PEMBINAAN TOKO GEANA SANDAL DI JALAN GEDUNG ARCA MEDAN

Fauzia Agustini, Dita Amanah, Dedy Ansari Harahap

Abstract

Toko Geana Sandal yang berada di Jalan Gedung Arca Medan mengalami kendala-kendala seperti saluran distribusi yang konvensional, kurangnya promosi, tata keuangan yang tidak efektif dan kurangnya keaamanan lingkungan. Oleh karena itu penulis melakukan pembinaan terhadap toko ini yang bertujuan agar toko Geana Sandal ini dapat meminimalisir resiko-resiko usaha. Adapun permasalahan-permasalahan yang di hadapi toko Geana Sandal adalah tidak adanya toko online, belum memiliki media online untuk memasarkan produk, belum memiliki laporan keuangan yang efektif, serta lingkungan yang tidak aman. Melalui wawancara, observasi dan studi kepustakaan maka penulis telah melakukan serangkaian kegiatan pembinaan seperti membuka toko online di perusahaan e-commerce, merekomendasi media sosial yang efektif untuk digunakan dalam berbisnis, memberikan edukasi mengenai laporan keuangan serta memberikan rekomendasi untuk penambahan CCTV pada toko Geana Sandal.

Full Text:

PDF

References

Agustini, F., Amanah, D., Harahap, D. A., Kewirausahaan, P. S., Medan, U. N., Studi, P., Bisnis, P., Indonesia, U. P., Manajemen, P. S., & Bandung, U. I. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Opak Minang Yolanda. Jurdimas Royal, 4(3), 293–300.

Ahda, A. (2018). Analisa Perbandingan Kinerja Cctv Dvr Dengan Cctv Portable Menggunakan Smartphone Android Secara Online. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi Dan Komputer, 1(2), 114–120. https://core.ac.uk/download/pdf/236419407.pdf

Aishwariya, S. (2018). Footwear as an Imperative Fashion Ensemble. International Journal of Applied Social Science, 5(7), 1116–1123. https://www.researchgate.net/publication/340384891_Footwear_as_an_Imperative_Fashion_Ensemble

Amanah, D., & Budiarta, K. (2017). Pendampingan Uppks Mekar Indah Di Desa Tanah Merah Kabupaten Serdang Bedagai Melalui Pengembangan Desain Pemasaran. Maret, 23(3), 12–2017.

Amanah, D., Simarmata, M. E. D., & Harahap, D. A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Hamper “Kasih Kamu” Bandung. Jurnal Abdimas Berdaya, 5(1), 72–79.

Andarsari, P. R., & Dura, J. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Kripik Tempe Sanan Di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59–64.

Basoeki, S., & Sari, S. M. (2014). Perancangan Interior Sneakers Addict Center di Surabaya. Jurnal Intra, 2(2), 744–747. https://media.neliti.com/media/publications/95230-ID-perancangan-interior-sneakers-addict-cen.pdf

Branthwaite, H., Chockalingam, N., Grogan, S., & Jones, M. (2012). Footwear Choices Made By Young Women and Their Potential Impact on Foot Health. Journal of Health Psychology, 18(11), 1422–1431. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23188920/

Chadhiq, U. (2007). Memahami Perilaku Konsumen Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Akses:Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(3), 59–72. https://media.neliti.com/media/publications/56999-ID-memahami-perilaku-konsumen-untuk-memenan.pdf

Faidah, Y. A., & Mahmuhdah, N. (2022). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Kasus pada Telor Asin “ HTM JAYA” di Kabupaten Brebes). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1488–1493.

Ghorbani, A. (2013). Marketing in the Cyber Era. IGI Global. https://www.google.com/search?q=media+social+promotion+pdf&rlz=1C1CHBF_enID1004ID1004&biw=1280&bih=609&tbm=bks&sxsrf=APwXEdcI6filk6A0IN8uPPBSIqgiUfXHvQ%3A1681603132636&ei=PDo7ZO3DJs6I4-EP6JarwAE&ved=0ahUKEwjt0f7qi63-AhVOxDgGHWjLChg4ChDh1QMICQ&uact=5&oq=media+social+promotion+pdf&gs_lcp=Cg1nd3Mtd2l6LWJvb2tzEAM6BQgAEKIEUABYqSZgui1oAHAAeACAAVOIAcYHkgECMTOYAQCgAQHAAQE&sclient=gws-wiz-books

