PENDIDIKAN ILMU SOSIAL MODEL KRITIK MENURUT JURGEN HABERMAS (CRITICAL THEORY)

Authors

  • Mohammad Muslih Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Racha Suheib Achmad Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9988

Abstract

Ilmu sosial adalah cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan lingkungan mereka, masyarakat, dan interaksi di dalamnya. Memahami hubungan antara manusia dan ilmu-ilmu sosial diperlukan untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Karena manusia memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu-ilmu sosial. Tujuan ilmu-ilmu sosial adalah untuk menjelaskan fenomena baik kerjasama maupun konflik yang ada dalam masyarakat. Dalam hal ini, pendekatan struktural yang diambil dalam mempertimbangkan dan mengklasifikasikan berbagai domain yang terlibat dalam ilmu-ilmu sosial. Kekuatan sosial yang berperan dalam perkembangan teori sosial, Dalam sejarah perkembangannya, ilmu-ilmu sosial digambarkan sebagai bagaimana munculnya perubahan sosial di Eropa berupa revolusi industri di Inggris dan revolusi sosial di Perancis pada abad ke-19 dan ke-20 mempercepat munculnya ilmu-ilmu sosial. . menjelaskan apa Revolusi Industri bukanlah suatu peristiwa tunggal tetapi serangkaian perkembangan yang saling terkait yang menyebabkan transformasi dunia Barat dari pertanian ke sistem industri. Banyak orang meninggalkan pertanian untuk pekerjaan industri yang disediakan oleh pabrik-pabrik yang sedang tumbuh.

References

Abdul R, Amir R K, M. A. F. (2022). The Essence of ’Aql as KamÄl Al-Awwal in the view of Ibnu SÄ«nÄ and its Relation to Education. Jurnal Dialogia, 20(1), 176–205. https://doi.org/DOI: 10.21154/dialogia.v20i1.3533

Abu al-Ala al-Maududiy. (1982). Nadzariatu al-Islam as-Siyasiy. Daru al-Fikir.

Abu Hamid al-Ghazali,. (1999). Ihya’ Ulumudin. Dar al-Ma’arif.

Açikgenç, A. (2002). The emergence of scientific tradition in Islam. Dalam S. M. R. Ansari (Ed.), Science and Technology in the Islamic World (Vol. 64, hlm. 7–22). Brepols Publishers. https://doi.org/10.1484/M.DDA-EB.4.00497

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to The Metaphysics of Islam: An Exposition of The Fundamental Element of The Worldview of Islam. ISTAC.

Arroisi, J. (2018). Spiritual Healing dalam Tradisi Sufi. TSAQAFAH, 14(2), 323. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i2.2459

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Anwar, R. A. (2022). Comparative Study of Ijtihad Methods Between Ahlussunnah and Syiah. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 83. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v6i1.6837

Fadillah, N. H., Kusuma, A. R., & Rajab al-Lakhm, N. R. (2023). The Concept of Science in Islamic Tradition: Analytical Studies of Syed Naquib Al-Attas on Knowledge. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 25–62. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v7i1.8456

Hidayatullah, R. A., Mas’ud, F., Kusuma, A. R., & Hakim, U. (2023). Membangun Islamic Human Resource Development (I-HRD) di Perguruan Tinggi Berlandaskan Worldview Ekonomi Islam. 9(1), 973–986. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.8492

Ihsan, N. H., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Konsep Insan Kamil Al-Jilli Dan Tiga Elemen Sekularisme. Journal for Islamic Studies, 5(4), 18. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.323

jujun S. suriasumantri. (1999). Filsafat ilmu sebuah pengantar populer. Harper & Row Publishers.

