PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN DAN POTENSI DAERAH MELALUI PELATIHAN AKUNTANSI DAN WIRAUSAHA DI DESA KANUNG KECAMATAN SAWAHAN KABUPATEN MADIUN

Titin Eka Ardiana, Wahna Widhianingrum, La Ode Sugianto

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membekali kemampuan dan keterampilan bagi warga pelaku usaha maupun kelompok usaha di Desa Kanung Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun agar dapat mengelola usaha/ bisnisnya dan menggunakan akuntansi dengan mudah dalam kegiatan bisnisnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Tujuan pelatihan ini khususnya adalah (1) Peserta mampu berwirausaha dan mengelola usahanya, (2) Peserta mampu menyusun laporan keuangan dan mengelola keuangan usahanya dan (3) Peserta mampu memasarkan produk dan atau jasa hasil usahanya. Pelatihan bagi wirausaha terhadap penerima pinjaman PK2 atau penerima bantuan Program Jalin Matra di Desa Kanung yaitu agar dapat menyalurkan bantuan dana pinjaman tersebut untuk kegiatan usaha dan mensejahterakan perekonomian masyarakat desa. Pelaksanaan Pelatihan Akuntansi khususnya bagi anggota BUMDesa Desa Kanung dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Adapun sistematika pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut (1) Metode Ceramah: Peserta diberikan motivasi agar memiliki kemauan untuk menggunakan akuntansi dalam kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), (2) Metode Tutorial: Peserta pelatihan diberikan materi akuntansi mulai dari pencatatan sampai dengan menyusun laporan keuangan, dan (3) Metode Diskusi: Peserta pelatihan diberikan kesempatan untuk mendiskusikan permasalahan yang berkaitan dengan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) yang selama ini dihadapi. Sedangkan pelatihan wirausaha bagi penerima pinjaman PK2 dilakukan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi tentang teknik dan strategi pemasaran yang matang. Perhatian seorang wirausahawan di dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset pemasaran yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen. Prinsip dasar pemasaran adalah menciptakan nilai bagi langganan (customer value), keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Pemahaman terhadap akuntansi, wirausaha dan pemasaran diharapkan akan membantu pengelola bantuan dan penerima bantuan Program Jalin Matra untuk mengelola sumber dana dan penggunaan secara cermat dan efisien sehingga pengelola bantuan dan penerima bantuan Program Jalin Matra dapat berkembang lebih baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa khususnya di Desa Kanung, Kabupaten Madiun.

Kata kunci : Akuntansi, Pelatihan, Pemasaran, Wirausaha

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2016. www.madiunkab.go.id

Anonim. 2016. info madiun. kondisi ekonomi kabupaten madiun.com

Bapemas Provinsi Jawa Timur. (2016) Pedoman Umum Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Surabaya.

Handoko. 2009. Statistik Kesehatan, Belajar Mudah Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan. Mitra Cendekia Press. Jakarta.

Handoko. 2009. Teori penyebab kemiskinan dan inequality. Bahan pengajaran, MPKP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.