Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Fotografi bagi Komunitas Sederek Eco Bhinneka Surakarta

Uswatun Hasanah, Fatmah Bagis, Ariati Dina Puspitasari, Hanifa Kasih Surahman

Abstract

Memasuki era disrupsi 5.0 menuntut semua masyarakat untuk bisa beradaptasi dengan cepat, terutama bagi penggerak komunitas. Proses promosi dan penyebaran nilai-nilai baik saat ini tidak hanya disampaikan secara langsung namun juga dapat memanfaatkan media sosial. Media sosial menjadi wadah interaksi baru serta peningkatan promosi program yang lebih optimal dan efisien. Oleh karena itu, pelatihan ini dirancang sebagai upaya dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan masyarakat penggerak komunitas dalam mengelola media sosial dan fotografi. Hasil dari kegiatan ini adalah keterlibatan aktif dari anggota komunitas Sederek Eco Bhinneka, peserta memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengelola unggahan di media sosial serta teknik fotografi yang mudah dan bagus. Kegiatan IbM ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan serta pendampingan.

Kata kunci: Komunitas, Pelatihan media sosial dan fotografi, Sederek Eco Bhinneka.

Full Text:

PDF

References

Kustiawan, W., Nurlita, A., Siregar, A., Siregar, S., Ardianti, I., Hasibuan, M., Agustina, S. 2022. Media Sosial dan Jejaring Sosial. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Vol. 2 No. 1, Hal: 26-30.

Manalu, M. 2023. Transforming Da’wah into Interreligious Engagement: Examining the Eco- Bhinneka Muhammadiyah Initiative. Jurnal Penelitian Agama dan Masyarakat. Vol. 7 No. 1. https://doi.org/10.14421/panangkaran.v7i02.3333hlm. 216-237

Ningsih, I., & Prastya, N. 2022. Pelatihan Pengelolaan Media Sosial dan Foto Produk bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Abdimas Madani dan Lestarl. Vol. 4, Issue 1, Hal 31-44.

Ecobhinneka. 2023. Area Program Eco Bhinneka. https://ecobhinnekamuhammadiyah.org/id/profil-program-surakarta/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.