CREATIVEPRENEURSHIP UMKM BATIK LASEM REMBANG, PENINGKATAN KAPASITAS USAHA MELALUI KUALITAS PRODUKSI DAN PEMASARAN DIGITAL

Rahmawati Rahmawati, Edi Kurniadi, Rikah Rikah, Siti Nurlaela, Rudianto Rudianto, Sarah Rum Handayani, Siti Siti Arifah Siti Arifah

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang terdapat di UMKM Batik Lasem Rembang berupa pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas produksi serta pelatihan pemasaran digital sebagai upaya memberi pengetahuan dan keterampilan creativepreneurship. UMKM ini membutuhkan peningkatan pemahaman dan keterampilan karyawan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mengembangkan usaha serta menciptakan saluran penjualan secara digital. Program ini terdiri dari tiga tahap yakni: tahap persiapan, tahap edukasi dan pelatihan karyawan mengenai creativepreneurship, dan tahap keberlanjutan program. Target yang dicapai meliputi: terlaksananya pelatihan kepada karyawan Batik Hastadana mengenai pemasaran digital dan creativepreneurship; terlaksananya praktek perancangan desain motif batik berdasarkan trend yang diminati pasar digital; dan regenerasi tenaga kerja muda untuk meningkatkan kualitas produk yang memiliki daya saing untuk meningkatkan penjualan. Luaran yang dicapai yakni: peningkatan level keberdayaan mitra, peningkatan kualitas produksi dengan penciptaan inovasi 5 desain motif batik, dan regenerasi usia muda yang terlibat dalam pengelolaan, produksi, dan pemasaran batik.

Kata Kunci: Creativepreneurship, UMKM Batik Lasem Rembang, kualitas produksi, pemasaran digital.

Full Text:

PDF

References

Emir, Threes. (2012). Gaya Sackdress Big Size dengan Batik Jawa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nurhajarini, D. R., & Purwaningsih, E. (2015). Akulturasi Lintas Zaman di Lasem: Perspektif Sejarah dan Budaya (Kurun Niaga – Sekarang). Yogyakarta: BPNB Yogyakarta.

Adisasmito, Nuning Y. Damayanti. (2021). Akulturasi dalam Bahasa Rupa pada Motif Batik Belanda Cirebon dan Batik Pesisir Jawa. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI).

Rachmadi, Tri. (2020). The Power of Digital Marketing. Tiga Ebook.

Pandanwangi, Ariesa. (2021). Peradaban Batik (Nilai dan Perkembangan). Gorontalo: Ideas Publishing.

Siagian, Ade Onny. (2021). Creativepreneurship. Kabupaten Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Sihombing, Nikous Soter. (2022). Pemasaran Digital. Banyumas: CV. Pena Persada.

Simaro, Bilson. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Jakarta: Gramedia.

Nautica, Shanastra, Sayatman. (2019). Perancangan Motif Batik dari Potensi Daerah Kabupaten Sidoarjo sebagai Cara Melestarikan dan Memperkaya Motif Batik Sidoarjo. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 8 No. 1.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2015). Pengaruh desain produk, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian pada kampung batik wiradesa, kabupaten pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 137-146.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.