ANALISIS TINGKAT RISIKO CIDERA PEKERJA MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) PADA BAGIAN REACHING DI UNIT WEAVING II ( Studi Kasus di PT. Dan Liris Surakarta )

Edy Joko Susilo, Hari Purnomo, Nancy Okyajati

Abstract


PT Dan Liris adalah salah satu Industri yang memproduksi kain. Dalam proses reaching pada pembuatan kain dikerjakan dengan secara manual atau tanpa menggunakan bantuan mesin. Postur kerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya selalu duduk dan membungkuk dalam waktu yang cukup lama dan berulang-ulang sehingga sering kali pekerja mengeluh karena ada bagian tubuh yang merasa sakit, yaitu di daerah leher, bahu, dan punggung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat risiko cidera pekerja dilihat dari sikap kerja atau postur kerja. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis postur tubuh adalah REBA (Rapid Entire Body Assessment). Metode analisis REBA digunakan secara cepat untuk menilai seluruh postur bagian tubuh dari leher, punggung, lengan, pergelangan tangan, dan kaki seorang pekerja. Hasil dari penelitian ini memperoleh skor REBA dengan nilai 6 setelah ditambah dengan skor aktivitas dari pekerja. Dapat disimpulkan bahwa tingkat risiko yang diperoleh pada postur kerja di bagian reaching berada dalam kategori level action 2 yaitu level risiko sedang dan perlu perbaikan untuk mengurangi risiko cidera pada operator reaching.

Kata Kunci : REBA, Postur kerja, Risiko, Weaving, Reaching.

References


Catur, Muchamad S. (2012). Perbaikan Postur Kerja Dengan Merancang Ulang Meja Printing Menggunakan Metode REBA dan Pendekatan Biomekanik (studi kasus : PT Danar Hadi Santosa). Skripsi. Surakarta : Jurursan Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret.

Hignett, Sue. Dan McAtamney Lynn. (1999). Rapid Entire Body Assessment (REBA). Jounal Applied Ergonomics 31 (2000) 201-205. Nottingham.

Kroemer K.H.E. Kroemer K.B, Kroemer K.E. (1994). Ergonomic : How to Design for Ease and Efficiency. Prentince Hall International. Inc. New Jersey.

Nurmianto, Eko. (1996). Ergonomi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.

Tarwaka, Solichul HA.B., Lilik S., (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA Press. Surakarta

Wisanggeni, Bambang. (2010). Antropometri. Diakses tanggal 07 Agustus 2020. https://bambangwisanggeni.wordpress.com/2010/03/02/antropometri/.




DOI: http://dx.doi.org/10.29040/jie.v4i02.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.