GLOBAL MARKET EXPANSION: SUSTAINABLE MARKETING STRATEGIES FOR ROPE PRODUCTS

Authors

  • Bambang Sri Wibowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Dodit Cahyo Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15465

Abstract

This research aims to analyze in depth the marketing strategies implemented by Jaya Abadi (JA) in an attempt to promote its refinery products in the global market. Through a qualitative approach combining literature reviews and in-depth interviews, this study concludes that JA has implemented an integrated segmentation, selection, and positioning strategy to reach the global market. In addition, the company has established an effective distribution network, both locally and internationally. The results show that refinery products have significant competitive advantages, namely strength, durability, and respect for the environment. These advantages align with global market trends, which increasingly favor sustainable products. The economic analysis shows that using raffia is good for the environment and can also increase a company's profitability. Therefore, this study concludes that raffia has great potential as an alternative sustainable packaging material and could open up greater opportunities in the global market. Further research is recommended to explore more specific practical applications and the commercial potential of raffia.

References

Abbas, D. S., Agustina, Y., Sari, M. R., Ardiana, D. P. Y., Hartini, H., Moridu, I., ... & Butarbutar, M. (2020). Pengantar manajemen untuk organisasi publik dan bisnis.

Adinda, F., & Suwartiningsih, S. (2015). Tahu Serasi Dalam Prespektif Modal Sosial (Studi Sosiologis Peran Modal Sosial Pada Usaha Tahu Serasi di Bandungan, Kabupaten Semarang). Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 4(2).

Alfianto, M. A., Rihhadatul’Ais, A., Syafiqah, I. N., Saputro, M. A., & El Farouq, Z. U. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Memperkuat Brand Awareness Pekan Raya Jakarta (PRJ). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20760-20765.

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan implementasinya dalam lembaga pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 159-170.

Andrianto, A., Varlina, V., & Leonard, M. A. (2024). ANALISIS SEMIOTIKA DAN RESEPSI VISUAL DALAM TRANSFORMASI IDENTITAS LOGO VANS OFF THE WALL. Wacadesain, 5(1), 31-42.

Aprilia, T. L. (2016). Pengaruh Brand Image Produk Apple terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Komunitas Instamarinda. E-Journal Ilmu Komunikasi FISIP UNMUL.

Bachtiar, A. (2018). Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Biaya Marjinal Pada Pabrik Tahu € ŒSBR†Bengkulu. Creative Research Management Journal, 1(1), 21-32.

Chalil, R. D. (2021). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.

Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar, 1(3), 566-577.

Dewi, R. P., & Fransiska, F. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Di Restoran Zushioda Cirebon. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 781-792.

Dewi, R. U. (2018). Penilaian Aksesoris Kalung Dari Sampah Tutup Botol Minuman (Crown Cork) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).

Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. Penerbit NEM.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Fatkhullah, M., Mulyani, I., & Imawan, B. (2021). Strategi pengembangan masyarakat petani lahan gambut melalui program tanggung jawab sosial perusahaan: Analisis pendekatan penghidupan berkelanjutan. Journal of Social Development Studies, 2(2), 15-29.

Ferdian, A. (2021). Analisis Ketepatan Pemilihan Lokasi Kantor Distribusi PT. XYZ Wilayah Jawa Timur Dengan Menggunakan Permodelan Spatial Point Process (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Hendrayanti, E. (2011). Inovasi efektif: upaya mempertahankan dan menangkap pasar potensial. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 5(1), 91-102.

Hermawati, A., Anam, C., Suwarta, S., & Wulandari, W. (2023). Capaian Kinerja Pemasaran Berbasis Marketing Terintegrasi Melalui Analisis Path Pada Ukm Industri Pariwisata Di Jawa Timur. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 291-297.

Hutabarat, E. (2017). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor suzuki satria fu pada pt. sunindo varia motor gemilang medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1), 112-121.

Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(1), 66-73.

Kejora, M. K. (2024). Studi Kelayakan Bisnis Fashion Woori. idRancang Bangun dan Implementasi Bisnis (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Maharani, N. P., & Setyowati, E. (2023). STRATEGI DAN PROGRAM EKSPOR PRODUK KERANJANG ANYAMAN BAMBU “KALATHI APO BAMPOU†KE PASAR ASEAN. Determinasi: Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 1(3).

Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27-34.

Martono, R. V. (2022). Global Value Chain; Peran Supply Chain Dalam Perekonomian. Gramedia Pustaka Utama.

Masida, D., & Fauzi, A. (2022). Pengaruh potongan harga, daya tarik iklan dan user friendly pada aplikasi dompet digital terhadap pembelian impulsif konsumen generasi milenial. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 1(3), 18-23.

Miradji, M. A., Vercelly, W. A. S., Faiz, R. M., Aisyah, M. K., & Yuherda, A. (2024). INOVASI DALAM MANAJEMEN STRATEGI:" MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF DI ERA DIGITAL". Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 28-38.

Octavini, N. A., Supriyadi, E., Oktavia, N. T., Waidah, D. F., Fadli, K., Mendrofa, S. A., ... & Sutisna, A. J. (2023). PEMASARAN: Konsep dan Praktik. EDUPEDIA Publisher.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Putri, M. A., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2023). Analisis strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT, matriks IFE, matriks EFE, dan matriks IE (Studi kasus pada bisnis Banjjagim. id). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1).

Putri, Y. A., Sulbahri, R. A., & Kusuma, G. S. M. (2023). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Kinerja Keuangan Dan Non-Keuangan Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 18(1), 33-50.

