Pengaruh Dana CSR, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kualitas Pengungkapan Sustainability Report Perusahaan Peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT)
Abstract
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT). Sampel penelitian dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yaitu perusahaan peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) yang meraih peringkat platinum pada tahun 2022 dan menerbitkan laporan keuangan serta laporan keberlanjutan (sustainability report) tahun 2020-2022.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Dana CSR (X1), dan Profitabilitas (X2) tidak berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pengungkapan sustainability report (SR). Sedangkan ukuran perusahaan (X3) berpengaruh secara parsial terhadap kualitas pengungkapan sustainability report (SR). Untuk pengujian secara simultan dapat disimpulkan bahwa dana CSR, profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh secara simultan terhadap kualitas pengungkapan sustainability report (SR)
Full Text:
PDFReferences
Akerlof, G. (1970). The Market for “Lemons”: Qualiry Uncertainty and The Market Mechanism. The Quarterly Journal of Economics, 84(3), 488-500.
Anwar Sanusi, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Bimantara, Anggi, Yosefa Sayekti, and Dewi Ayu Puspita. 2022. “Relevansi Nilai Laporan Keberlanjutan Perusahaan Peserta Asia Sustainability Reporting Rating (Asrrat) Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi Universitas Jember 20 (1): 16. https://doi.org/10.19184/jauj.v20i1.30904.
Dewi, Ni Putu Yunita, and I Putu Sudana. 2022. “Sustainability Reporting Dan Pandemi Covid-19.” E-Jurnal Akuntansi 32 (9): 2251. https://doi.org/10.24843/eja.2022.v32.i09.p02.
Dewi, Sofia Prima., dan Keni. (2013). Pengaruh Umur Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Vol. 15 No.1, Hlm 1-12.
Global Reporting Initiative. GRI Sustainability Reporting Guidelines G3.1. Data indikator pengungkapan
Hackston, D. and Millner, M.J. (1996), Some determinants of social and environmental disclosures in New Zealand companies, Accounting, Auditing and Accountability Journal, 9(1), 77-108.
Ishak, I., Putri, Q. A. R., & Sarijuddin, P. (2024). Halal Product Assurance at Traditional Markets in Luwu Raya Based on Halal Supply Chain Traceability. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 8(2), 224-240.
Kamil, Ahmad dan Antonius Herusetya. 2012. Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsibility. Jurnal Media Riset Akuntansi. Vol. 2, No. 1. ISSN 2088-2106.
K, A. ., Astuti, A. R. T. ., & ., M. (2024). The Impact of Word of Mouth and Customer Satisfaction on Purchase Decisions: The Role of Maslahah as an Intervening Variable in the Cosmetic Products Industry in Indonesia. Journal of Ecohumanism, 3(7), 1525–1540. https://doi.org/10.62754/joe.v3i7.4307
Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Lubis, Reza Fahlevi. 2022. “Pengaruh Intensitas Modal Dan Profitabilitas Terhadap Sustainability Reporting.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA) 2 (2): 69–75. https://doi.org/10.47709/jebma.v2i2.1830.
Majid, N. H. A., Omar, A. M., & Busry, L. H. Reviving Waqf In Higher Education Institutions: A Comparative Review Of Selected Countries. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences.
Natalia, Orien. 2016. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN” 5 (November).
Putri, Andi Diana, and Surifah. 2022. “Pengaruh Leverage Dan Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Sustainability Report.” Jurnal Magisma 10 (1): 22–32. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.
Safitri, Dian Anggraeni. 2015. “Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan Dan Pasar.” Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi 4 (4): 1–15.
Sapsuha, M. U., Alwi, Z., Sakka, A. R., & Al-Ayyubi, M. S. (2024). Review of Gold Trading Practices on Credit (non-Cash) Based on Hadith. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 6(3).
Weber, O., Koellner, T., Habegger, D., Steffensen, H., dan Ohnemus, P. (2008). The Relation between the GRI Indicators and the Financial Performance of Firms. Progress in Industrial Ecology - An International Journal, 5(3): 236–254. Doi:10.1504/PIE.2008.019127
Yuliandhari, Willy Sri, Ardan Gani Asalam, and Muhammad Visar Sinatrya. 2022. “Pengaruh Tekanan Pemegang Saham Dan Umur Perusahaan Terhadap Kualitas Sustainability Report.” Owner 7 (1): 488–97. https://doi.org/10.33395/owner.v7i1.1207.
Rahmadani, N., & Putri, Q. A. R. (2024). Analysis of the Influence of Religiosity Values In Reducing Consumptive Behavior in Indonesian Muslim Consumers. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 8(2), 253-274.
Wulandari, S., Irfan, A., Zakaria, N. B., & Mujahidin. (2024). Survey Study on Fraud Prevention Disclosure Measurement at State Islamic Universities in Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 327–348. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v13i1.2305
DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v8i4.15388
Refbacks
- There are currently no refbacks.