PENDAMPINGAN PENGGUNAAN GAWAI DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL ANAK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Uswatun Hasanah, Martin Kustati, Rezki Amelia, Muhammad Zalnur, M. Hasbi Ash Shiddiqi

Abstract

Pendampingan Pengginaan gawai dalam membentuk perilaku sosial pada era digitalisasi sangat penting terutama dalam membentuk kepribadian anak. Pendampingan penggunaan gawai bertujuan untuk membentuk perilaku sosial anak di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi. Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi ini terdapat permasalahan penggunaan gawai yang tidak terkontrol menyebabkan peserta didik tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas, seringnya peserta didik tidur ketika pembelajaran sedang berlangsung, pribadi peserta didik yang tertutup, suka menyendiri, pudarnya kreativitas, dan ketika berbicara dengan guru sering dijumpai peserta didik menggunakan bahasa gaul bahkan berlaku tidak sopan. Pendekatan pengabdian yang dugunakan adalah Service Learning dengan ceramah, wawancara dan pendampingan secara langsung yang di jadwalkan secara teratur dan terstruktur. Hasil pendampingan penggunaan gawai di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi memberikan dampak positif dimana peserta didik lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran di kelas, peserta didik sudah jarang tidur ketika pembelajaran sedang berlangsung, pribadi peserta didik bisa lebih terbuka, kurangnya peserta didik yang suka menyendiri, kreativitas mulai terbangun dan terbentuk, dan ketika berbicara dengan guru sudah dapat berlaku sopan

Full Text:

PDF

References

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, And Muhamad Rizal Zulfikar, “Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Lectura: Jurnal Pendidikan, Vol. 12, No. 1, Pp. 29–40, Feb. 2021, Doi: 10.31849/Lectura.V12i1.5813.

L. Nuryanti, S. Zubaidah, And M. Diantoro, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 3, No. 2, Pp. 155–158, Feb. 2018, Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/Article/View/10490

Y. S. Putri and H. Alberida, “Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X Tahun Ajaran 2021/2022 Di Sman 1 Pariaman,” Biodik, Vol. 8, No. 2, Pp. 112–117, Jun. 2022, Doi: 10.22437/Bio.V8i2.17356.

N. A. Lestari, B. Jatiningsih, L. Hamidah, And E. N. Savitri, “Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas Vii F Smp Negeri 9 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Responsive Teaching,” Proceeding Seminar Nasional Ipa, Jul. 2023, Accessed: Nov. 03, 2023. [Online]. Available: Https://Proceeding.Unnes.Ac.Id/Index.Php/Snipa/Article/View/2301

E. A. Pratiwi, A. H. Witono, And A. K. Jaelani, “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V Sdn 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 7, No. 3b, Pp. 1639–1646, Sep. 2022, Doi: 10.29303/Jipp.V7i3b.832.

F. Puja Ainun Et Al., “Identifikasi Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan Mengenai Peluang Dan Tantangan di Era Disrupsi,” Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 1, 2022.

M. S. Pertiwi, T. P. E. Sanubari, And K. P. Putra, “Gambaran Perilaku Penggunaan Gawai Dan Kesehatan Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun,” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, Vol. 3, No. 1, Jun. 2018, Doi: 10.30651/Jkm.V3i1.1451.

Muhaiminah Akib, H. Hasanudin, And Rezkiah Hartanti, “Gawai: Positif Dan Negatif Bagi Milenial,” Jurnal Solma, Vol. 10, No. 3, Pp. 504–509, Dec. 2021, Doi: 10.22236/Solma.V10i3.5606.

H. Rosiyanti and R. N. Muthmainnah, “Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar,” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, Vol. 4, No. 1, Pp. 25–36, Jun. 2018, Doi: 10.24853/Fbc.4.1.25-36.

D. S. Anugrah, “Remaja Dan Media Sosial Di Sma ‘X’ Bekasi,” Bakti Masyarakat Indonesia, Vol. 5, Pp. 533–542, 2022.

L. Saniyyah, D. Setiawan, And E. A. Ismaya, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Desa Jekulo Kudus,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 4, Pp. 2132–2140, Aug. 2021, Doi: 10.31004/Edukatif.V3i4.1161.

S. Wahyuni Et Al., “Stimulasi Metode Service Learning Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, Vol. 8, No. 2, Pp. 91–100, Aug. 2020, Doi: 10.23887/Paud.V8i2.25169.

N. Cipta Apsari, L. Siti Nurfauziah, D. Hasanah Siti Asiah, P. Csr, K. Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Fisip Unpad, And P. Sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad, “Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini,” Vol. 13, 2023, Doi: 10.40927/Share.V13i1.40927.

D. Haryanti and M. I. Pd, “Pola Asuh Orangtua Dalam Pendampingan Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi 4.0,” 2019. Doi: Https://Doi.Org/10.32923/Nou.V3i1.1042.

R. Ramadhani, “Pengaruh Penggunaan Gawai Terhadap Pemenuhan Hak Tumbuh Kembang Dan Bermain Anak,” 2022.

K. Hengki Primayana, P. Yulia, And A. Dewi, “Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Intensitas Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 1, Pp. 710–718, Aug. 2020, Doi: 10.31004/Obsesi.V5i1.697.

N. Istiana Makarau, “Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Kegiatan Bermain Gawai Pada Anak,” Jurnal Golden Age, Vol. 6, No. 1, Pp. 32–40, Jul. 2022, Doi: 10.29408/Goldenage.V6i1.4610.

Putri ArlianaAnd Mauria Veronika Roesminingsih, “Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Anak Usia Dini Saat Menggunakan Gadget Di Tk/Paud Sinar Mentari Desa Godog Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan | J+Plus Unesa.” Accessed: Nov. 04, 2023. [Online]. Available: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Luar-Sekolah/Article/View/43093

R. Adinda, F. Isni, And D. Anugrah, “Penanganan Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Wantilan, Kabupaten Subang,” 2021. [Online]. Available: Https://Proceedings.Uinsgd.Ac.Id/Index.Php/Proceedings

D. S. Walukow and J. H. Prijanto, “Pendekatan Service Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Pelita Harapan Era New Normal,” Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, Vol. 8, No. 2, Pp. 136–142, Nov. 2021, Doi: 10.36706/Jbti.V8i2.15745.

N. M. Rini, I. A. Pratiwi, And M. N. Ahsin, “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Sekolah,” Jurnal Educatio Fkip Unma, Vol. 7, No. 3, Pp. 1236–1241, 2021, Doi: 10.31949/Educatio.V7i3.1379.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.