ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI KONSTRUKSI PADA PERDAGANGAN SOSIAL PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK

Authors

  • Dedi Iskamto
  • Thoriq Saladin

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9153

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel rekomendasi dan referral, peringkat dan ulasan, serta forum dan komunitas merupakan variabel yang membangun sebuah perdagangan sosial atau social commerce. Atau bisa disebut sebagai variabel konstruk dari perdagangan sosial atau social commerce. Dengan menggunakan Teknik purposive sampling dalam non-probability sampling, didapat sampel responden sebanyak 472 responden dengan 401 diantaranya merupakan para pengguna Tiktok dan pernah menggunakan atau setidaknya mengetahui layanan Tiktok Shop. Data dari kuesioner yang telah disebarkan kemudian diolah menggunakan metode analisis konfirmatori menggunakan aplikasi SmartPLS. Dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan menggunakan metode CFA second order, didapat hasil yang menunjukkan bahwa rekomendasi dan referral, forum dan komunitas, serta peringkat dan ulasan merupakan variabel yang membangun social commerce. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan pencerahan pada pelaku bisnis khususnya yang menggunakan fitur Tiktok Shop. Selain itu, diharapkan juga penelitian ini bisa menjadi acuan pada penelitian selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penulisan penelitian ini.

Downloads

Published

2023-08-04

How to Cite

Iskamto, D., & Saladin, T. (2023). ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI KONSTRUKSI PADA PERDAGANGAN SOSIAL PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9153

Issue

Section

Articles

Citation Check