PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT.PEGADAIAN

Penulis

  • Fardhoni Fardhoni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mahardika Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8306

Abstrak

Dengan adanya lembaga keuangan bank dan non-bank yang begitu pesat berkembang serta semakin ketat nya persaingan bisnis yang harus dihadapi oleh perusahaan serta dengan adanya promosi yang dilakukan oleh perusahaan, menjadikan promosi sebagai alat untuk menambah pengetahuan bagi nasabah PT.Pengadaian serta menjadikan promosi berkembang dengan secara baik, perusahaan dituntut untuk meningkatkan jumlah nasabah di setiap promosi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebonserta apa saja kendala dalam kegiatan promosi pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yaitu nasabah PT.Pegadaian cabang Cirebon. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan3748K9FJD4HSAGFd dokumentasi. Serta metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y=3,579 + 0,257X, dapat disimpulkan bahwa promosi memliki pengaruh positif terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Hasil uji t menunjukkan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penongkatan julah nasabah pada PT.Pegadaian cabang Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan diketahui dengan nialai thitung (3,860) > ttabel (1,984) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil determinan (R2) diketahui nilai koefisien determinan atau R square adalah 0,152. Hal ini bahwa kontribusi variabel promosi terhadap variabel peningkatan jumlah nasabah sebear 15,2% sedangkan sisahnya 85,7% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Promosi, Peningkatan jumlah nasabah.

Referensi

Customade, M., Dagang, M., & Indonesia, C. (2016). No Title. 6, 1–10.

FITRIA, S. (2021). Pengaruh Promosi Motivasi Dan Digitalisasi Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Upc Ajibarang. In Suryaningsi, Fitria.

Guspia Ningsih, G. N., Dayyan, M., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1), 87–110. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1297

Hafid Usman, K. R. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada toko online Lazada di Cikarang Selatan. Ilmiah Manajemen Pemasaran, 53(9), 3.

Haryani, D. S. (2019). Pengaruh Periklanan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Perumahan Griya Puspandari Asri Tanjungpinang. Jurnal Dimensi, 8(1), 54–70. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1827

Keuangan, A. (n.d.). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA PADA BANK NAGARI CABANG MUARALABUH Doni Marlius. 12–22.

Muis, R. M., & Fahmi, M. (2017). Jurnal Ilmiah Kohesi Issn : 2579-5872 Jurnal Ilmiah Kohesi Issn : 2579-5872. 1(3), 55–71.

Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan pada hotel se Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 130–144.

Ode, L. (2016). ANALISIS BAURAN PROMOSI ( PROMOTION MIX ) PRODUK MULTILINKED SYARIAH PADA ASURANSI PANIN DAI-ICHI. 2(1), 54–65.

Rianto, M. N., & Arif, A. (n.d.). Wakaf Uang dan Pengaruhnya terhadap Program Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. 2, 17–29.

Rossi Sanusi. (2009). Penelitian Replikasi (1). Wordpress. https://rossisanusi.wordpress.co

Sholihat, A., & Rumyeni. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Krema Koffie. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 5(1), 1–15.

Tugas, M., Memenuhi, D., Guna, S., Gelar, M., Ekonomi, S., & Syariah, F. (2021). Diajukan untuk Melengkapi Tugas Dan Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (SE) Fakultas Syariah dan Hukum.

Wawan, W. O. (2021). … PROSEDUR PEMBIAYAAN ARRUM HAJI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH (Studi Kasus pada Kantor Cabang Pegadaian (Persero) Syariah Veteran …. … -E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(2), 126–135.

Diterbitkan

2023-02-06

Cara Mengutip

Fardhoni, F. (2023). PENGARUH PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT.PEGADAIAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8306

Citation Check