DAMPAK ETIKA KECERDASAN BUATAN (AI) DAN BIG DATA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BISNIS PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA KUPANG (Analisis Kuantitatif Dengan Variabel Mediasi Kepuasan Konsumen Dan Variabel Moderasi Tingkat Literasi Digital)
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v8i4.15624Abstract
References
Arie, A. P. (2024). Transformasi Akuntansi di Era Big data dan Teknologi Artificial Intelligence (AI). Jurnal Cahaya Mandalika, V(2), 937-943.
Binns, R. (2018). Fairness in Machine Learning: Lessons from Political Philosophy. Conference on Fairness, Accountability, and Transparency. LXXXI, pp. 1-11. Oxford: Proceedings of Machine Learning Research.
Cowls, J., King, T., Taddeo, M., & Floridi, L. (2019). How to Design AI for Social Good: Seven Essential Factors. Science and Engineering Ethics, 26, 1771 - 1796. doi:https://doi.org/10.1007/s11948-020-00213-5
Drucker, P. (2007). The Effective Executive. London: Routledge. doi:https://doi.org/10.4324/9780080549354
Eshet-Alkalai, Y. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, XIII(1), 93-106.
Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. JUMANSI: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi Medan, V(1), 32-42.
Khasanah, A., Aini, M., & Aji, G. (2024). Menuju Masa Depan Akuntansi: Akuntansi di Era Big data dan Kecerdasan Buatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, I(2), 312-318.
Kitchin, R. (2014). Big data, New Epistemologies And Paradigm Shifts. Big data & Society(April-June), 1-12. doi:10.1177/2053951714528481
Kitchin, R. (2014). The real-time city? Big data and smart urbanism. Geo Journal, 79, 1-14. doi:10.1007/s10708-013-9516-8
Kotler, P., & Keller, L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Boston: Pearson Education Limited.
Laney, D. (2001). 3D Data Management: Controlling Data Volume, Velocity and Variety. Meta Group. http://blogs.gartner.com/doug-laney/files/2012/01/ad949–3D-DataManagement-Controlling-Data-VolumeVelocity-and-Variety.pdf.
Lankshear, C., & Knobel, M. (2016). Digital Literacy and Digital Literacies: Policy, Pedagogy and Research Considerations for Education. Nordic Journal of Digital Literacy, 8-20.
Mahanum. (2023). Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Kebijakan. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 154-163.
Maryanto, B. (2017). Big data dan Pemanfaatannya Dalam Berbagai Sektor. Media Informatika, XVI(2), 14-19.
Matau, C. P., Yohanes, S., & Udju, H. R. (2023). Fungsi Pemerintah Kota Kupang Dalam Penataan Pedagang Kaki Lima. Petitum Law Journal, I(1), 371-381.
Misnawati, M. (2023). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau), II(1), 54-67.
Muzakir, U., Baharuddin, B., Manuhutu, A., & Widoyo, H. (2023). Penerapan Kecerdasan Buatan Dalam Sistem Informasi: Tinjauan Literatur Tentang Aplikasi, Etika, dan Dampak Sosial. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), VI(4), 1163-1169.
Ng, W. (2012). Can we teach digital natives digital literacy? Computers & Education, LIX(3), 1065-1078. doi:https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016.
Oliver, R. L. (1997). Satisfaction A Behavioral Perspective On The Consumer. Singapore: McGraw-Hill Education.
Pratama, A. S., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, M. I. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence, Big data dan otomatisasi terhadap kinerja SDM di Era digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, II(4), 108-123.
Rusydiyah, E. F., Purwati, E., & Prabowo, A. (2020). How To Use Digital Literacy As A Learning Resource For Teacher Candidate In Indonesia. Cakrawala Pendidikan, XXXIX(2), 305-318. doi:10.21831/cp.v39i2.30551
Saputra, A., Firdaus, M. I., Wahyudi, R., Mohdo, L., Gunawan, M. E., Encep, M., & Khaira, M. (2022). Big data. Karimah Tauhid, I(6), 880-889.
Saputri, V. A., & Manggalani, R. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Pencarian Informasi Di Kalangan Mahasiswa. Paedagogy: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, III(4), 229-236.
Simon, H. A. (1977). The Logic of Heuristic Decision Making In Models of Discovery: And Other Topics In The Methods of Science. Dordrecht: Springer Netherlands, 154-175.
Siska, M., Siregar, I., Saputra, A., Juliana, M., & Afifudin, M. T. (2023). Kecerdasan Buatan dan Big data dalam Industri Manufaktur: Sebuah Tinjauan Sistematis. Nusantara Technology and Engineering Review, I(1), 41-53.
Supriyanto, E. E., Bakti, I. S., & Furqon, M. (2021). The Role Of Big data In The Implementation Of Distance Learnig. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, XII(1), 61-68. doi:10.31764
Syifa, F. L. (2024). Analisis Literasi Digital Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di MTSN 17 Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Wijonarko, G. (2023). Pengambilan Keputusan Bisnis. Yogyakarta: KYTA.