PERAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Authors

  • Herikson Tampubolon Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia
  • Evi Novitasari Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Bakti Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16336

Abstract

The purpose research is to determine how the quality of service and product quality affect purchasing decisions with consumer behavior as an intervening variable. The research method used is a quantitative method based on the approach of analyzing numerical data/numbers. Hypothesis testing in this study used SPSS. Data analysis techniques using classical assumption tests and path analysis. The sampling technique used in this study is simple random sampling with the Slovin formula. Sample of 60 respondents from a population of 150 people. The results of the Direct Influence study are The influence of service quality variables on purchasing decisions through consumer behavior is not significant . The study found that the indirect influence of service quality on consumer behavior is significant, consumer behavior on purchasing decisions is also significant. It is concluded that consumer behavior successfully mediates the influence of service quality on purchasing decisions. While the direct influence of product quality on purchasing decisions through consumer behavior is not significant. The indirect influence of product quality on consumer behavior is significant, consumer behavior on purchasing decisions is also significant. It can be concluded that consumer behavior successfully mediates the influence of product quality on purchasing decisions

Author Biography

Evi Novitasari, Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Bakti Nusantara

institut bakti nusantara

References

Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-Wom, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433-443.

https://jom.umri.ac.id/index.php/emba/article/view/851

Andika, Kusnadi & Wiryaningtyas, 2022. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan Terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Vol. 1, No. 4, Mei 2022 : 692-712. https://doi.org/10.36841/jme.v2i7.3555

Astuti Miguna dan matondang Nurhafifah. (2020). Manajemen pemasaran. CV BUDI UTAMA

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614-3747.

Ely, E., & Suryadi, B. (2021). Penataan Produk. Gramedia Widiasarana. Indonesia.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Gunawan, R., & Arianty, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Konsumen umkm ikan Lele Di Desa Purwodadi Kecamatan Pagar Merbau. Yogyakarta: UNY.

Hamirul (2020). good governce dalam perspektif kualitas pelayanan. CV.Pustaka Learning center.

Hamirul, A. (2020). Good governance dalam perspektif kualitas pelayanan publik. Pustaka Learning Center.

Harjadi, Didik, Arraniri, Iqbal. Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial. Cirebon: Penerbit Insania. 2021.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175-182. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Jeany, Mauli Siagian (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 330–341.

Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Prenadamedia Group, 30.

Kotler, P., & Armstrong ( dalam Novitasari dan Supriyanto, 2020). Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian mobil Toyota avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2536

Laela, A. (2020). Implementasi good governance di desa rempoah kecamatan baturraden kabupaten banyumas perspektif siyasah idariyah (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO). https://eprints.uinsaizu.ac.id/

Lestari, A. (2022). Mimbar Kampius : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam. 21, 34–42. Https://Doi.Org/10.17467/Mk.V21i1.873

Lumintang, F. Y., Pio, R. J., & Tamengkel, L. F. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Toko Ds Solution Kota Manado. Productivity, 3(4),361-366.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/42989

Nugroho, M. I., Damara, R. D., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Iphone: Studi Kasus Mahasiswa Uin Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 35-44. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/srikandi/article/view/2963

Rachmadi Agus Triono. (2012). Buku prngambilan keputusan maanjerial. Penerbit salemba 4

Jacobis, R. (2013). Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Peserta Jamkesmas Di BLU RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4). https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2742

Rosyidi Ririn, (2020). buku monograf pengendalian kualitas.

Santony, J. (2019). Prediksi Pendapatan Terbesar Pada Penjualan Produk Cat Dengan Menggunakan Metode Monte Carlo. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1(4), 15– 20. Https://Doi.Org/10.37034/Infeb.V1i4.5

Satria, A. A. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45-53. https://doi.org/10.37715/jp.v2i1.436

Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Jl.gegerkalong hilir Bandung. penerbit alfabeta 3, 1–334

Sugiyono, 2019. (2010). Prof_dr_sugiyono_metode_penelitian _kuant.pdf (p. 334).

Https://Journal.Iaimnumetrolampung.Ac.Id/Index.Php/Srikandi/Article/View/2963

Supranto APU. (2017). Buku Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Untuk menaikkan bangsa pasar. Jl.Supranto M.A, 1-298

Tjiptono & Chandra, G. 2016. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Waluyo & Crosby Lethimen. (2020). good governce dalam perspektif kualitas pelayanan

Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal EMT KITA, 6(2), 324-333. https://doi.org/10.35870/emt.v6i2.674

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Tampubolon, H., & Novitasari, E. (2025). PERAN PERILAKU KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(1). https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16336

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)