INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.7066Abstract
References
Adi Mestawaty, M. R. J. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(10), 115–125
Ahmad Amin. (1995). Etika (Ilmu Akhlak). Terj. oleh Farid Ma’ruf. Jakarta: Bulan Bintang. Cet. VIII.
Agung Pramujiono. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter dan Pembelajaran yang Humanis. Telaga Ilmu.
Aisyah. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Kencana.
Apriyansyah, D., Novianto, E., & Rahmat Hidayat. (2022). Relevansi Pendidikan Akhlak Terhadap Pengintegrasian Nilai Moral Pada Pendidikan Non Formal. 4(1), 8–15.
Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global (Cet-1). Grasindo.
Fadilah, dkk. (2021). Pendidikan Karakter. CV Agrapana.
Frye, Mike at all. (Ed.). (2002). Character Education: Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the Student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public Schools of North Carolina.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
Hidayat, R. (2019). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji). Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 3(2), 1. https://doi.org/10.31958/jsk.v3i2.1692
Masnur Muslich, I. G. N. O. (2010). Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi. Bumi Aksara.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mulyasa. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.
Pusat Kurikulum Kemdiknas. (2009). Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.
Rahmad Ruhyana Witarsa. (2021). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Yrama Widya.
Siti Nur Aidah. (2020). Pembelajaran Pendidikan Karakter. KBM Indonesia.
Slamet, S. . (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. LPP UNS dan UPT.
Sugianto, S. (2018). Manajemen Stres Dalam Perspektif Tasawuf. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 154. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3086
Syaifudin, M. S. I. (2021). Waris Lotre Masyarakat Muslim Desa Tunglur Perspektif Konstruksi Sosial. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, 1(1), 88–104. https://doi.org/10.51675/jaksya.v1i1.143
Syaiful Sagala. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta.
Syarif, I., & Rahmat, R. (2018). Penerapan Model Brain-Based Learning Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas Ii Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 87–90. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.13
Utama, E. P. (2018). Kontribusi Psikologi Orangtua Murid Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam: Studi Analisis Layanan Sdit Baitul Jannah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 8(1), 126. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3084
Utama, E. P., Ayu, N., Sari, P., Habibah, Y., sugianto, & Hidayat, R. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Transformasi Pendidikan Berorientasi Kewirausahaan pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Provinsi Lampung. 4(2), 2491–2500.
Winarto. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Bumi Aksara.
Yunus Abidin. (2012). Pembelajran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Zainuddin. (2008). Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..