SEMINAR DAN PENDAMPINGAN PENGISIAN SPT TAHUNAN ORANG PRIBADI DI RS PKU MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Saktiana Rizki Endiramurti, Asaprima putra Karunia, Hanung Triatmoko, Meka Sabilla Salim, Nur Chayati, Trisninik Ratih Wulandari, Fahmi Setiadi, Juliati Juliati, Sri Suranta

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan menggandeng Kanwil DJP Jateng II, untuk melakukan seminar dan pendampingan pengisian SPT kepada karyawan RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Kegiatan ini dilakukan karena masih ada karyawan yang dalam melakukan pengisian SPT hanya memindahkan angka dari bukti potong yang diterima, tanpa mengisi daftar harta dan penghasilan lain yang mungkin diterima. Pengisian SPT seperti ini tentu tidak sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku. Kegiatan pengabdian ini mampu mendampingi 27 orang karyawan dalam melakukan pengisian SPT, validasi NIK, dan pemadanan data pada situs DJP online. Kegiatan ini mampu mengatasi berbagai kendala yang munkin muncul ketika melakukan pengisian SPT di web DJP online.

Full Text:

PDF

References

Akib, M., & Amdayani, L. (2016). Analisis penerapan sistem e-filing dalam menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) wajib pajak orang pribadi (studi pada KPP Pratama Kendari). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 1(1): 40-51.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.