recruitment process and selection of human resources using Lean Six Sigma and Digital Transformation. https://doi.org/10.18687/laccei2023.1.1.487

Saniuk, S., Grabowska, S., & Fahlevi, M. (2023). Personalization of Products and Sustainable Production and Consumption in the Context of Industry 5.0. In Industry 5.0: Creative and Innovative Organizations. https://doi.org/10.1007/978-3-031-26232-6_3

van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3

van Eck, N. J., & Waltman, L. (2017). Citation-based clustering of publications using CitNetExplorer and VOSviewer. Scientometrics, 111(2), 1053–1070. https://doi.org/10.1007/s11192-017-2300-7

Venkatachalam, N., & Kannusamy, R. (2023). Digital skills recruitment challenges in small enterprises: the role of blockchain. Small Enterprise Research, 30(3), 301–317. https://doi.org/10.1080/13215906.2023.2279043

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Hikmawati, K. A., Sopiah, & Arief Noviarakhman Zagladi. (2024). RECRUITMENT IN DIGITALIZATION ERA ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA DATABASE SCOPUS. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/15387

Issue

Section

Articles

Citation Check