STRATEGI MARKETING MIX DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v9i4.17993Abstract
Strategi pemasaran pada Geprek SBM Karangawen yang belum sepenuhnya diterapkan dilihat dari adanya pencapaian penjualan yang setiap bulan masih mengalami fluktuatif. Disamping tingginya tujuan pemasaran yang optimal, maka hambatan untuk mencapai startegi pemasaran tersebut tersebut semakin tinggi, maka pelaku usaha Geprek SBM Karangawen mengukur penerapan strategi dengan menggunakan marketing mix 7P, melihat belum maksimalya dalam pencapaian penjualan setiap bulanya. Faktor yang dapat menyebabkan masih adanya penurunan atau fluktuatif pada pencapaian penjualan dapat dipengaruhi oleh startegi pemasaran yaitu produck, price, place, promotion, people, process, serta , physical evidence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi marketing mix 7p, untuk menganalisis kendala dan solusi dalam penerapan serta implementasi strategi mix 7 P Dalam upaya meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan startegi bisnis melalui startegi marketing Mix 7P. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif merupakan cara yang dilakukan oleh peneliti dalam memahami, menggali, dan mengungkap fenomena tertentu dari responden yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan pada pemilik usaha Geprek SBM, pelanggan serta karyawan. Hasil penelitian ini dapat menganalisis strategi marketing mix 7P, kendala dan solusi yang dihadapi serta implementasi startegi marketing mix pada Geprek SBM Karangawen.
Kata Kunci : Strategi, Marketing Mix 7P, Penjualan.