Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Guru, dan Pelatihan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang

Authors

  • Sigit Setyo Pramono STIE GICI Depok, Indonesia
  • Abdul Ghofar STIE GICI Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.18097

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja guru, kompetensi guru, dan pelatihan guru terhadap prestasi belajar siswa di SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. Latar belakangnya adalah pentingnya peran guru dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Sampel penelitian terdiri dari 42 guru yang diambil melalui teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja guru, kompetensi guru, dan pelatihan guru masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan. Di antara ketiganya, pelatihan guru memberikan pengaruh paling besar. Temuan ini menunjukkan pentingnya penguatan motivasi, peningkatan kompetensi, dan pelatihan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan capaian belajar siswa.

Kata kunci : motivasi kerja guru; kompetensi guru; pelatihan guru; prestasi belajar siswa

Downloads

Published

2025-10-01

How to Cite

Sigit Setyo Pramono, & Abdul Ghofar. (2025). Pengaruh Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Guru, dan Pelatihan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Sekolah Dasar Hj. Isriati Baiturrahman 1 Kota Semarang. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 9(3). https://doi.org/10.29040/jie.v9i3.18097

Issue

Section

Articles

Citation Check