MENINGKATKAN KOMPETENSI USAHA KECIL MIKRO DI DESA LEDUG: PELATIHAN LITERASI DIGITAL MELALUI E-COMMERCE
Abstract
References
Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Antaranews.com. (2023). Kementerian Kominfo perluas literasi digital bagi UMKM di Labuan Bajo. https://www.antaranews.com/berita/3662862/kementerian-kominfo-perluas-literasi-digital-bagi-umkm-di-labuan-bajo
Asad, I., Ashar, J. R., Bima, M. I. M., Amir, H., Zainal, A. Q., Jihad, A., Hafid, M. F., & Musda, G. H. (2021). Penyuluhan Dampak Internet Pada Pengembangan Desa Lonjoboko Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat (ILKOMAS), 2(1), 37–40.
Berkas.dpr.go.id. (2023). Tantangan UMKM Di Tahun 2024. https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu Sepekan---V-PUSLIT-November-2023-246.pdf
Ekonomi.republika.co.id. (2023). Dorong Gernas, UMKM Diminta Tingkatkan Literasi Digital. https://ekonomi.republika.co.id/berita/s0q9mq349/dorong-gernas-umkm-diminta-tingkatkan-literasi-digital
Fe.unars.ac.id. (2017). Manfaat E-Commerce Bagi Masyarakat. https://fe.unars.ac.id/index.php/2017/11/02/manfaat-e-commerce-bagi-masyarakat/
Ismanti, K., Prianto, S. I., Ramdani, I., & Masri, Z. A. (2023). PKM Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Pada Pasca Pandemi Covid-19 Di RT 06/ RW 011 Bojonggede. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(3), 234–240. https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1710
Luh, N., Sariani, P., Agung, A., Maheswari, I. A., Gusti, I., Intan, A., Rini, S., Ketut, I., Sapta, S., Made, I., Astakoni, P., Id, P. A., Denpasar, U. M., Tinggi, S., Manajemen, I., & Denpasar, I. H. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Dan Pengemasan Kreatif Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm. Abdi Dosen Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 113–120.
Nurfitriya, M., Fauziyah, A., Koeswandi, T. A. L., Yusuf, I., & Rachmani, N. N. (2022). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya. Acitya Bhakti, 2(1), 57. https://doi.org/10.32493/acb.v2i1.14618
Wijaya, I. G. B., Suarantika, I. G. W., Semaradana, I. M. W., Putriani, N. W., Diastini, A., & Yanti, N. N. S. A. (2023). Peningkatan Jiwa Kewirausahaan Dan Daya Saing UMKM Pada Kelompok Usaha Satya Rahayu. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.821