SOSIALISASI PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI MARKETING STRATEGY PRODUK PERIKANAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • M. Khairul Anam Program Studi Agrobisnis Perikanan, Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Faisol Mas'ud Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan, Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Bhiaztika Ristyanadi Program Studi Agrobisnis Perikanan, Universitas Islam Lamongan, Indonesia

Abstract

Pondok Pesantren Mahasiswa (Ponpesma) Universitas Islam Lamongan merupakan Pondok Pesantren yang didalamnya diajarkan mengenai pendidikan-pendidikan keagamaan. Tidak hanya itu, didalamnya para mahasantri juga diajarkan tentang berwirausaha secara langsung dengan memasarkan berbagai macam jenis produk, termasuk produk olahan ikan. Namun, permasalahan yang terjadi adalah sistem pemasaran yang diimplementasikan masih cenderung konvensional dan tidak berbasis IT. Sehingga jangkauan segmentasi konsumen belum bisa meluas dan cenderung hanya berbasis lokal saja. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman SDM dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan e-commerce untuk marketing srategy produk perikanan di Ponpesma Unisla. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah Mahasantri Ponpesma Universitas Islam Lamongan. Metode pendekatan yang digunakan adalah: pemetaan potensi lokasi, penyuluhan, penyediaan sarana yang dibutuhkan, pelatihan dan pendampingan. Target kegiatan ini meliputi: Mahasantri mampu lebih memahami dan menguasai teknik Penjualan Online; Mahasantri mampu meningkatkan penjualan produk Perikanan; tersedianya buku panduan jual beli produk perikanan secara online; dan pendampingan mengenai cara meningkatkan omset penjualan dengan AdSense.

References

Hermanto, B., Syahril, & Kurdi, M. (2020). Pengembangan Keterampilan Wirausaha Bagi Santri Pondok Pesantren Di Pondok Pesantren Modern Al-Ittihad. Abdiraja, 3(September), 1–5.

Kaban, R.F., Hadiyati, P., & Prihandini, W. (2020). Efektivitas Pemberdayaan E-Commerce Terhadap Peningkatan Wirasusaha Santri. 1, 1–10.

Kumalasari, I., Kurniawan, A., Wiranto, A., & Kahar, R. N. (2020). Edukasi Internet Untuk Wirausaha Para Santri Pondok Pesantren Raudhathul Ishlah. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), 97–100.

Syamsuri, M., Ramadhan, M. M. Z., & Khoirul, F. (2019). Implementasi Entrepreneur Syariah pada Toko Santri Syariah Surakarta. Academica, 3(2), 219–234.

Downloads

Published

2024-11-26

How to Cite

Anam, M. K., Mas’ud, F., & Ristyanadi, B. (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN E-COMMERCE SEBAGAI MARKETING STRATEGY PRODUK PERIKANAN DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. BUDIMAS : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3). Retrieved from https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/12866

Citation Check