Intensi Berwirausaha Ditinjau dari Orientasi Kewirausahaan dan Literasi Keuangan Pada Siswa SMA

Authors

  • Novita Sariling Ling Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia
  • Jimmy Ellya Kurniawan Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8980

Abstract

Kewirausahaan merupakan aspek penting yang mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini menimbulkan perhatian pemerintah untuk meningkatkan jiwa wirausaha di kalangan masyarakat khususnya generasi muda. Orientasi kewirausahaan dapat membantu siswa mengembangkan potensi diri terkait dengan kewirausahaan. Literasi keuangan dapat meningkatkan niat berwirausaha dengan mampu mengelola keuangan secara bijak. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yang bertujuan untuk melihat pengaruh orientasi kewirausahaan dan literasi keuangan terhadap intensi berwirausaha pada siswa SMA. Skala Intensi Berwirausaha, Skala Orientasi Wirausaha dan Skala Literasi Keuangan digunakan dalam penelitian ini dengan 114 siswa SMA sebagai subjek yang diperoleh dengan metode convenience sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan hipotesis yang diterima menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan literasi keuangan secara bersama-sama mempengaruhi intensi berwirausaha sebesar 19,1%. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi kepada individu dan organisasi pendidikan tentang bagaimana meningkatkan orientasi kewirausahaan individu dan literasi keuangan sehingga memiliki intensi berwirausaha yang lebih tinggi lagi.

Author Biographies

Novita Sariling Ling, Universitas Ciputra Surabaya

Psikologi

Jimmy Ellya Kurniawan, Universitas Ciputra Surabaya

Psikologi

References

Adnyana, I. G. L. A., & Purnami, N. M. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, self efficacy dan locus of control pada niat berwirausaha. 5(2), 1160–1188.

Amagir, A., Groot, W., Brink, H. M. V. D, & Wilschut, A. (2020). Financial literacy of high school students in the Netherlands: knowledge, attitudes, self-efficacy, and behavior. International Review of Economics Education, 34. doi: 10.1016/j.iree.2020.100185

Anggadwita, G., Ramadhanti, N., & Astri, G. (2021). The effect of social perception and entrepreneurship orientation. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(3), 269–280.

Asandimitra, N., & Kautsar, A. (2019). The influence of financial information, financial self efficacy, and emotional intelligence to financial management behavior of female lecturer. Humanities & Social Sciences Reviews, 7(6), 1112–1124.

Azwar, S. 2016. Penyususunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Chandra, P. E., 2001. Menjadi entrepreneur sukses. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Cooper, R.K. & Sawaf, A. 2000. Excecutive eq: kecerdasan emosional dalam kepemimpinan organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Dana, D. A. E. (2022). Pengaruh kepribadian, demografi, sosioekonomi, lingkungan teknologi serta literasi keuangan terhadap minat berwirausaha mahasiswa manajemen universitas muhammadiyah Yogyakarta.

Devi, A. (2017). Peran orientasi kewirausahaan sebagai mediasi antara pendidikan dan minat berwirausaha pada mahasiswa. Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), 108–130. doi: 10.31332/lifalah.v2i2.657

Dewi, E. R. S., Prasetyo, & Artharina, F. P. (2010). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi kewirausahaan untuk peningkatan berpikir kreatif, minat berwirausaha dan hasil belajar siswa. Jurnal Kreano, 4(1), 1–12.

Duli, N. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif: beberapa konsep dasar untuk penulisan skripsi & analisa data dengan SPSS. Grup Penerbit CV BUDI UTAMA.

Elert, N., Andersson, F. W., & Wennberg, K. (2015). The impact of entrepreneurship education in high school on long-term entrepreneurial performance. Journal of Economic Behavior and Organization, 111, 209–223. doi: 10.1016/j.jebo.2014.12.020

Farsiah, L. S. (2019). Peranan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa SMA swasta budi agung medan marelan. doi: .1037//0033-2909.I26.1.78

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior. In Contemporary Sociology (Vol. 6). MA: Addison-Wesley. doi: 10.2307/2065853

Ghozali, I. (2016) Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunawan, R. (2011). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan wirausahawan bapak Budi Sutikno pada PT. Sekar Jaya. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Herman. (2021, September 4). Rasio kewirausahaan nasional masih tertinggal di ASEAN. Diambil dari Beritasatu: https://www.beritasatu.com/ekonomi/822961/rasio-kewirausahaan-nasional-masih-tertinggal-di-asean

Hove, T. M., & Goliath, J. (2014). Factors influencing student intentions towards a career in financial planning: an exploratory study. 8th International Business Conference, Namibia, 29, 18–35.

Ifham, A., & Helmi, A. F. (2002). Hubungan kecerdasan emosi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, (2), 89–111.

Indriyani, L., & Margunani, M. (2018). Pengaruh kepribadian, pendidikan kewirausahaan, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 848–862. doi: 10.15294/eeaj.v7i3.28315

Italiani, L., Meiriana, M. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh kemampuan, keberanian, keteguhan hati dan kreativitas terhadap kesuksesan wirausahawan di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 656–666.

Katz, J., & Gartner, W. B. (1998). Properties of emerging organizations. The Academy of Management Review, 13(3), 429–441. doi: 10.5465/amr.1988.4306967

Katz, M. (2011). Multivariable analysis: a practical guide for clinicians and public health cesearchers (3rd Edition). Cambridge: The United Kingdom at the University Press.

