HUBUNGAN ANTARA PRETEST DAN POSTEST DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI MTS ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN

Authors

  • Nur Asyiah Siregar Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Nikmah Royani Harahap Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Hotni Sari Harahap

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu indikator penting untuk mencapai tujuan pendidikan adalah proses evaluasi, baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran. Evaluasi dapat mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta dapat mengukur kemampuan dan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan hal tersebut, maka di dalam pembelajaran dibutuhkan guru yang tidak hanya mampu mengajar dengan baik tetapi juga mampu melakukan evaluasi dengan baik, kegiatan evaluasi sebagai bagian dari program pembelajaran perlu lebih dioptimalkan. Tes diberikan berdasarkan anggapan bahwa setiap orang atau siswa memiliki kemampuan belajar berbeda-beda. Dengan demikian guru yang berperan sebagai evaluator tidak ragu-ragu dalam melakukan kegiatan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan menggunakan studi korelasi yaitu menghubungkan antara variabel independen dengan variabel dependen, sehingga koefisien relasi menunjukkan kekuatan hubungan antara variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan anggota sampel populasi dilakukan dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Teknik pengumuplan data menggunakan teknik, observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan, analisis data dilakukan dengan menggunakan persamaan regresi Y = a + bX sebagai alat untuk menyimpulkan penelitian maka masih harus diuji signifikansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pretest dan postest denganhasil belajar siswa dengan dibuktikan perhitungan dari variabel tersebut didapat r = 0,215 dan bernilai positif sebesar 0,6963 sehingga ada pengaruh pemberian pre- test dan post- test terhadap hasil belajar. Hal ini berarti, meningkatnya hasil belajar aqidah akhlak dipengaruhi oleh pemberian pre tes dan post tes. Besarnya pengaruh ditentukan oleh koefisien determinasi r2= 0,429 atau sebesar 42,9%. Hasil ini menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar sebesar 42,9%. Dengan taraf signifikansi 5% dengan n = 41, rtabel = 3,28 sedangkan rhitung = 42,9. Jika rhitung > rtabel maka 42,9 > 0,320. Kata kunci : Pretest, Postest, Hasil Belajar

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Purwanto, Ngalim. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Subagyo, P. Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya,2006

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosdakarya. 2011

Sudjono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada 2001

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta, 2009

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2012

Syaiful Sagala. Kemampuan Professional Guru Dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009

Syamsia, Sitti. 2004. Skripsi: Pengaruh Pemberian Tes Pada setiap akhir Pertemuan terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas II SMU Negeri 1 Makassar.

Undang- Undang Guru dan Dosen,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Zainal, Arifin. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Siregar, N. A., Harahap, N. R., & Harahap, H. S. (2023). HUBUNGAN ANTARA PRETEST DAN POSTEST DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B DI MTS ALWASHLIYAH PANTAI CERMIN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8307

Citation Check