MENINGKATKAN KOMPETENSI USAHA KECIL MIKRO DI DESA LEDUG: PELATIHAN LITERASI DIGITAL MELALUI E-COMMERCE

Authors

  • Eliada Herwiyanti Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Inggrid Marisca Rubiyanty Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Amelita Oktaviana Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Fatimah Azzahrah Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Linatul Uyun Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Muhammad Iffadel Rasyad Magister Sains Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi pada era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 ini menyebabkan persaingan dalam dunia perdagangan semakin ketat. Selain itu, tren strategi bisnis pun berubah yang semula menggunakan cara konvensional, kemudian beralih menjadi digital. Pelaku UMKM dan masyarakat umum diharapkan memiliki digital skills yaitu dalam memahami perangkat keras dan lunak dari Teknologi, Informasi, dan Komunikasi, serta sistem operasi digital. Pemanfaatan digitalisasi ini merupakan solusi yang tepat guna untuk berbisnis. Saat ini seringkali kita mendengar tentang bisnis online, bisnis online dapat memberikan peluang secara positif untuk mengembangkan bisnis. UMKM dituntut untuk selalu berinovasi dan memulai penjualannya secara online melalui aplikasi – aplikasi di e-commerce. Kegiatan pendampingan bisnis juga diberikan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan bisnisnya untuk meningkatkan jumlah penjualan UMKM. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman literasi digital untuk memaksimalkan penjualan pada UMKM Desa Ledug melalui platform e-commerce seperti Shopee dan GoFood. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan motivasi peserta terkait e-commerce. Peserta yang sudah menggunakan platform tersebut mengalami peningkatan pendapatan. Meskipun peserta yang belum terbiasa menunjukkan minat tinggi, beberapa kendala seperti kesulitan penggunaan dan kurangnya informasi perlu diatasi. Kesimpulannya, pelatihan literasi digital mampu memberikan dampak positif, tetapi perlu memperhatikan faktor-faktor kemudahan penggunaan dan ketersediaan.

References

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256

Antaranews.com. (2023). Kementerian Kominfo perluas literasi digital bagi UMKM di Labuan Bajo. https://www.antaranews.com/berita/3662862/kementerian-kominfo-perluas-literasi-digital-bagi-umkm-di-labuan-bajo

Asad, I., Ashar, J. R., Bima, M. I. M., Amir, H., Zainal, A. Q., Jihad, A., Hafid, M. F., & Musda, G. H. (2021). Penyuluhan Dampak Internet Pada Pengembangan Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat (ILKOMAS), 2(1), 37–40.

Berkas.dpr.go.id. (2023). Tantangan UMKM Di Tahun 2024. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu Sepekan---V-PUSLIT-November-2023-246.pdf

Ekonomi.republika.co.id. (2023). Dorong Gernas, UMKM Diminta Tingkatkan Literasi Digital. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s0q9mq349/dorong-gernas-umkm-diminta-tingkatkan-literasi-digital

Fe.unars.ac.id. (2017). Manfaat E-Commerce Bagi Masyarakat. https://fe.unars.ac.id/index.php/2017/11/02/manfaat-e-commerce-bagi-masyarakat/

Ismanti, K., Prianto, S. I., Ramdani, I., & Masri, Z. A. (2023). PKM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Pada Pasca Pandemi Covid-19 Di RT 06/ RW 011 Bojonggede. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(3), 234–240. https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1710

Luh, N., Sariani, P., Agung, A., Maheswari, I. A., Gusti, I., Intan, A., Rini, S., Ketut, I., Sapta, S., Made, I., Astakoni, P., Id, P. A., Denpasar, U. M., Tinggi, S., Manajemen, I., & Denpasar, I. H. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Dan Pengemasan Kreatif Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm. Abdi Dosen Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 113–120.

Nurfitriya, M., Fauziyah, A., Koeswandi, T. A. L., Yusuf, I., & Rachmani, N. N. (2022). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya. Acitya Bhakti, 2(1), 57. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14618

Wijaya, I. G. B., Suarantika, I. G. W., Semaradana, I. M. W., Putriani, N. W., Diastini, A., & Yanti, N. N. S. A. (2023). Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Dan Daya Saing UMKM Pada Kelompok Usaha Satya Rahayu. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.821

Downloads

Published

2024-02-12

How to Cite

Herwiyanti, E., Rubiyanty, I. M., Oktaviana, A., Azzahrah, F., Uyun, L., & Rasyad, M. I. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI USAHA KECIL MIKRO DI DESA LEDUG: PELATIHAN LITERASI DIGITAL MELALUI E-COMMERCE. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12641

Citation Check