Goundar, S. (2012). Research Methodology and Research Method. In Cloud Computing. https://www.researchgate.net/publication/333015026_Chapter_3_-_Research_Methodology_and_Research_Method

Hackley, C., & Hackley, R. A. (2021). Advertising and Promotion (5th ed.). Sage Publications Ltd. https://www.google.co.id/books/edition/Advertising_and_Promotion/vK4SEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=marketing+promotion+pdf&printsec=frontcover

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2020). Determinants of Consumer Purchase Decision In SMEs. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(03).

Indrawati, B. (2011). Peranan Pembukuan Keuangan Bagi Perkembangan Usaha Umkm. Jurnal Kajian Ilmiah Ubhara Jaya, 1(1), 1197–1205. http://repository.ubharajaya.ac.id/10313/1/Artikel Pembukuan UMKM-1.pdf

Judianto, O., & Hapsari, P. A. (2018). Perancangan Sepatu Wanita Ready to Wear Berbahan Kertas Kraft. Idea:Jurnal Desain, 17(2), 32–35.

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee dalam Persaingan E-Commerce di Indonesia. Prologia, 4(2), 280–287.

Murdhaningsih, Rahman, A., Aisanafi, Y., Sofiana, N., & Rahmawati, S. (2022). Pencatatan Keuangan Sederhana (Penerimaan Kas) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Cimanggis, Depok. JMS: Jurnal Masyarakat Siber, 1(1), 23–26.

Nuraini, F., & Andrianto. (2021). Kewirausahaan dan Pembukuan:Sebuah Kajian Pengabdian Masyarakat. https://repository.um-surabaya.ac.id/5404/1/Kewirausahaan_%26_Pembukuan_-_Layout.pdf

Pamungkas, B. A., & Zuhroh, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, X(2), 145–160. https://media.neliti.com/media/publications/106806-ID-pengaruh-promosi-di-media-sosial-dan-wor.pdf

Puszczalowska-Lizis, E., Koziol, K., & Omorczyk, J. (2021). Perception of footwear comfort andits relationship with the foot structureamong youngest-old women and men. PeerJ, 9, 1–16.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://media.neliti.com/media/publications/105145-ID-pengumpulan-data-dalam-penelitian-kualit.pdf

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang, 344–352.

Retno, D., Nurrohmah, S., & Wahyuningsih, S. E. (2022). Studi Kenyamanan Sepatu Kain Blacu. Fashion And Fashion Education Journal, 11(2), 61–68.

Romdonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Ikraith Ekonomika, 1(2), 25–30. https://core.ac.uk/download/pdf/234827337.pdf

Sahoo, R. K. (2022). Interview as a Tool for Data Collection in Educational Research. In Tools of Data Collection in Educational Research. https://www.researchgate.net/publication/360313105_Interview_as_a_Tool_for_Data_Collection_in_Educational_Research

Santoso, H. (2022). Literatur Review Persaingan Bisnis Sebagai Bentuk Promosi Melalui Media Iklan Dalam Prespektif Islam Untuk Mewujudkan Persaingan Sehat. Al-Mansyur: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(1), 65–86.

Stafford, M. R., & Faber, R. J. (2015). Advertising, Promotion and New Media. Taylor & Francis. https://www.google.co.id/books/edition/Advertising_Promotion_and_New_Media/bIOsBwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=marketing+promotion+pdf&printsec=frontcover

Syahputra, M. M., Nurhidayat, M., & Azhar, H. (2022). Perancangan Sepatu Casual Sport Perempuan Berdasarkan Aspek Rupa. E-Proceeding of Art & Design, 468–482.

Trismaya, N. (2020). Menafsir Ulang Pemakaian Sneakers Berkain-Kebaya. Jurnal Senirupa Warna, 8(2), 187–197. https://www.researchgate.net/publication/347614344_Menafsir_Ulang_Pemakaian_Sneakers_Berkain-Kebaya

Widodo, G., Rahmadwati, Santoso, P. B., & Kurniawan, F. (2016). Analisa Penempatan Kamera CCTV Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Untuk Smart Monitoring. MATICS : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 8(2), 44–47.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.