PELATIHAN PENYUSUNAN RPP DAN MODUL AJAR VERSI RINGKAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD/MI SE-KECAMATAN COMPRENG KABUPATEN SUBANG
Abstract
References
Angraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, A., & Alzaber, A. (2021). Pelatihan pengembangan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 62–73.
Askundari, T., & Anif, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Ipa Di SD Negeri Pajang IV Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/51237
Bustari, M., & Putri, M. R. N. (2023). Opportunities and Challenges of Kurikulum Merdeka Implementation at Sekolah Alam Bukittinggi. Experimental Student Experiences, 1(6), 536–544.
Damayanti, A. T., Pradana, B. E., & Putri, B. P. (2023). Literature Review: Problematika Kesiapan Guru Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. SNHRP, 5, 465–471.
Fanny, A. M., Satianingsih, R., Rusminati, S. H., Fanani, A., & Prastyo, D. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 66–77.
Kholid, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. T Esis. Univ Ersitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang. https://scholar.google.com/scholar?cluster=16837869607186942641&hl=en&oi=scholarr
Kholid, I., & Rohaniawati, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(1). https://www.researchgate.net/profile/Dede-Rohaniawati-2/publication/334185721_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MELALUI_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_TARI_BAMBU/links/5f05dd1b92851c52d6209c59/MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-KOMUNIKASI-MELALUI-PEMBELAJARAN-KOOPERATIF-TIPE-TARI-BAMBU.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail
Kurniawan, R., Yulistio, D., & Purwadi, A. J. (2022). Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Di Masa Pandemi Dan Digitalisasi Sekolah Di SD Negeri 58 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Pendidikan, 3(1), 50–56.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.
Mukhibin, A., & Nafidhoh, B. (2023). Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka: Systematic Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(2), 127–137.
Rochintaniawati, D. (2010). Analisis kebutuhan guru dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPA di sekolah dasar [PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/8756
Safran, S., Hasibuan, A. R., Megarani, O., & Ramadhani, F. (2024). Rancangan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan IPS Di Era Digital. Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 283–290.
Salmiyanti, S., & Desyandri, D. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Idealisme. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(2), 1371–1375.
Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna, H. (2022). Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 54–77.
Sofawi, & Kholid, Idham. (2023). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN TAHSIN TAHFIDZ AL-QUR`AN (TTQ) JUZ 30 DI SD IT AN-NABA DESA CIASEM GIRANG KECAMATAN CIASEM KABUPATEN SUBANG. 10–19.
Utiarahman, T. B. (2020). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–222.
Yuhastina, Y., Parahita, B. N., Astutik, D., Ghufronudin, G., & Purwanto, D. (2020). Sociology teachers’ opportunities and challenges in facing “Merdeka Belajar†curriculum in the fourth industrial revolution (Industry 4.0). Society, 8(2), 732–753.