Kubro, S., Armayanto, H., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah Kritis Konsep Tuhan Dalam Agama Baha'i: Sebuah Tren Baru Pluralisme Agama. 18(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.14421/rejusta.2022.1802-06

Kusuma, A. R. (2021). Problem konsep komunikasi barat (Upaya Integrasi dan Islamisasi Ilmu Komunikasi). Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 162. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i2.3622

Kusuma, A. R. (2023a). Psikologi Islam, Membaca Anatomi Pemikiran Konsep Psikologi Syed Muhammad Naquib al-Attas. Gaza Library Publishing.

Kusuma, A. R. (2023b). Tawaran sains modern menurut mehdi golshani 5.

Kusuma, A. R., & Muslih, M. (2023). Problem Ekonomi Secular dan Respon Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam Pandangan Islam. 9(1), 963–972. https://doi.org/DOI : 10.29040/jiei.v9i1.8369

Latief, M., Ash-Shufi, C. G. F., Kusuma, A. R., & Fadhlil, F. D. (t.t.). Framework Richard Walzer Terhadap Filsafat Islam Dalam Bukunya; Greek Into Arabic Essay On Islamic Philosophy. 7(1), 14. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v7i1.12095

Latief, M., Rizqon, A., Kusuma, A. R., & Kubro, S. (2022). The Problem of Religious Freedom In the Practice of Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 22(1), 95–110. https://doi.org/10.24042/ajsk.v22i1.12274

M. Sayyid Qutb. (t.t.). Muqawwamât al-Tasawwur al-Islâmî. Dâr al-Shurûq.

Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. TSAQAFAH, 12(2). https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i2.756

Muslih, M. (2020). Filsafat Ilmu Imre Lakatos dan Metodologi Pengembangan Sains Islam. Tasfiyah, 4(1), 46. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v4i1.3962

Muslih, M. K. (2018). Worldview Islam: Pembahasan tetang Konsep-Konsep Penting dalam Islam Cet.1. Unida Gontor Press.

Muslih, M., Khoerudin, F., & Kusuma, A. R. (2022). Telaah problem hadist perspektif sekular:sebuah pengantar. Journal for Islamic Studies, 5, 17. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i1.245

Muslih, M., Kusuma, A. R., Hadi, S., Rohman, A., & Syahidu, A. (2021). Statum agama dalam sejarah sains islam dan modern 6, 17. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1845

Muslih, M., Rahman, R. A., Kusuma, A. R., Rohman, A., & Suntoro, A. F. (2021). Mengurai Disrupsi Paham Keislaman Indonesia Dalam Perspektif Tipologi Epistimologi Abid Al- Jabiri. 6(2), 16. https://doi.org/DOI :10.15575/jaqfi.v6i2.14028

Saleh, S. Z., Rohman, A., Hidayatullah, A., & Kusuma, A. R. (2017). Ikhbar Alquran ‘An AL-Mazaya Wa Al-Khasais Fi ‘Ālam AL-Naml: DirÄsah ‘alÄ al-I’jÄz al-‘IlmÄ« fÄ« sÅ«rat an-Naml. QOF, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.30762/qof.v5i1.3583

Steve Bruce. (2002). God is Dead, Secularization in the West. Blackwell Publisher.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1963). Some Aspects of Shūfism as Understood and Practised Among the Malays. Malaysian Sociological Research Institute.

Syed Muhammad Naquib Al-Attas. (1995). The Nature of Man and the Psychology of the Human Soul.†In Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam. International Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC).

Wan Daud, W. M. N. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Mizan.

Zarkasyi, H. F. (2012). Misykat (Refleksi Tentang Westernisasi, Liberalisasi, dan Islam). INSISTS-MIUMI.

Zarkasyi, H. F. (2013). Worldview Islam dan Kapitalisme Barat. TSAQAFAH, 9(1), 15. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i1.36

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Muslih, M., & Achmad, R. S. (2023). PENDIDIKAN ILMU SOSIAL MODEL KRITIK MENURUT JURGEN HABERMAS (CRITICAL THEORY). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 7(2). https://doi.org/10.29040/jie.v7i2.9988

Issue

Section

Articles

Citation Check