Kemenperin. (2018, November 23). Indonesia butuh 4 juta wirausaha baru untuk menjadi negara maju. Diambil dari Kementrian Perindustrian Republik Indonesia: https://www.kemenperin.go.id/artikel/19926/Indonesia-butuh-4-juta-wirausaha-baru-untuk-menjadi-negara-maju#:~:text=Misalnya%2C%20Singapura%20saat%20ini%20sudah,mencapai%208%2C06%20juta%20jiwa

Kurniawan, J. E., Lanang Sanjaya, E., & Virlia, S. (2021). Confirmatory factor analysis and norming of the high school student’s entrepreneurial orientation scale. In An Interdisciplinary Journal, 58(2), 17-26. https://doi.org/10.17762/pae.v58i2.1052

Kurniawan, J. E., Setiawan, J. L., Sanjaya, E. L., Wardhani, F. P. I., Virlia, S., Dewi, K., & Kasim, A. (2019). Developing a measurement instrument for high school students’ entrepreneurial orientation. Cogent Education, 6(1), 1-12. doi: 10.1080/2331186X.2018.1564423

Linan, F., & Chen, Y. W. (2009). Development and cross-cultural application of a specific instrument to measure entrepreneurial intentions. Bylor University, 3(33), 593–617.

Lumpkin, G., & Dess, G. (1996). Clarifying the entrepreneurial orientation construct and linking it to performance. Academy of Management Review, 21(1), 135–172.

Mardiah, W., Yuniarsih, T., & Wibowo, L. A. (2023). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan orientasi kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Oikos: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi, 7(1), 153–163. doi: 10.23969/oikos.v7i1.5930

Martin, O. A. (2005). Emotional quality management: refleksi, revisi, dan revitalisasi hidup melalui kekuatan emosi (3rd). Jakarta: HR Excellency.

Mulyani, E. (2014). Pengembangan model pembelajaan berbasis projek pendidikan kewirausahaan untuk meningkatkan sikap, minat, perilaku wirausaha, dan prestasi belajar siswa SMK. Cakrawala Pendidikan, XXXIII/no., 50–61.

Nabilah, F. (2022). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan, ekspektasi pendapatan, lingkungan keluarga, pemanfaatan e-commerce dan literasi keuangan terhadap minat berwirausaha mahasiswa (studi kasus pada mahasiswa program studi akuntansi universitas pembangunan nasional "vetera.

OECD. (2018). OECD/INFE toolkit for measuring financial literacy and financial inclusion. In Oecd. Diambil dari https://www.oecd.org/financial/education/2018-INFE-FinLit-Measurement-Toolkit.pdf

Paço, A. D., Ferreira, J., Raposo, M., Rodrigues, R. G., & Dinis, A. (2011). Entrepreneurial intention among secondary students: Findings from Portugal. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 13(1), 92–106. doi: 10.1504/IJESB.2011.040418

Potrich, A. C. G., Vieira, K. M., & Paraboni, A. L. (2020). Youth financial literacy scale: proposition and validation of measure.

Prabawati, S. (2019). Pengaruh efikasi diri, pendidikan kewirausahaan, literasi keuangan, dan literasi digital terhadap perilaku berwirausaha siswa smk negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(01), 64–76.

Putra. (2021, April 17). Jumlah wirausaha indonesia jauh di bawah malaysia dan thailand. Diambil kembali dari Merdeka: Jumlah Wirausaha Indonesia Jauh di Bawah Malaysia dan Thailand

Renol, S., & Idriayu, M. (2017) Literasi keuangan pada siswa menengah atas (sma): sebuah pemikiran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, Bisnis dan Keuangan, 3(1), 1-9

Saw, G. K., & Schneider, B. (2012). Tracing entrepreneurship orientation in adolescence to business ownership. International Journal of Developmental Sciences, 6(3–4), 151–165. doi: 10.3233/DEV-2012-12110

Singhry, H., & Bogoro, P. (2016). Financial literacy and entrepreneurial intention of generation “y†graduates: an analysis based on the theory of planned behavior. Journal of Management Science Research, 2(1), 351–366.

Suarmawan, K. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mikro dan kecil (studi pada usaha kerajinan ingka di desa Bulian, Kec. Kubutambahan). Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 2.

Tanjung, Y. F, Kadiyono, A. L. (2019). Gambaran orientasi kewirausahaan siswa SMA ditinjau dari variabel demografi. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 184–192. doi: 10.15294/intuisi.v11i3.22149

Wardani, D., & Woli, S. (2021). Pengaruh budaya bisnis masyarakat, literasi keuangan, self efficacy, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha masyarakat di kota yogyakarta. Jurnal Akuntansi, 9(1), 1–14. doi: 10.26460/ja.v9i1.2192

Wijaya, T. (2007). Hubungan adversity intelligence dengan intensi berwirausaha (studi empiris pada siswa SMKN 7 Yogyakarta). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 117–127. Diambil dari http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/16784

Downloads

Additional Files

Published

2023-05-17

How to Cite

Ling, N. S., & Kurniawan, J. E. (2023). Intensi Berwirausaha Ditinjau dari Orientasi Kewirausahaan dan Literasi Keuangan Pada Siswa SMA. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.8980

Issue

Section

Articles

Citation Check