ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MINYAK KELAPA SAWIT (Studi kasus PT Perkebunan Nusantara IV Medan)

Authors

  • Melati Melati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sri Ramadhani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9107

Abstract

Crude Palm Oil (CPO) merupakan komoditas di Indonesia yang mempunyai nilai strategis, salah satunya disebabkan minyak kelapa sawit merupakan bahan baku pembuatan minyak makan, Sementara minyak makan merupakan salah satu dari sembilan kebutuhan pokok secara global. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang tepat digunakan oleh sebuah perusahaan terhadap peningkatan penjulan minyak kelapa sawit dengan menggunakan analisis SWOT. Strategi pemasaran perusahaan pada dasarnya memperhatikan hal-hal seperti, menganalisis peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merencanakan program pemasaran, dan mengkoordinasikan upaya pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdasarkan pendekatan deskriptif dengan menggunakan dua jenis data yang primer dan data sekunder. Beberapa metode pengujian yang merupakan langkah langkah dan uji analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan matriks EFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa matriks IFAS (1,31) digunakan sebagai sumbu x (horizontal) pada diagram SWOT dan nilai hasil uji matriks EFAS (1,36) diguanakan sebagai sumbu y (vertikal) pada digram SWOT . Hasil pengaplikasian nilai hasil uji matriks IFAS dan matriks EFAS pada digram SWOT menerangkan bahwa pada daerah I diaman pada daerah itu menggambarkan bahwa faktor fakor internal perusahaan dalam keadaan kuat. Hasil analisis SWOT yang digambarkan dengan menggunakan diagram SWOT menunjukkan perusahaan perusahaan berada pada kudran I dimana hal tersebut berarti bahwa PT perkebunan Nusantara IV Medan adalah startegi agresif yaitu perusahaan harus mampu mengembangkan kekuatan yang ada dan meningkatkan serta mempertahankan peluang yang ada .

References

Aisyah, S., & Ariyanti, M. (2017). Perbandingan Antara Format Iklan Online Native Advertising Dan Online Banner Advertising Terhadap Perilaku Konsumen Pada Iklan Online. E-Proceeding of Management, 4(1), 1.

Anggraini, A., & Aslami, N. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran PT Allianz Life Indonesia Dalam Pengambilan Keputusan Nasabah. Jurnal VISA, 1(2).

Ferdiansyah, M., &Hidayat, S. (2020). Membangun Aplikasi Pemasaran Produk Untuk Meningkatkan Potensi Daerah Pada Kecamatan Negerikaton Kabupaten Pesawaran. Jurnal Online Mahasiswa Sistem Informasi dan Akuntansi, 4(1).

lhamy, M. L. (2018). Strategi Pemberdayaan UMKM Sektor Peternakan Ayam Organik ( Studi Pada Koperasi HidaSyah Sumatera Utara ). Human Falah, 5(2), 293–312.

Nurbaiti, dkk. (2021). Revolusi industry 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Pengasaan Bisnis dan Implementasinya. Jurnal JPSB, 9(2).

Simanjuntak, S. B., 2005. Manajemen Manajerial Agribisnis. Fakultas Pertanian USU. Medan.

Soehardjo, H. dkk, 1998. Kelapa Sawit, Vademecum Bidang Tanaman. PT Perkebunan Nusantara IV Medan.

Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran, Analisa, Perencanaan dan Implementasi. Jakarta : Salemba Empat.

Ahmad Zikri, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Dapiah, D., Nurhayati, N., & Khumaeroh, S. (2020). Strategi Marketing Syari’ah Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Jasmine Home Spa Khusus Wanita Cabang Cirebon. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 9.

Firdaus, N., Nuruddin, A., & Hasmawati, F. (2019). Analisis Problematika Manajemen Investasi Wakaf Uang Pada Lembaga Wakaf Uang Di Sumatera Barat (Studi Pendekatan Analitical Network Proccess). JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 18(2), 137.

Norenza, M. F., Rahma, T. I. F., & Nasution, M. L. I. (2021). Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. El-Amwal, 4(2), 16–33.

Syahfindra S, M., Anggraini, T., & Daim Harahap, R. (2021). Analisis Kinerja Agen Dalam Strategi, Segmentasi Dan Target Pemasaran Dalam Melakukan Penjualan Pada Pt Asuransi Umum Bumiputera Muda Medan 1967. Multiscience, 2(2), 96–106.

Sudiarti, S. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Dalam Meningkatkan Pembelian Kerajinan Anyaman Di Cv Binangkit Kabupaten Tasikmalaya. Business Innovation And Entrepreneurship Journal, 1(3), 130–140.

Nst, W., Yafiz, M., & Ramadhani, S. (2021). Dampak Bisnis Fashion Online Terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Di Pasar Petisah Medan. Jurnal Islamic Circle, 2(2), 32–46.

Sudiarti, S. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website dalam Meningkatkan Pembelian Kerajinan Anyaman di Cv Binangkit Kabupaten Tasikmalaya. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1(3), 130–140.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

Melati, M., & Ramadhani, S. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MINYAK KELAPA SAWIT (Studi kasus PT Perkebunan Nusantara IV Medan). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9107

Issue

Section

Articles

Citation Check