Pengaruh Ekonomi Kreator Digital terhadap Pendapatan Generasi Z di Perkotaan: Studi di TikTok dan YouTube Indonesia

Authors

  • Retnoning Ambarwati STIE Wijaya Mulya Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.17999

Abstract

Pertumbuhan ekonomi digital mendorong munculnya ekonomi kreator sebagai fenomena baru yang signifikan di kalangan Generasi Z, terutama di wilayah perkotaan. TikTok dan YouTube menjadi dua platform utama yang memberikan peluang besar bagi anak muda untuk memperoleh pendapatan melalui konten digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas kreator digital terhadap pendapatan Generasi Z di perkotaan Indonesia dengan fokus pada dua platform utama, TikTok dan YouTube. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Data diperoleh melalui kuesioner daring dari 60 responden kreator digital aktif yang telah melakukan monetisasi konten minimal enam bulan. Wawancara semi-terstruktur juga dilakukan untuk memperkaya data kuantitatif dengan perspektif kualitatif.

Hasil menunjukkan adanya hubungan positif antara intensitas produksi konten, jumlah pengikut, dan diversifikasi sumber monetisasi dengan tingkat pendapatan bulanan. Kreator yang aktif lebih dari satu tahun dan konsisten dalam mengunggah konten memiliki pendapatan lebih tinggi. Studi kasus memperkuat temuan ini dengan contoh konkret dari kreator sukses. Ekonomi kreator digital terbukti menjadi jalur penghidupan baru yang potensial bagi Generasi Z. Konsistensi, strategi konten, dan adaptasi terhadap platform menjadi faktor utama keberhasilan. Penelitian ini menegaskan pentingnya dukungan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan.

 

Kata Kunci: Ekonomi kreator, Generasi Z, Pendapatan digital

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Retnoning Ambarwati. (2025). Pengaruh Ekonomi Kreator Digital terhadap Pendapatan Generasi Z di Perkotaan: Studi di TikTok dan YouTube Indonesia. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(3). https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.17999

Issue

Section

Articles

Citation Check