HUBUNGAN KOMUNIKASI PERAWAT DALAM PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS COLOMADU 1 KABUPATEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.6757Abstract
References
Aswad, S., Mulyadi, N., & Lolong, J. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. Jurnal Keperawatan, 3(2).
Effendy, O. U. (2009). Dinamika Komunikasi, Cetakan Ketujuh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Hidayat, N., & Ati, Y. I. (2019). Hubungan Tingkat Adaptasi Dengan Kecemasan Pasien Kemoterapi Di Ruang Kemoterapi Rsud Panembahan Senopati Bantul Yogyakarta. MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia), 8(1).
Imbalo S, P. (2007). Mutu Pelayanan Keperawatan. Jakarta: EGC.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Kurniati, A., & Efendi, F. (2012). Kajian sumber daya manusia kesehatan di Indonesia. Ferry Efendi.
Lestari, T. R. P. (2017). Analisis Ketersediaan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kota Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2014. Kajian, 21(1), 75–88.
Linda Zainatunningtias, L. (2022). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Renbut 4.0 Terhadap Perencanaan Kebutuhan Tenaga Kesehatan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Colomadu Ii Karanganyar. Universitas Kusuma Husada Surakarta.
MAPA, A. R. (2009). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Perawat dengan Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mirnawati, M. (2013). Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Cempaka RSUD AW Sjahranie Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4).
Mukin, F. A., & Wida, A. S. W. D. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pertolongan Pertama Di Unit Gawat Darurat Di Rsud Dr. Tc. Hillers. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 7(1).
Mundakir, K. K. (2006). Aplikasi dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pratiwi, P. P., & Suryani, M. (2013). Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Lama Kerja Dengan Kelengkapan Pengisian Dokumentasi Pengkajian Asuhan Keperawatan Di Rsud Tugurejo Semarang. Karya Ilmiah.
Ramadhan, F., Muhafidin, D., & Miradhia, D. (2021). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Ibun Kabupaten Bandung. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 12(2), 58–63.
Risky, S. (2016). 4. Hubungan Komunikasi dan Kepastian Waktu dengan Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan di Wilayah Kerja Puskesmas Nambo Tahun 2016. Jurnal Gizi Ilmiah, 2(1), 33–43.
Rizal, A., & Jalpi, A. (2018). Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin. AL-ULUM: JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 4(1), 1–6.
Suharmiati, S., Handayani, L., & Nantabah, Z. K. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi di Rumah Sakit Pemerintah. Studi di 5 Provinsi Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 23(2), 126–134.
Trimurthy, I. G. A. (2008). Analisis hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan Puskesmas Pandanaran Kota Semarang. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Trisnantoro, L. (2018). Memahami penggunaan ilmu ekonomi dalam manajemen rumah sakit. UGM press.
Winarsih, A. S., & Ratminto (2006) Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.