PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR POS CABANG BALIGE

Authors

  • Arifyn Damanik Fakultas Ekonomi UNIVA Medan, Indonesia
  • Amir Makhmud Zain Fakultas Ekonomi UNIVA Medan, Indonesia
  • Siti Wardah Pratidina Fakultas Ekonomi UNIVA Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah pelayanan mulai dari bukti langsung, keandalan, daya tanggap jaminan dan empati baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Pos Cabang Balige dan seberapa besar pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 1,221 + 0,331 X1 + 0,116 X2 + 0.012 X3 + 0,315 X4 + 0,147 X5 + e. Secara parsial, variabel bukti langsung (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,582 > 2,008). Variabel keandalan (X¬2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung < t tabel (1,255 < 2,008). Variabel daya tanggap (X3) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung < t tabel (0,122 < 2,008). Variabel jaminan (X¬4) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,401 > 2,008). Variabel empati (X¬5) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat, terbukti dari nilai t hitung < t tabel (1,902 < 2,008). Secara simultan, variabel bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (41,896 > 2,40). Variabel bukti langsung (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan masyarakat sebesar 78,8% sedangkan sisanya sebesar 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa melihat kurang tingginya nilai keandalan dan daya tanggap pegawai dalam hal memberikan kepuasan kepada masyarakat sekitar, maka sebaiknya pihak manajemen lebih memperhatikan dan meningkatkan pelayanan agar pegawai dapat diandalkan. Diharapkan ada penelitian yang mendalam di masa yang akan datang yang dilakukan peneliti-peneliti lainnya mengenai variabel pelayanan dan kepuasan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat

References

Aditya Ibnu Topan. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat (Studi Pada e-parking Pasar Tengah Bandar Lampung). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Lampung.

Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Cetakan ke X. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri Syaiful. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS. Edisi I. Yogyakarta: CV. Andi Offset.Duwi Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Delly Indriani, dkk. 2017. Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Studi Kasus Izin Produksi Pangan Industri Rumah Tangga di Kantor Badan Penanaman Modal Kota Batu. Jurnal. FISIP. Universitas Tribhuwana Tuggadewi.

Duwi Priyatno. 2008. 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Guspul Ahmad. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Kospin Jasa Cabang Wonosobo. Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo. Wonosobo.

Husein Umar, 2005, Metode Penelitian Untuk Skipsi dan Tesis Bisnis, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Ety Rochaety, dkk. 2009. Metode Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Ircham Machfoedz. 2010. Metodologi Penelitian (Kuantitatif & Kualitatif). Penerbit Fitramaya. Yogyakarta.

Ismayanti Intan. 2013. Analisis Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Dealer Nissan Cabang Pajajaran Bogor. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

I wayan Jaman Adi Putra. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Kerelasian Nasabah. Universitas Negeri Malang. Malang.

Joko Subagyo. 2007. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.

Moh. Nazir. 2014. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia. Bogor.

Mudrajad Kuncoro. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Passe Longginus. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Papua Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009.

Rajab Badi’u. 2008. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Dki Syari’ah. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Zainal Mukarom dkk. 2015. Manajemen Pelayanan Publik. Cetakan ke 1 Penerbit Pustaka Setia Bandung. Bandung.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Damanik, A., Zain, A. M., & Pratidina, S. W. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA KANTOR POS CABANG BALIGE. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8303

Citation Check