PERAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PADA HUBUNGAN CITRA MEREK DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH STUDI PADA PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v9i1.16475Abstract
Persaingan kompetitif pada perguruan tinggi swasta menuntut untuk perguruan tinggi memiliki nilai keunggulan yang bagi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji citra merek dan fasilitas mempengaruhi keputusan pemilihan perguruan tinggi dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model -Partial Least Square (PLS-SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah alumni mahasiswa LP3I Lampung sebanyak 535 dariangkatan tahun 2014 sampai dengan tahun 2022, dengan mengambil sampel sebanyak 229 responden. Hasil Penelitian ini menunjukan hasil bahwa Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih. Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih perguruan tinggi dansecara tidak langsung Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Memilih perguruan tinggi.
Â
Kata Kunci : Citra Merek, Fasilitas, Keputusan Memilih, Dan Kepuasan KonsumenReferences
Abadi, S., Jatiningrum, C., Hasan, S, Riki. (2024). Integrating analysis of quality management of higher education: analytical hierarchy process and multiple regression linear. Tech-E, 5 (2)150-161. https://doi.org/10.31253/te.v5i2.1114
Aisyah, S. N. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadapKeputusan Pembelian Maskara Maybelline. 16–87.
Alfarizi, A., Alie, J., & Yustini, T. (2022). Pengaruh Citra Merek, Lokasi Kampus dan Dukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang. Universitas Indo Global Mandiri Palembang
Andi. Zeithaml, Bitner, dan Gremler. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm.
Anung P. (2012). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Intervening (Studi pada mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta )
Ayuniah, P. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal IEkonomi Bisnis, 22(3), 208–219.
Azwar, Saifudin. 1986. Validitas dan Reliabilitas. Jakarta: Rineka Cipta
Bastian, D. A. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.
Damayanti, C., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Management Analysis Journal Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal 4(3). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj
Denpasar, F. (n.d.). Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap.Hubungan Antar Variabelâ€. Dalam Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (ed.). Metode Penelitian Survei. Edisi Revisi. Cetakan ke-19. Jakarta: Pustaka LP3ES (hal. 122- 146 )
Desi Iriana Lubis,Rahmat Hidayat (2017). Pengaruh Citra Merek dan harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan
FAJRI, M. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Politeknik Lembaga Pendidikan Dan Pengembangan Profesi 1–13. http://eprints.unm.ac.id/22463/
Ghozali, Imam. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Gumanti, T A, Prihandini S R, & Utami, E, S. (2014). Determinan-diterminan Manajemen Laba pada Penawaran Saham Perdana Kasus pada PerusahaanSektor Aneka Industri. Jurnal Siasat Bisnis, 18(2), 225237
Hamid. A. (2007). Teori Belajar dana Pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta. Abadi.
Heriyanto (2017) Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Budha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.
Jamal, H., Alfarizi, A., Alie, J., & Yustini, T. (2022). JURNAL MANAJEMENBISNIS
KEWIRAUSAHAAN Pengaruh Brand Image, Lokasi Kampus danDukungan Fasilitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Palembang. 1(2).
Jaya, I., Jatiningrum, C., Kristina, M. (2024). The Impact of Transformational Leadership, Self-Efficacy and Professional Competence on Lecturer Performance: Evidence at Private University Jurnal Education and Development, 12(2), 393-400, May 2024.
Juliana, J., & Johan, J. (2020). Pengaruh brand image dan brand trust sebagai variabel intervening dalam memilih universitas. Journal of Business and Banking, 9(2), 229. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1978
Kadek Aristayasa, K. I., Wayan Eka Mitariani, N., Putu Cempaka Dharmadewi Atmaja, N. (2020). Pengaruh Presepsi Harga dan Bramd Image Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati
Kristianus, Y., Program, B. M., Manajemen, S., Carolinda, M. H., Mea, D., & Program, D. (2020). Reputasi Universitas, Biaya Kuliah, Fasilitas Perkuliahan Dan Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Manajemen Universitas Flores: Studi Pada Mahasiswa Program Studi (Vol. 20).
Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Lee, Monle & Carla Johnson. 2007. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Maghfiroh, A., Zainul Arifin & Sunarti (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Tahun Angkatan 2013/2014 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Pembeli Indosat). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)/Vol. 40 No. 1 November 2016.
Mardiyani, Y., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Melalui Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening Pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal 4(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php
Maimun, A., Tinneke M. Tumbel, & Johny A. F. K. (2020). Pengaruh citra merek terhadap minat beli produk oriflame di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis 10(1).
Murti, T. K. (2019). Pengaruh Brand Image, Promosi dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 102.
https://doi.org/10.33603/ejpe.v7i2.1969
Ningsih, D. (n.d.). (2022). Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. In Jurnal Pemasaran Kompetitif 3, (1). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK
Sarwono, Jonathan dan Umi Narinawati. 2015. “Structural, Equation Modeling (SEM) Cetakan ke-2. Jakarta: Salemba Empat.
Samekto, A., Suroso, I., & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Service Quality,Customer Value, Citra Perusahaan Dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Experiential Marketing Sebagai Variabel InterveningPada Pt Asuransi Jasindo Kantor Cabang Jember. 601–628.
Singarimbun, Peter Hagul dan Chris Manning. (2008). Penentuan Variabel dan Hubungan Antar Variabel. Dalam Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi (Metode Penelitian Survei). Edisi Revisi. Cetakan ke-19. Jakarta: Pustaka LP3ES, 1989. (hal. 122-146).
Siswanto, S., & Pawenang, S. (2021). Analisis Keputusan Peserta Didik Memilih Pendidikan Vokasi Di Lp3i Ngawi. Jurnal Kahuripan. http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/Ekuivalensi/article/view/434 Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Kepada Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah Di Politeknik LP3I Bandung).
Sanosra, N. & Sugroho., A. S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Universitas Muhammdiyah Jember. 14(1).
Supangkat, H. A., & Supriyatin. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di Intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 6(9), 1-19.
Sugianto, L. O., & Hartono, S. (2018). Model Peningkatan Citra Institusi Terhadap Loyalitas Mahasiswa Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. In Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan (JSMK) (Vol. 2, Issue 1). http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jsmk
Suwardi. (2011). Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan KualitasPelayanan.
Politeknik Negeri Semarang.
Sitinjak, Tumpal J. R. & Sugiarto. (2006). LISREL. Yogyakarta: Graha Ilmu. Solehati, A., Tjiptono, 2007. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Pubishing.
Walizer, Michael. 1987. Metode dan Analisis Penelitian. Jakarta: Erlangga Waluyo, Minto. Dr. 2016. Mudah Cepat Tepat Penggunaan Amos Dalam Aplikasi (SEM). Jawa Timur: UPN Veteran.
Winarno. (2015). Analisis Ekonometrika dan Statistik dengan Eviews. Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP SKIM YKPN.
Wulandari, S. A., Amrin Fauzi,Nurbaity, A. (2019) , Pengaruh Citra Merek Harga dan fasilitasTerhadap keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Polikteknik LP3I Medan Kampus Medan baru
Zulganef. (2006). Pemodelan Persamaan Struktural & Aplikasinya Menggunakan Amos 5. Bandung: Pustaka.