PENGENALAN APLIKASI E-COUNSELING DALAM UPAYA MENGHINDARI TINDAKAN BULLYING DI SMA AL MUNADI MEDAN

Lahmudin Sipahutar, Mhd. Iqbal Novan Anshori

Abstract

Layanan bimbingan dan konseling disekolah untuk membantu siswa dalam upaya menemukan jati diri, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan siswa.SMA Al- Munadi merupakan salah satu sekolah menengah atas di Medan. Di lingkungan Sekolah SMA Al- Munadi banyak permasalahan-permasalahan yang menyangkut tentang tindakan bullying antar siswa. Beberapa peserta didik melakukan intimidasi seperti saling mengejek, memanggil temannya dengan nama orang tua atau julukan yang tidak baik, ada siswa yang mengganggu siswa lain, dan sekelompok siswa mengucilkan atau menjauhi siswa lainnya. Tindakan bullying yang terjadi merupakan jenis tindakan bullying secara verbal dan mental/psikologis serta tidak adanya tindakan bullying secara fisik. Dengan demikian Peran guru SMA Al Munadi tersebut sangat penting dalam membantu siswa dalam menyelesaikan permasalahan atau membantu siswa dalam bidang tindakan bullying, serta mengembangkan potensi siswa secara optimal. Dengan adanya sistem E-Counselling dalam upaya menghindari tindakan Bullying dengan metodeFCFS berbasis android dapat mengurangi tindakan Bullying antar siswa, serta dengan aplikais bimbingan konseling guru BK dapat melakukan layanan konselingdengan menggunakan perangkat android.

Kata Kunci : Konseling, Bullying, FCFS, Android, Mysql

ABSTRACT

Guidance and counseling services at school to help students find their identity, get to know their environment and plan their future. SMA Al- Munadi is one of the senior high schools in Medan. In the SMA Al- Munadi environment, there are many problems involving bullying between students. Some students carry out intimidation such as making fun of each other, calling their friends by their parents' names or bad nicknames, there are students who disturb other students, and groups of students isolate or stay away from other students. The bullying that occurred was a type of verbal and mental/psychological bullying and there was no physical bullying. Thus, the teacher's role is very important in helping students solve problems or helping students in the area of bullying, as well as developing students' potential optimally. With the E-Counselling system in an effort to avoid bullying using the Android-based FCFS method, it can reduce bullying between students, and with the counseling application, guidance and counseling teachers can provide counseling services using an Android device.

Keywords: Counseling, Bullying, FCFS, Android, Mysql

Full Text:

PDF

References

Agrianur Rahman, Farida Aryanti, Abdullah Sinring. (2018). “PengembanganMedia Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying.” Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol 4,No 2:129–36.

Alfina, O., & Harahap, F. (2019). Pemodelan Uml Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menetukan Siswa Siswa Tunagrahita. Methomika : Jurnal ManajemenInformatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 143–150.

Cahyadi, C. M., & Susanto, G. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling Di SMK Tamansiswa Mojokerto Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 61-70.

Gunawan, Hendra, and Wawan Hermansyah. 2022. “Etnografi Komunikasi WasiatRenungan Masa Pengalaman Baru Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8): 3173–78

Hanafi, R., Wibowo, N. C., & Putra, A. B. (2020). Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Mojoagung). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 38-51.

Handika, M., & Herdi, H. (2021). Efektivitas Layanan E-Counseling dalam Membantu Permasalahan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedago, 8(4).506-511.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.