PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERUNDUNGAN DI SDN 06 PAJO

Angga Putra, Andi Prayudi, Putri Surya Damayanti, Azmi Rajif, Nabila Nabila

Abstract

Perundungan merupakan masalah yang sering terjadi di sekolah dasar. Efeknya berdampak buruk pada menurunnya kepercaya diri, meningkatkan tingkat kecemasan dan depresi, serta menurunkan prestasi akademik. Umumnya siswa masih melakukan kegiatan perundungan. Selain itu, tidak maksimalnya penanggulangan tindakan perundungan oleh guru. karena minimnya pemahaman guru mengenai bimbingan konseling, kurangnya pemahaman dalam menyusun instrumen pengamatan aktivitas siswa, serta belum adanya instrumen pengamatan aktivitas siswa berbasis website (online). Oleh karena itu, perlu adanya kegiatan pendampingan dan pelatihan untuk membekali guru dalam mengidentifikasi ancaman timbulnya tindakan perundungan maupun solusi jika terjadi tindakan perundungan. Faktor utama diperlukannya layanan bimbingan konseling ialah pembentukan karakter dan pendekatan perkembangan yang berorientasi pada lingkungan pergaulan. Output dari kegiatan tersebut, guru memiliki pemahamam terkait bimbingan konseling sebagai upaya mengidentifikasi maupun mencegah terjadinya tindakan perundungan di SDN 06 Pajo. Lebih lanjut, Guru juga memiliki keterampilan dalam menyusun instrumen pengamatan aktivitas siswa, serta mampu menggunakan instrumen pengamatan dengan menggunakan website (online). Peserta berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan demi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan terutama sebagai upaya dalam meminimalisir terjadinya tindakan perundungan.

Full Text:

PDF

References

Angga Putra, Putri Surya Damayanti, I. S. (2022). BIMBINGAN & KONSELING Solusi Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar (W. Afrida (ed.)). PENERBIT MITRA CENDEKIA MEDIA. website: www.mitracendekiamedia.com

Borualogo, I. S., Wahyudi, H., & Kusdiyati, S. (2020). Prediktor perundungan siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 35. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.9841

Nadiyah, D., & Vinayastri, A. (2022). Pengembangan Instrumen Perundungan Verbal pada Anak. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13, 60–74.

Prayudi, A., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan Web Forum Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(03), 1–4. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.27

Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901

Rahman, A., Isnaini, F., Adawiyah, L. R., & Kalsum, U. (2021). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Bagi Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah. Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling (IKA BKI) Al-Mursyid, 3(2), 37–45.

Triayomi, R., Wibagso, S. S., Setiahati, I. P., & Sukarman, S. (2023). Analisis Kebutuhan Perancangan Website Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1446–1453. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.