Strategi Pemasaran Online Usaha Minuman Es Campur dan Sop Buah Bhayangkara Sukabumi

Authors

  • Dita Amanah Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Novti Nurlaila Ramadhanti Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Dedy Ansari Harahap Universitas Islam Bandung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di sebuah usaha online dan offline yang berdiri sejak 2021, merupakan usaha kecil yang menjual minuman dengan nama usaha Es Campur dan Sop Buah Bhayangkara, Sukabumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ini memiliki beberapa permasalahan, seperti lebih banyak pelanggan online dibanding offline, promosi media sosial yang tidak ada, logo produk usaha yang kurang menarik dan gambar produk yang belum tersedia. Usaha ini menggunakan strategi pemasaran word of mouth, sehingga pasar yang dijangkau terbatas. Pengamatan dan melakukan survei terhadap usaha serta mewawancarai pemilik dan karyawan perusahaan tersebut merupakan salah satu cara untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini. Solusi harus dicari dikarenakan usaha ini menguntungkan dan memiliki prospek yang baik ke depan yaitu dengan menggunakan promosi penjualanan online di e-commerce seperti Shopeefood, Grabfood, Gofood dengan skema pemotongan bebas ongkos kirim, ataupun pemotongan harga lainnya. Selain itu kami membuat sebuah logo usaha dan melakukan foto produk sendiri untuk bahan promosi kepada konsumen.

Author Biographies

Dita Amanah, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bisnis

Novti Nurlaila Ramadhanti, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bisnis

Dedy Ansari Harahap, Universitas Islam Bandung

Manajemen

References

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.20473/jmtt.V11I3.%25p

Amanah, D., Harahap, D. A., Gunarto, M., & Purwanto. (2021). Merek dan Customer Delight terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris pada Amanda Brownies Setiabudhi Bandung). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 05(1), 63–79. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK ©

Agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Opak Minang Yolanda. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 4(3), 293–300. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/jurdimas.v4i3.1197

Binus.ac.id. (2019). https://binus.ac.id/bandung/2019/10/strategi-promosi-e-commerce-di-indonesia/

Fauzi, M. (2018). Re-Design Logo Usaha Kecil Menengah Pada Toko Gibran Collection Di Pulang Untung Jawa. Jurnal Abdimas, 5(1), 93–97.

Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. (2019). Penggunaan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing Pada Usaha Mikro Handycraft Di Kota Medan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 339–347.

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of Consumer Purchase Decision in SMEs. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03), 3981– 3989. www.ijstr.org

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(2), 2301–8313. https://doi.org/10.21009/JRMSI

Hasanah, H. (2016). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Dinana, H. (2022). Marketing and Advertising in the Online-to-offline (O2O) World. IGI Global. https://www.google.co.id/books/edition/Marketing_and_Advertising_in_the_Online/ASCgEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=offline+and+online+marketing&pg=PA10&printsec=frontcover

Kaihatu, T. S. (2014). Manajemen Pengemasan (Putri Christian (ed.)). Andi. https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pengemasan/hA6CCwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kemasan+produk&pg=PA34&printsec=frontcover

Klimchuk, M. R. (2012). Packaging Design : Succesful Product Branding from Concept to Shelf (2nd ed.). Wiley. https://www.google.co.id/books/edition/Packaging_Design/kbp_SBXFeBEC?hl=en&gbpv=0

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Pratiwi, M. R., & Aulia, Y. (2020). Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(2), 71–83.

Putra. K. A. D., Hidayatullah. F., Farida. N. (2020). Mediatisasi Layanan Pesan Antar Makanan Di Indonesia Melalui Aplikasi GO-FOOD. Islamic communication Journal, 5(1), 115–116

Reed, J. (2013). Get Up to Speed with Online Marketing:How to Use Websites, Blogs, Social Networking and More to Promote Your Business. Pearson Education Limited. https://www.google.co.id/books/edition/Get_Up_to_Speed_with_Online_Marketing/TQ7RAQAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=online+marketing&pg=PT18&printsec=frontcover

Viglia, G. (2014). Pricing, Online Marketing Behavior, and Analytics. Palgrave Macmillan. https://www.google.co.id/books/edition/Pricing_Online_Marketing_Behavior_and_An/97OMAwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=online+marketing&pg=PT20&printsec=frontcover

Wibisono, A. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. DJKN Kemenkeu.

Widiarti. A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di “Mas Pack†Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi FakultasEekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76

Zhang, R., Fang, L., He, X., & Wei, C. (2023). The Whole Process of E-commerce Security Management System: Design and Implementation. Springer Nature Singapore. https://www.google.co.id/books/edition/The_Whole_Process_of_E_commerce_Security/Q-irEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=promotion+in+ecommerce&pg=PA201&printsec=frontcover

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Amanah, D., Ramadhanti, N. N., & Harahap, D. A. (2023). Strategi Pemasaran Online Usaha Minuman Es Campur dan Sop Buah Bhayangkara Sukabumi. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/10399

Citation Check