Pelatihan Adobe Flash Untuk Mendukung Kemampuan Guru Dalam Membuat Aplikasi Pembelajaran Di Smp Bina Satria
DOI:
https://doi.org/10.29040/budimas.v6i3.16381Abstract
Berdasarkan analisis situasi di atas maka tim pengabdi menyelelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran bagi guru-guru disekolah dengan pemanfaatan program Adobe Flash. Adobe Flash adalah program aplikasi presentasi yang memiliki kemampuan membuat animasi yang kompleks dalam waktu cepat. Bagi yang sudah mengenal program Macromedia Flash, akan merasakan kemudahan dan kekuatan program ini. Apabila di dalam Macromedia Flash dibutuhkan waktu yang relative lama untuk membuat animasi yang kompleks, Adobe Flash memungkinkan untuk membuatnya dengan mudah tanpa kendala waktu). Hal lain yang menonjol dalam Adobe Flash adalah hasil karya dapat dieksport ke dalam format file SWF, yaitu format file yang digunakan oleh Macromedia Flash sehingga animasi yan dibuat dapat dimainkan di setiap PC yang sudah terinstalasi Flash Player. Animasi Flashmax dapat disisipkan ke dalam halaman Web, atau diimport ke dalam dokumen Microsoft Powerpoint.
Kata Kunci : Adobe Flash, Pembelajaran, Pengabdian Masyarakat, Pelatihan
Â
ABSTRACT
Based on the situation analysis above, the service team organized training activities on creating learning media for teachers at schools using the Adobe Flash program. Adobe Flash is a presentation application program that has the ability to create complex animations quickly. For those who are familiar with the Macromedia Flash program, you will feel the ease and power of this program. If in Macromedia Flash it takes a relatively long time to create complex animations, Adobe Flash makes it possible to create them easily without time constraints). Another thing that stands out in Adobe Flash is that the work can be exported in the SWF file format, which is the file format used by Macromedia Flash so that the animations created can be played on every PC that has Flash Player installed. Flashmax animation can
Keyword : Adobe Flash, Learning, Community Service, Training
References
Agrianur Rahman, Farida Aryanti, Abdullah Sinring. (2018). “Pengembangan Media Video Bimbingan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Bullying.†Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling Vol 4,No 2:129–36.
Alfina, O., & Harahap, F. (2019). Pemodelan Uml Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menetukan Siswa Siswa Tunagrahita. Methomika : Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 3(2), 143–150.
Cahyadi, C. M., & Susanto, G. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Bimbingan Konseling Di SMK Tamansiswa Mojokerto Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(1), 61-70.
Gunawan, Hendra, and Wawan Hermansyah. 2022. “Etnografi Komunikasi Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.†JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(8): 3173–78
Hanafi, R., Wibowo, N. C., & Putra, A. B. (2020). Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis Web (Studi Kasus: SMK Negeri 1 Mojoagung). Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 1(1), 38-51.
Handika, M., & Herdi, H. (2021). Efektivitas Layanan E-Counseling dalam Membantu Permasalahan Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Paedagogy, 8(4), 506-511.