PELATIHAN PENYUSUNAN RPP DAN MODUL AJAR VERSI RINGKAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD/MI SE-KECAMATAN COMPRENG KABUPATEN SUBANG

Idham Kholid, M. Mahbub Al Basyari, Khoerul Anam, Linda Lestari

Abstract

Kurikulum merdeka saat ini mengharuskan guru untuk mempersiapkan RPP dan Modul ajar sebelum pembelajaran dimulai. Namun hal tersebut memiliki hambatan seperti; terbatasnya waktu, belum memahami kurikulum yang berlaku, minimnya akses ke sumber daya yang memadai, minimnya keterampilan teknis, hingga menurunnya motivasi, menjadi faktor-faktor yang kerap menghambat proses kreatif dan inovatif dalam menyusun RPP dan modul ajar. Tujuan kegiatan pelatihan ini yaitu untuk membekali guru dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam menyusun RPP yang efektif dan mengembangkan modul ajar yang menarik dan interaktif, meningkatkan keterampilan guru dalam menganalisis materi, merancang aktivitas belajar, dan memilih metode pembelajaran yang tepat, memicu kreativitas dan inovasi guru dalam menyusun RPP dan modul ajar, serta memperkuat kolaborasi antar guru dalam mengembangkan RPP dan modul ajar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan praktik bersama yang dipandu oleh narasumber secara langsung. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan menyusun RPP dan modul ajar berjalan dengan lancar dan baik. Selain itu antusiasnya peserta untuk mengenal cara menyusun RPP dan modul ajar serta dihasilkannya produk RPP dan modul ajar yang dibuat oleh peserta pelatihan.

Full Text:

PDF

References

Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan pengembangan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73.

Askundari, T., & Anif, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Ipa Di SD Negeri Pajang IV Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/51237

Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student Experiences, 1(6), 536–544.

Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. SNHRP, 5, 465–471.

Fanny, A. M., Satianingsih, R., Rusminati, S. H., Fanani, A., & Prastyo, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 66–77.

Kholid, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. T Esis. Univ Ersitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. https://scholar.google.com/scholar?cluster=16837869607186942641&hl=en&oi=scholarr

Kholid, I., & Rohaniawati, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1). https://www.researchgate.net/profile/Dede-Rohaniawati-2/publication/334185721_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MELALUI_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TARI_BAMBU/links/5f05dd1b92851c52d6209c59/MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-KOMUNIKASI-MELALUI-PEMBELAJARAN-KOOPERATIF-TIPE-TARI-BAMBU.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail

Kurniawan, R., Yulistio, D., & Purwadi, A. J. (2022). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Di Masa Pandemi Dan Digitalisasi Sekolah Di SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 50–56.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137.

Rochintaniawati, D. (2010). Analisis kebutuhan guru dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPA di sekolah dasar [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/8756

Safran, S., Hasibuan, A. R., Megarani, O., & Ramadhani, F. (2024). Rancangan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan IPS Di Era Digital. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 283–290.

Salmiyanti, S., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1371–1375.

Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna, H. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 54–77.

Sofawi, & Kholid, Idham. (2023). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR`AN (TTQ) JUZ 30 DI SD IT AN-NABA DESA CIASEM GIRANG KECAMATAN CIASEM KABUPATEN SUBANG. 10–19.

Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–222.

Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology teachers’ opportunities and challenges in facing “Merdeka Belajar” curriculum in the fourth industrial revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.