PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DARING KOLABORATIF TAHUN 2023

Authors

  • Andi Prayudi STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Fathirma’ruf Fathirma’ruf STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Asmedy Asmedy STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Arifin Arifin STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Supriyaddin Supriyaddin STKIP Yapis Dompu, Indonesia
  • Muhammad Abdul Aziz Universitas Boyolali, Indonesia
  • Ari Wahyono Universitas Boyolali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11773

Abstract

Program Pembelajaran daring Kolaboratif (PDK) merupakan katalitator dalam mewujudkan kompetensi dan penguatan kapabilitas mahasiswa melalui fasilitas jarak jauh secara kolaborasi antara program studi serumpun serta matakuliah yang memiliki kesamaan topik. Tujuan dari program PDK ini adalah 1) Untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka serta sesuai misi program studi; 2) Untuk dapat mengembangkan kualitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi bersama program studi mitra melalui proses pembelajaran daring; 3) Untuk dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Yapis Dompu dan Teknik Informatika Universitas Boyolali pada aspek teknologi, komunikasi dan informasi; 4) Untuk dapat meningkatkan kompetensi lulusan baik soft skills maupun hard skills dengan tujuan agar mampu bersaing dengan dunia kerja. 5) Untuk dapat mengembangkan kompetensi lulusan sebagai pemimpin masa depan yang sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka serta sesuai dengan misi Program Studi. Metode dalam pengadian ini adalah perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan penyebaran. Kesimpulan dalam program PDK tahun 2023 adalah pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancar serta dosen dan mahasiswa berperan aktif dalam proses pebelajaran secara daring. Dalam program PDK ini sangat didukung oleh pihak kampus baik dari Perguruan tinggi Pengusul maupun perguruan tinggi mitra. Dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi Perguruan Tinggi, Dosen, dan Mahasiswa demi mencapai visi misi pendidikan indonesia.

References

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Partiwi, S. G. (2023). Panduan Program PDK 2023. Jakarta.

Prayudi, A., Islamiyah, M., Yanbaqi Abidin Putra, M., Nurhairatu, N., Febriyanti, Y., & Nurfadillah, S. (2023). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Di SDN 12 Dompu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(7), 1175–1186. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i7.337

Prayudi, A., Annisariestaqwa, D., & Husniatun, H. (2023). Pelaksanaan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Di SDN 09 Hu’u Kabupaten Dompu. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2).

Downloads

Published

2023-12-24

How to Cite

Prayudi, A., Fathirma’ruf, F., Asmedy, A., Arifin, A., Supriyaddin, S., Aziz, M. A., & Wahyono, A. (2023). PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DARING KOLABORATIF TAHUN 2023. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). https://doi.org/10.29040/budimas.v6i1.11773

Citation Check

Most read articles by the same author(s)