STRATEGI KREATIF PERIKLANAN DITENGAH PERSAINGAN PEMASARAN MODERN: STUDI IKLAN PANTENE

Authors

  • Mentari Putri Pramanenda Sinaga
  • Rohami Purnamasari Dima

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15443

Abstract

Abstrak Strategi pemasaran konvensional saat ini sudah tidak relevan di era digital. Masyarakat kini sudah banyak beralih ke media digital dalam mencari informasi, hiburan, dan berbelanja. Pantene menggunakan kesempatan ini untuk mengunggah video produknya pada kanal youtube untuk memperkenalkan produk terbaru berupa kondisioner Miracles Hair Supplement. Studi ini bermaksud untuk membandingkan dua iklan Pantene yang diperankan Maudi Ayunda dan Keanu Abigail untuk menemukan makna tersembunyi dan tujuan iklan yang sebenarnya. Studi ini bermaksud mengkaji kedua iklan menggunaka teori strategi kreatif periklanan (Suyanto, 2005) dan teori semiotik milik Roland Barthes secara kualitatif. Dapat disimpulkan bahwa iklan kedua menggunakan strategi yang lebih kreatif. Meski kedua iklan mempromosikan produk yang sama dengan konsep iklan yang serupa namun iklan kedua lebih memiliki kekuatan pada unsur Unique Selling Point, Inherent Drama, dan Positioning. Kata Kunci: iklan, pemasaran digital, semiotika Abstract Conventional marketing strategy is irrelevant to be implemented nowadays. People tends to use digital media in searching information, entertainment and shopping. Pantene uses this chance to upload their video on their Youtube account in order to introduce their latest conditioner namely Miracles Hair Supplement. This study aims to compare two Pantene advertisements casted by Maudy Ayunda and Keanu Abigail to discover hidden meaning and purpose of the ads. The study scrutinizes the ads by employing creative advertisement strategy theory (Suyanto, 2005) and semiotic by Roland Barthes qualitatively. The conclusion shows that the second advertisement has more creative strategy. Although both advertisements promote same product with similar concept but the second advertisement shows more powerful Unique Selling Point, Inherent Drama dan Positioning. Keywords: advertisement, digital marketing, semiotics

References

DAFTAR PUSTAKA

Ardia, V. & Fadilah, F. (2018). Strategi Kreatif Iklan E-commerce Blanja.com di Youtube Untuk Memenangkan Hati Konsumen. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi, 1(2)

DOI: https://doi.org/10.24853/pk.2.2.%25p

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Retrieved June 12 on https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). Press Conference Hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. Retrieved on February 1 on https://survei.apjii.or.id/survei/register/31?type=free

Breuer,C. & Hallmann, K. (2011). Unique Selling Proposition. Retrieved February 1 on (PDF) Unique selling propositon (USP) (researchgate.net)

Chandler, D. (2005). The Basics Semiotics. New York: Routledge.

Dara, A. (2019). Analisis Semiotik Dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale Edisi Blackpink. (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Delfiantrisno, A. & Sroyer, S. (2020). Analisis Potensi Pemanfaatan Teknologi Internet Dalam Menunjang Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat Kabupaten Mimika. Jurnal Kritis, 4(1), http://ejournal.stiejb.ac.id/index.php/jurnal-kritis/article/view/104/69

Durham, H. https://www.academia.edu/39110854/50_Shades_of_Digital_Marketing

Ferdiana, T., Wirasari, I., & Nurbani, S. (2017). Analisis Strategi Kreatif Iklan Bukalapak Di Media Sosial. E-proceeding of Art and Design, 4(2), 151-162

http://repository.untag-sby.ac.id/7423/

Jadou, S. and Ghabra I. (2021). Barthes Semiotic Theory and Interpretation of Signs. Journal of Research in Social Sciences and Humanities, 11(3), DOI:10.37648/ijrssh.v11i03.027

Jones, D. (2013). Leverage Your Assets, 50 Shades of Digital Marketing edited by James, F &

Maulida, A.(2021). Pengaruh Iklan, Sales Promotion, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang. Journal of Enterpreneurship, Management, and Industry, 4(4), 151-160 https://journal.bakrie.ac.id/index.php/JEMI/article/view/2181

Nazoeaggi, T. (2011). Analisis Isi Pesan Kreatif Iklan Media Cetak Peraih Medali Emas Penghargaan Bulanan Dalam Forum Http://www.adsoftheworld.com periode Oktober 2008 Hingga Maret 2011. (Skripsi, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veterab’ Yogyakarta)

Nusantara, C. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok. (Tugas Kuliah, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)

Octafiandi, I. (2018). Strategi Kreatif Iklan “Kisah Legenda Nusantara†Dalam Menumbuhkan Awarness Indoeskrim Nusantara. Jurnal Visi Komunikasi, 17(1), 1-11 doi:http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v17i1.6507

Octaviani, R., Anantanyu, S., & Ihsaniyati. (2017). Analisis Keefektifitasan Iklan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Jenang CV. Mubarookfood Cipta Delicia Menggunakan Epic Model. Jurnal SEPA, 14(2), 114-123

Prayoga, A., Hendrawan, A., & Eswanda, Y. (2022). Maskulinitas Pria Ideal dalam Iklan Televisi Garnier Men Power White. Jurnal Audiens, 3(2), https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/article/view/11930/6938

Ryan, D. (2014). Understanding Digital Marketing (3RD Edition). United Kingdom: Kogan Page Limited.

Schutze, C. & Sprouse, J. (2011). Research in Linguistics. Retrieved Februari 1 on https://web.mit.edu/hackl/www/lab/turkshop/readings/schutze-sprouse2011.pdf

Suprapto, R. (2019). Analisa Strategi Kreatif Pendekatan Unique Selling Proposition Dalam Iklan Nissan 4X4S. Jurnal Seni (Desain) dan Budaya Kesenian Tangerang Selatan, 2, 58-74. http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/4920

Suyanto, M. (2005). Strategi Perencanaan Iklan Televisi Perusahaab Top Dunia. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahab, A. & Mangkuto, I. (2020). Analisis Strategi Iklan di Media Sosial Untuk Meningkatkan Efektifitas Penjualan. Journal of Enterpreneurship, Management, and Industry, 3(3), 81 – 90. DOI : 10.36782/jemi.v3i3.2102

Published

2024-12-02

How to Cite

Pramanenda Sinaga, M. P., & Dima, R. P. (2024). STRATEGI KREATIF PERIKLANAN DITENGAH PERSAINGAN PEMASARAN MODERN: STUDI IKLAN PANTENE. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15443

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)