Rachmad, Y. E., Asmara, M. A., Purwanto, H., Thamrin, J. R., Violin, V.,

Awang, M. Y., ... & Wibowo, S. E. (2023). Manajemen Pemasaran Digital Terkini (Perubahan Era Manajemen Pemasaran Kearah Digitalisasi). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Ramdan, A. M., Siwiyanti, L., Komariah, K., & Saribanon, E. (2023). Manajemen Pemasaran. Penerbit Widina.

Rosidah, S. N., & Rohman, A. (2024). Penerapan Aspek Pasar Dan Pemasaran Dalam Kelayakan Proyeksi Investasi. Jurnal Media Akademik (Jma), 2(6).

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Santoso, O. C. (2013). Personalized Marketing sebagai Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing Perusahaan. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 2(2).

Satriadi, S., Tubel Agusven, S. T., Elvi Lastriani, S. E., Triyani Capeg Hadmandho, M. B. A., Ramli, R. A. L., Annisa Sanny, S. E., ... & KM, S. (2022). Manajemen pemasaran. CV Rey Media Grafika.

Secapramana, L. V. H. (2000). Model dalam strategi penetapan harga. Unitas, 9(1), 30-43.

Setiawan, Z., Nurdiansyah, N., Kushariyadi, K., & Sari, M. D. (2024). Strategi Pemasaran: Konsep dan Inovasi Pemasaran di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi pemulihan pemasaran UMKM di masa pandemi COVID-19 pada sektor ekonomi kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.

Sijabat, R., Caroline, F., Sitinjak, B. M., Saragih, L. S., & Putriku, A. E. (2024). Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Guna Meningkatan Pemasaran Secara Global. Jurnal Ekonomi, Akuntansi, dan Perpajakan, 1(3), 21-33.

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti, W., Budiman, Y. U., & Manuhutu, M. (2023). Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Perspektif Industri E-commerce. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 7524-7532.

Suganda, D. A., Melani, D., Hikmah, A., & Nazhifa, F. Z. (2024). Mengungkap Keberhasilan Bisnis Internasional: Strategi Penetrasi Pasar Global Oleh PT Pertamina Lubricants. Journal of Economics and Business, 2(1), 60-70.

Sugiana, N. S. S., & Musty, B. (2023). Analisis Data Sistem Informasi Monitoring Marketing; Tools Pengambilan Keputusan Strategic. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 12(2), 696-708.

Suhairi, S., Siregar, M. M., Ningrum, L. D., Bintang, R., & Mutiara, A. (2023). Strategi Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Dalam Pasar Global: Pendekatan Untuk Keberhasilan Bisnis Internasional. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5120-5131.

Suparyanto, M. K. (2010). KOMPETISI MEREK KOPI BUBUK INSTAN (3in1 ORIGINAL) MELALUI PERCEPTUAL MAPPING BERDASARKAN ANALISIS MULTIDIMENTION SCALING (MDS)(Survey pada Tiga Top Brand Kopi Bubuk Instan Coffeemix, Nescafe, dan Good Day di Kalangan Mahasiswa FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2006-2008) (Doctoral dissertation, UAJY).

Susanti, D. A. (2016). Analisis pengaruh harga, promosi, pelayanan, dan kualitas produk online terhadap kepuasan konsumen online secara syariah (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).

Susanto, B., Rajagukguk, I. R. M., Octavia, A., Musnaini, M., Amin, S., & Dahmiri, D. (2024). STRATEGI BRANDING PADA PRODUK KERIPIK PISANG BU OS. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(6), 947-955.

Sutrisna, E., MM, C., Wahyu, D., & Billy Lazuardi, S. E. (2024). Manajemen pemasaran. Indonesia Emas Group.

Syahrullah, M. (2023). Strategi Branding Sebagai Upaya Optimalisasi Pengumpulan Wakaf. Jurnal Islamika, 6(1), 1-13.

Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 106-122.

Tolan, M. S., Pelleng, F. A., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360-364.

Ulfah, F., Nur, K., Salsabila, S., Safitri, Y., Evanita, S., & Friyatmi, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2795-2805.

Waluya, B., & Adhitya, C. (2010). Analisis geografis konsentrasi industri kulit di Kabupaten Garut. Jurnal Geografi Gea, 10(2).

Widyastuti, P. (2018). Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 17-28.

Winarso, B. (2015). Peran sarana angkutan darat dalam upaya peningkatan efisiensi distribusi ternak dan hasil ternak sapi potong Di Indonesia. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 15(2).

Yoebrilianti, A. (2014). Pengaruh promosi penjualan terhadap minat beli produk fashion dengan gaya hidup sebagai variabel moderator (Studi Kasus Pada Jejaring Sosial).

Yusran, R. R., Herdiansyah, D., Herlina, H., Sitorus, D. H., Tresnasari, R., Mulyeni, S., ... & Effendi, M. (2023). Manajemen Kewirausahaan. CV. Gita Lentera.

Zain, M. J. F., & Sungkono, S. (2024). Strategi Pengembangan Branding dan Identitas Visual Untuk Mempromosikan Produk pada Donat Bahagia Galaxy. Jurnal Serambi Ekonomi dan Bisnis, 7(2), 506-513.

Downloads

Additional Files

Published

2024-12-01

How to Cite

Wibowo, B. S., & Nugroho, D. C. (2024). GLOBAL MARKET EXPANSION: SUSTAINABLE MARKETING STRATEGIES FOR ROPE PRODUCTS. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 8(4). https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15465

Issue

Section

Articles

Citation Check