ANALISIS SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING)

Authors

  • Fuad Fuad Universitas Alwashliyah, Indonesia
  • Siska Yulianita Lubis Universitas Alwashliyah, Indonesia
  • Faisal Azahari Baldan Panjaitan Universitas Alwashliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8317

Abstract

Sistem Pemasaran Sayuran Hidroponik Dalam Rangka Pemanfaatan Lahan Pekarangan Pertanian Kota (URBAN FARMING) (Studi Kasus : di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara). Dibawah bimbingan bapak Ir Ir.A.Effendi Lubis. MMA sebagai ketua pembimbing dan Ibu TinaH.Masitah,SP.,M.Si sebagai Anggota Pembimbing.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana saluran dan strategi yang tepat dalam memasarkan Sayuran Hidroponik jln. Bromo Kota Medan di Syifa Hidroponik.Pendekatan Penelitain ini dilakukan dengan metode pengumpulan data responden. Sampel dalam penelitian ini adalah di di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data pada perumusan maslah digunakan analisis SWOT. Model yang digunakan dalam tahapan pengumpulan data ini adalah Matrik faktor strategi internal dan Matrik faktor Eksternal. Hasil identifikasi faktor faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan, ranting dan pembobotan dipindahkan ke tabel matrik IFAS untuk diberi Scorsing: ranting x bobot.Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran dan minat akan sayuran hidroponik di daerah penelitian yaitu menggunakan strategi SO, Meningkatkan kualitas sayuran hidroponik,Meningkatkan kerjasama petani penangkar, Memperluas wilayah pemasaran. kata kunci : Sistem Pemasaran, Hidroponik, Lahan Pekarangan

References

Daniel Mohar , Pengantar Ekonomi Pertanian, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004

Dwi Hastuti Dan Rahim, Ekonomika Pertanian (Pengantar,teori dan kasus), Jakarta: Penebar Swadaya, 2007

Gregory Mankiw N, Teori Makro Ekonomi, Jakarta: Erlangga, 2003

Hernanto Fadholi , Ilmu Usahatani, Jakarta: PT.Penebar Swadaya, 2011

Hadisaputro, Pengantar Ekonomi Pertanian, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2010

Mubyarto, Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3S, 2015.

Prasetya, Handout Ilmu Usahatani, Surakarta: Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, 2014

Putong Iskandar, Economics Pengantar Mikro dan Makro, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2010

Riyanto B, Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan, Yogyakarta :BPFE, 2001

Rahim Abd, dkk, Ekonomika Pertanian, Jakarta : Pebar Swadaya, 2007

Ridwan M, dkk, Pengantar Mikro dan Makro Islam, Bandung: Ciptapustaka Media bekerja sama dengan Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN- SU Medan, 2013

Rosyidi Suherman , pengantar teori ekonomi pendekatan kepada teori ekonomi mikro dan makro, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002

Resito Herman , Pengantar Metodologi Penelitian Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1992

Syafrizal Helsi Syafrizal,dkk, Analisis Data, Medan: Usu Press, 2012

Supranto J, Ekonometri, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2004

Sugiyono, Metode Peneltian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2008

Sudarman Ari, Teori Ekonomi Mikro Yogyakarta: BPFE, 2001

Suratiyah Ken , Ilmu Usahatani, Jakarta: Penebar Swadaya, 2006

Sukirno Sadono , Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2003

Setyono Agus,dkk, Padi, (Jakarta: PT. Penebar Swadaya, 2003), h. 20.

Soekartawi, Analisis Usahatani, Jakarta: Universitas Indonesia, 2002

Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Jakarta: Rajawali Pers, 2005.

Agribisnis Teori dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Fuad, F., Lubis, S. Y., & Baldan Panjaitan, F. A. (2023). ANALISIS SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(1). https://doi.org/10.29040/jie.v7i1.8317

Citation Check